4 Cara Cek Kuota 3 Paling Mudah

Nampaknya, era teknologi informasi dan telekomunikasi yang terus berkembang saat ini sangat berdampak besar terhadap kebiasaan manusia sebagai pengguna produk teknologi dalam memperlakukan perangkat telekomunikasi, masih sangat kuat dalam ingatan Saya mengenai prinsip perangkat handphone saat jaman Saya SMA dulu (sekitar tahun 2007an). (Baca juga: Software Untuk Melacak Lokasi Nomor Handphone , Cara Mengatasi Notebook Lemot)

ads

Handphone itu, yang penting ada pulsanya, bisa nelepon (dan menerima telepon), juga bisa mengirim SMS (dan menerima SMS, MMS masih jarang Saya gunakan saat itu), itu saja sudah cukup!

Namun prinsip itu akan sangat “kolot” jika masih Saya pegang jaman sekarang ini, betapa tidak, kebutuhan akan telekomunikasi saat ini tidak hanya telepon (voice call) dan SMS (pesan teks) semata, tapi berkembang hingga Video Call, multimedia sharing (photo, video, animasi), dan banyak lagi pekerjaan yang dapat dipermudah dengan memanfaatkan smartphone. (Baca juga: Cara Melacak Orang dengan GPS ,  Cara Merubah JPEG ke PDF)

Oleh karena itu, tak heran banyak operator jaringan seluler berlomba – lomba menawarkan layanan akses internet untuk memenuhi kebutuhan akan informasi dan telekomunikasi masyarakat modern saat ini, dari sekian banyak varian layanan yang ditawarkan, paket kuota data (kuota data merujuk pada jumlah data yang dapat diakses melalui jaringan internet, satuannya Byte) adalah yang (Saya pikir) banyak digemari. (Baca juga: Cara Menghapus Virus Trojan di Android , Macam Software Editing Video)

Salah satu operator yang cukup lama Saya gemari produk – produk dan layanannya adalah 3 (re: Tri), selain banyaknya varian paket menarik yang ditawarkan dengan harga yang relatif terjangkau oleh hampir semua kalangan, kualitas jaringan operator ini sekarang menurut Saya sudah sangat bagus. (Baca juga: Cara Cek Kuota AXIS, Cara Cek Poin Indosat)

Sedikit Mengenai Paket Kuota Terbaru yang Ditawarkan Operator 3

Berikut adalah sedikit ulasan mengenai paket kuota yang ditawarkan operator 3, informasi ini Saya adaptasi dari situs resmi operator 3 (tri.co.id/add-on-data), informasi mengenai paket 3  ini dapat berubah sewaktu – waktu, Saja sajikan dalam artikel ini agar Anda dapat sedikit gambaran mengenai variasi paket kuota operator 3.

  • Always On (dikenal juga dengan paket AON atau Tri AON)

Keuntungan dari paket Always On ini adalah pelanggan akan mendapat bonus kuota setiap bulannya sebesar 50MB per bulan, masa aktif bonus kuota tersebut sama dengan masa aktif paket Always On, jadi sesuai dengan slogannya “kuota yang tak pernah basi”, kuota apapun yang didapat oleh pelanggan akan aktif selama paket Always On aktif, berikut rinciannya.

Pilihan Paket Always On

Masa Pakai (Bulan)Harga (Rp)Total Bonus Kuota (50MB per bulan)
Always On 1 Bulan10.00050MB
Always On 6 Bulan35.000300MB
Always On 12 Bulan50.000600MB

Saat Anda membeli paket AlwaysOn, Anda tidak akan mendapat kuota (utama) kecuali bonus kuota (50MB per bulan), paket Always On sebenarnya dimaksudkan untuk membeli masa aktif, jadi apapun paket data yang Anda beli, masa aktifnya akan sesuai dengan paket Always On yang Anda beli.

  • Paket Data

Jika Anda membeli Paket Data saja (tanpa membeli paket Always On), maka Anda akan mendapatkan masa aktif 30Hari (berlaku perpanjangan apabila berlangganan), namun jika Anda membeli paket Always On sebelumnya, misalnya Always On 12 bulan maka Paket Data yang Anda beli akan aktif selama 12 bulan juga, selama kuota Paket Data belum habis, berikut pilihan paket nya.

Pilihan Paket Data

Kuota DataHarga (Rp)
500MB35.000
1GB50.000
2GB75.000
5GB125.000

  • Kuota++

Kuota habis saat masa aktif masih panjang? dan Anda enggan mengisi ulang full paket karena kuota yang Anda perlukan hanya (relatif) sedikit? Tak perlu risau, karena operator 3 menawarkan beragam kuota tambahan yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan atau budget Anda, tidak hanya kuota data (internet) tapi juga kuota nelepon dan kuota SMS, berikut uraiannya.

Pilihan Paket Kuota++

VOUCHERKUOTAHARGA (RP)
Data Kuota ++20 MB2.000
Data Kuota ++35 MB3.000
Data Kuota ++80 MB5.000
Data Kuota ++135 MB7.000
Data Kuota ++300 MB10.000
Data Kuota ++650 MB20.000
Data Kuota ++1.25 GB33.000
Data Kuota ++2 GB45.000
Data Kuota ++4.25 GB85.000
Data Kuota ++9 GB150.000
Data Kuota ++ Kenyang Download500 MB7.500
Data Kuota ++ Kenyang Download2,5 GB20.000
Data Kuota ++ Kenyang Download10 GB65.000
Paket Chatting SebulanWhatsApp, LINE, KakaoTalk, WeChat, BBM5.000
Nelpon ++ ke sesama Tri100 Menit5.000
Nelpon ++ ke operator lain25 Menit10.000
SMS ++ ke sesama Tri500 SMS5.000
SMS ++ ke operator lain250 SMS10.000

1. Cek kuota 3 melalui SMS

Cara pertama untuk memeriksa status kuota operator 3 adalah melalui layanan pesan singkat (SMS, Short Message Service), caranya cukup ketik “info data” (“info [spasi] data”, tanpa tanda kutip) lalu kirim ke “234” (tanpa tanda kutip juga tentunya), nantinya Anda akan mendapat pesan balasan yang berisi informasi mengenai status kuota Anda, kurang lebih seperti dibawah ini.

Nomor Tri Kamu:

+62899********. Sisa kuota internet reguler Kamu 1739MB.

Info lanjut cek di *123# atau melalui aplikasi BimaTri.

Informasi yang disajikan memang sangat singkat, hanya nomor 3 yang Anda gunakan dan sisa kuota yang Anda miliki, sehingga cek kuota melalui SMS seperti ini cocok untuk Anda yang memang hanya membutuhkan informasi mengenai sisa kuota yang Anda miliki saja. (Baca juga Cara Agar Baterai Android Awet , Macam-macam Software Utility)

Layanan ini juga Saya pikir paling sederhana karena tidak memerlukan instalasi perangkat lunak khusus atau mengunjungi situs khusus (cara lain untuk cek kuota 3, kita akan bahas pada bagian selanjutnya), Anda juga tidak dikenakan biaya SMS setiap kali Anda mengirim pesan (SMS) untuk cek kuota. (Baca juga Kelebihan dan Kekurangan OS Android)

Karenanya cara ini merupakan cara favorit yang biasa Saya lakukan untuk cek kuota 3, selain tidak dikenakan biaya tiap kali cek kuota, cara cek kuota 3 melalui SMS ini juga tidak memerlukan akses internet sehingga cek kuota tetap bisa dilakukan saat layanan data seluler tidak diaktifkan. (Baca juga: Fungsi Clean Master pada Smartphone Android ,  Macam-macam Software Jaringan)

2. Cek kuota 3 melalui USSD (Unstructured Supplementary Service Data) Code

Saat Anda menghubungi (contohnya) *123# atau *111# lalu menekan dial / call, akan muncul menu dengan nomor urut tertentu dan Anda dapat memilih menu yang diinginkan dengan memilih salah satu menu (biasanya dengan nomor) yang sesuai, layanan tersebut bernama USSD Code atau disebut juga Quick Code.

Untuk cek kuota 3 melalui USSD caranya adalah sebagai berikut:

  • Ketik *111*4*2# lalu tekan dial.
  • Maka akan muncul menu kurang lebih seperti dibawah ini:

1. Kuota Data Regular

2. Kuota Data KenDo

3. Kuota Data NetMax KenDo

4. Kuota Get More

5. Info Bonus Kuota

  • Jika Anda ingin memeriksa Kuota Data Regular, ketik “1” (tanpa tanda kutip) pada kolom yang tersedia lalu klik Send.
  • Anda akan menerima SMS dari “234” yang berisi informasi mengenai status kuota Anda, sama halnya jika Anda mengirim SMS dengan format “info data” ke “234”.

Nomor Tri Kamu:

+62899********. Sisa kuota internet reguler Kamu 1739MB.

Info lanjut cek di *123# atau melalui aplikasi BimaTri.

Cara ini juga cukup sederhana, kita hanya perlu hapal USSD Code nya saja (*111*4*2#), sma halnya dengan cek kuota via SMS, layanan ini tidak mengenakan biaya tiap kali diakses, serta tidak membutuhkan akses internet sehingga dapat diakses saat layanan data seluler tidak aktif.

3. Cek kuota 3 melalui situs internet.tri.co.id

Jika Anda menggunakan USB modem stick atau Anda memiliki kendala / alasan lain sehingga tidak mengecek kuota 3 Anda dengan cara diatas, maka Anda dapat mengeceknya langsung dari situs 3 melalui web browser, tentunya cara ini mengharuskan Anda masih memiliki akses internet untuk dapat mengakses layanan tersebut. (Baca juga Modem 4G Terbaik :  Aplikasi Pembuat Animasi 3D)

Berikut cara cek kuota 3 dari situs resminya:

  • Buka situs internet.tri.co.id menggunakan web browser pada smartphone Anda.
  • Jika Anda terhubung ke internet menggunakan kuota data dari kartu 3 yang Anda gunakan, maka situs 3 tersebut akan langsung menampilkan informasi mengenai sisa pulsa, masa berlaku, Info kuota data (internet) dan kuota lain seperti nelpon, SMS, BlackBerry dan info akses situs gratis.
  • Namun jika Anda terhubung ke internet menggunakan jaringan lain (misalnya operator lain jika smartphone Anda dual SIM Card, atau koneksi wireless (Wi-Fi)) atau Anda menggunakan komputer Anda yang terhubung ke internet untuk mengakses situs internet.tri.co.id, Anda akan diminta memasukkan nomor telepon 3 Anda (atau email) dan password.

Baca Juga:

Kebanyakan pengguna (termasuk Saya juga dulu) kebingungan saat harus memasukkan password karena tidak merasa pernah meregistrasi akun untuk login ke situs 3, untuk itu Anda perlu meminta pihak 3 mengirimkan password yang sesuai untuk nomor 3 Anda, caranya adalah sebagai berikut.

  • Klik “Lupa password?” pada halaman login situs 3 tersebut (ada di bagian bawah tombol login).
  • Anda diharuskan memasukkan nomor 3 Anda dan email, silahkan isi dengan data yang valid.
  • Anda juga diharuskan kode Captcha sesuai kode yang tampil pada halaman tersebut.
  • Klik OK.
  • Jika proses berjalan lancar, nomor 3 Anda akan menerima SMS yang berisi password untuk Anda login
  • Segera login dengan menggunakan nomor 3 Anda dan password yang Anda terima (via SMS) di situs internet.tri.co.id.
  • Ganti password Anda segera setelah Anda berhasil login.

4. Cek kuota 3 melalui perangkat lunak mobile BimaTri

Terakhir, Anda dapat cek sisa / status kuota 3 yang Anda miliki dengan menggunakan perangkat lunak mobile resmi yang dibuat khusus oleh produsen 3 (PT Hutchison 3 Indonesia), perangkat lunak ini bernama BimaTri, untuk Anda pengguna smartphone dengan sistem operasi Android, Anda dapat mengunduh perangkat lunak ini secara gratis melalui Play Store (Google Play, di play.google.com). (Baca Juga: Fungsi VPN  , Perbedaan GSM dan CDMA )

Sedangkan untuk Anda pengguna smartphone dengan sistem operasi BlackBerry, Anda dapat mengunduh perangkat lunak BimaTri tersebut di BlackBerry App World (appworld.blackberry.com), dan pengguna smartphone dengan sistem operasi Windows Phone dapat mengunduhnya di Windows Phone Store, dulu sempat ada perangkat lunak BimaTri untuk komputer (PC), Saya pun pernah menggunakannya, namun Saya tidak yakin apakah perangkat lunak BimaTri untuk komputer masih disediakan atau tidak.

Baca juga:


Setelah Anda mengunduh perangkat lunak BimaTri, Anda bisa langsung membukanya dan informasi seputar kartu 3 yang Anda gunakan akan langsung muncul, tidak hanya sisa kuota internet saja, informasi mengenai sisa pulsa, masa berlaku, Info kuota lain seperti nelpon, SMS, BlackBerry dan info akses situs gratis. (Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Browser Safari ,  Cara Menghapus Virus Trojan di Android)

Namun, jika Anda terhubung ke jaringan internet menggunakan jaringan lain selain dengan data seluler dari kartu 3 yang bersangkutan, maka antar muka perangkat lunak BimaTri akan menampilkan halaman login, Anda diharuskan memasukkan nomor 3 (yang kuotanya akan di cek) dan password terlebih dahulu. (Baca juga: Kelebihan dan kekurangan Browser Google Chrome ,  Kelebihan dan Kekurangan Browser Internet Explorer)

Sebenarnya pada prinsipnya, cara cek kuota 3 dengan menggunakan perangkat lunak BimaTri sama dengan cara cek kuota 3 dengan mengakses situs resmi 3 melalui web browser, hanya saja perangkat lunak BimaTri memiliki fitur realtime yang memonitor status kuota yang Anda miliki. (Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Browser Flock ,  Software Untuk Melacak Lokasi Nomor Handphone)

Oleh karena itu, jika Anda menggunakan perangkat lunak BimaTri pada smartphone Anda, Anda tidak perlu khawatir paket kuota Anda habis tiba – tiba, karena secara berkala perangkat lunak BimaTri akan memonitor dan memberi peringatan apabila kuota Anda hampir habis. (Baca juga Macam – Macam Software Editing Video (PC dan Smartphone))

Demikian pembahasan mengenai cara cek kuota 3, semoga bermanfaat untuk Anda yang membutuhkan, perlu Saya tekankan bahwa beberapa kata, kalimat, atau paragraf dalam artikel ini yang mungkin bernuansakan “testimoni” tidak dimaksudkan untuk mempromosikan produk atau layanan apapun, hal itu hanya sebatas opini berdasarkan pengalaman pribadi saja, jadi tetaplah bijak dalam memilih produk, sampai jumpa di postingan selanjutnya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Sunday 23rd, April 2017 / 01:01 Oleh :
Kategori : Telekomunikasi