Home » Software » Microsoft » Windows » 6 Cara Mengatasi Lupa Password Laptop Windows 7, 8 & 10

6 Cara Mengatasi Lupa Password Laptop Windows 7, 8 & 10

by Irfan Arrasyid, S.Kom.
by Irfan Arrasyid, S.Kom.

Seiring dengan kemajuan teknologi membuat semua orang kini sudah familiar dengan perangkat elektronik bernama laptop. Baik digunakan saat di rumah, di kantor maupun di kampus. Dengan beberapa keperluan seperti mengerjakan tugas kuliah, menampilkan presentasi saat meeting maupun hanya untuk hiburan semata seperti bermain game dan berselancar di internet.

Untuk menjaga keamanan data pada laptop biasanya pengguna akan memberikan sebuah password pada laptopnya sehingga laptop tersebut tidak bisa di pakai dan diakses oleh sembarang orang. Baik menggunakan password bawaan sistem operasi maupun menggunakan software dari layanan pihak ketiga.

Namun adakalanya pengguna terkadang lupa dengan password pada laptopnya. Hal ini bisa terjadi karena beberapa sebab seperti terlalu seringnya pengguna laptop mengganti password atau bisa juga dikarenakan karena laptop yang jarang digunakan. Sehingga saat ingin kembali membuka laptop setelah sekian lama namun ternyata lupa passwordnya.

Hal ini tentunya cukup membuat pengguna laptop khawatir dan bingung bagaimana cara mengatasinya. Terlebih bila penggunaan laptop saat itu sangat dibutuhkan untuk mengerjakan sesuatu. Untuk itu di sini kami akan menjelaskan beberapa cara untuk mengatasi lupa password pada laptop. Namun sebelum itu pada kali ini kami akan membahas apa itu pengertian password laptop.

Lalu Apa itu Password Laptop?
Password Laptop adalah sebuah kata sandi pada laptop yang terdiri dari kumpulan beberapa karakter dan string yang digunakan untuk memberi hak akses pada pengguna untuk masuk ke sistem operasi laptop. Sehingga dengan menggunakan password maka mampu meningkatkan keamanan data pengguna pada laptop dan laptop tidak bisa di gunakan oleh sembarang orang.

Setelah kita mengetahui pengertian dari password laptop. Lalu Tipe Password seperti apa yang bisa digunakan agar password pada laptop tidak mudah ditembus oleh pengguna lain?

Tipe Password Laptop yang Kuat

  1. Gunakan Kombinasi. Cara yang umum digunakan pengguna untuk membuat password laptop yang kuat adalah dengan cara memberikan password berupa kombinasi antara karakter dan string. Seperti kombinasi antara huruf besar dan kecil, menggunakan simbol dengan angka dan kombinasi lainnya. Dengan menggunakan kombinasi membuat password laptop jadi lebih kuat dan tidak mudah ditebak oleh pengguna lain
  2. Password Panjang. Agar password pada laptop kita aman, maka kita harus membuat password laptop dengan panjang minimal 7-8 karakter. Hal ini dilakukan agar kemungkinan password bisa ditebak semakin kecil dan hampir mustahil
  3. Password Acak. Dengan menggunakan password acak tentunya membuat orang lain kebingungan bila ingin mencoba membobol password laptop kita. Sehingga laptop kita jadi lebih aman
  4. Hindari Info Pribadi. Hal ini juga tak kalah pentingnya dalam membuat password laptop yakni jangan membuat password laptop dengan menggunakan info pribadi seperti nama lengkap, nama panggilan, alamat email, tanggal lahir dan lainnya. Walau info pribadi biasanya digunakan pengguna agar cepat hapal dengan password laptop. Namun hal itu juga bisa menjadi peluang bagi para hacker untuk membiobol password laptop kita
  5. Gunakan Password Tanpa Arti. Agar password laptop tidak mudah ditebak oleh pengguna lain. Maka kita harus menggunakan password laptop yang tidak ada artinya namun cepat kita hapal. Seperti menggunakan password laptop dengan kata yang tidak ada di kamus bahasa

Setelah kita paham tentang tipe password apa saja yang bisa dipasang pada laptop kita sehingga laptop kita menjadi lebih aman dari akses orang lain. Pada kali ini kami akan membahas cara mengatasi lupa password pada laptop kita.

Cara mengatasinya sendiri ada beberapa baik menggunakan pengaturan bawaan pada sistem laptop maupun menggunakan software tambahan. Adapun cara mengatasi lupa password pada laptop akan kami jelaskan seperti dibawah ini.

6 Cara Mengatasi Lupa Password Laptop di Windows 7, 8 & 10

1. Menggunakan Safe Mode

Cara Pertama yang akan kami jelaskan untuk mengatasi masalah lupa password pada laptop adalah menggunakan safe mode. Safe mode sendiri adalah salah satu mode diagnostic pada sebuah sistem operasi komputer. Salah satu sistem operasi yang memiliki fitur safe mode adalah sistem operasi windows milik microsoft.

Fitur safe mode digunakan untuk memperbaiki masalah pada sistem operasi pada komputer yang tidak bisa diatasi ketika sistem melakukan booting secara normal. Contohnya saat sistem operasi gagal booting karena virus, file registry yang hilang, software eror maupun kerusakan sistem lainya termasuk lupa password.

Sehingga dengan menggunakan fitur safe mode kita tetap bisa masuk ke sistem operasi untuk melakukan perbaikan sistem serta mengamankan data file yang ada untuk di Backup ke perangkat flashdisk. Namun saat kita menggunakan safe mode, beberapa fitur akan hilang seperti saat kita masuk dengan normal. Contohnya fitur internet, fitur instalasi dan lainnya. Adapun cara menggunakan fitur safe mode untuk mengatasi lupa password pada laptop akan kami jelaskan seperti dibawah ini.

Cara Mengatasi Lupa Password Laptop Menggunakan Fitur Safe Mode

  1. Pertama-tama kita Nyalakan Laptop kita dengan cara Menekan Tombol Power yang berada di sisi kiri atas Laptop
  2. Kemudian saat Laptop sedang melakukan proses booting (tampilan gelap) menuju windows kita Tekan Tombol (F8) pada Keyboard laptop secara terus menerus
  3. Setelah itu munculah Menu Advance Boot Option
  4. Kemudian pada Menu Advance Boot Option kita arahkan tanda panah menggunakan tombol arah pada keyboard. Lalu kita Pilih Opsi Safe Mode dan Tekan Enter
  5. Setelah itu Laptop melakukan restart dan kembali masuk ke halaman desktop windows dengan menggunakan fitur safe mode (mode aman)
  6. Setelah kita berhasil masuk ke desktop windows dengan safe mode. Maka langkah selanjutnya adalah kita harus melakukan pengaturan control panel untuk membuat password baru pada laptop kita. Adapun caranya seperti dibawah ini :
    • Pertama-tama kita Klik Tombol Start
    • Kemudian Kita Pilih Menu Control Panel
    • Lalu kita masuk pada Menu All Control Panel Item dengan beberapa item menu yang bisa kita pilih
    • Kemudian kita Pilih Menu User Account
    • Selanjutnya kita Pilih Menu Manage Another Account
    • Setelah itu kita Pilih Opsi Change The Password. Untuk merubah password laptop
    • Kemudian kita Masukan Password Baru Laptop kita beserta Password Confirmation
    • Setelah password baru selesai di buat lalu kita Klik Tombol Change Password
    • Kemudian sistem pun menyimpan settingan baru yang baru kita buat
    • Setelah selesai lalu kita Restart laptop kita dengan cara Klik Tombol Start > Turn Off dan Klik Restart
    • Selesai. Setelah laptop melakukan restart maka kita bisa masuk kembali ke dekstop windows dengan menggunakan password baru yang telah dibuat

2. Menggunakan Akun Administrator

Cara Kedua yang akan kami jelaskan untuk mengatasi lupa password laptop adalah dengan menggunakan fitur akun administrator pada sistem operasi windows. Namun cara ini hanya bisa digunakan pada sistem operasi windows 7/8 dan juga kita telah memiliki akun credential dari administrator. Adapun cara mengatasi lupa password laptop menggunakan fitur akun administrator akan kami jelaskan seperti dibawah ini.

Cara Mengatasi Lupa Password Menggunakan Fitur Akun Administrator Windows 7

  1. Pertama-tama kita Nyalakan Laptop dengan cara menekan tombol power di sisi kiri atas laptop
  2. Setelah Laptop berhasil booting dan sampai Pada Menu Login password lalu kita Pilih Masuk Menggunakan Administrator
  3. Setelah itu kita Ketik lusrmgr.msc pada Menu Start dan Tekan Enter
  4. Lalu kita akan Masuk ke Menu Local User and Group
  5. Kemudian kita Pilih Opsi Users
  6. Lalu kita Klik Kanan pada Akun User Utama Laptop kita yang terlihat disisi kanan layar dan Pilih Opsi Set Password
  7. Setelah itu kita Klik Proceed
  8. Lalu kita Masukan Password Baru Laptop kita beserta Password Confirmation
  9. Setelah selesai kita Klik Tombol OK
  10. Setelah itu kita Restart kembali laptop kita
  11. Selesai. Setelah laptop kembali menyala maka kita bisa kembali login dengan menggunakan password yang baru saja kita buat

3. Menggunakan Hirrens Boot CD

Cara ketiga yang akan kami jelaskan untuk mengatasi lupa password laptop adalah menggunakan Hirren Boot CD. Hirren Boot CD sendiri merupakan sistem operasi portable yang tampilannya berupa windows xp dalam bentuk mini.

Hirrens Boot CD digunakan sebagai alternative bila sistem operasi utama pada laptop kita mengalami kerusakan atau crash sehingga kita tidak bisa masuk ke dekstop windows. Selain itu Hirrend BootCD juga bisa kita gunakan untuk mengecek bad sector pada harddisk lalu memperbaikinya dengan fitur yang dimiliki.

Hirrens Boot CD sendiri memiliki beberapa fitur yang bisa di gunakan penguna seperti fitur Antivirus Tools, Backup Tools, Cleaners, BIOS / CMOS Tools, Browser / File Manager, Device Driver, Network Tools, MS Dos Tools, Master Boot Record, Revovery Tools, Partition Tools, Hardisk Tools, Password Tools dan fitur lainnya.

Namun Untuk menggunakan Hirren Boot CD kita memerlukan alat tambahan agar software dapat berjalan seperti NTPWD, NTPWedit, Offline NT Password Changer. Adapun cara menggunakan Hirren Boot CD untuk mengatasi lupa password pada laptop akan kami jelaskan seperti dibawah ini.

Cara Mengatasi Lupa Password Laptop Menggunakan Hirrens Boot CD

  1. Pertama-tama kita Siapkan terlebih dahulu CD/DVD Hirren BootCD yang kita miliki. Bila belum punya bisa kita download di situs https://hirens-bootcd.id.uptodown.com/windows. Setelah file Hirren Boot di download, lalu kita Burning ke CD atau bisa juga dimasukan ke Flashdisk
  2. Setelah CD Hirren Boot CD telah ada maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah Masukan CD/DVD Hirren BootCD ke dalam CD/DVD Room Laptop kita. Atau bisa juga colokan flashdisk yang berisi file hirren boot ke port USB laptop
  3. Kemudian kita Restart Laptop kita.
  4. Lalu saat laptop sedang masuk ke booting (layar gelap) kita Tekan Tombol F12/ F9/ Delete/ F8 pada keyboard agar kita bisa masuk ke Menu BIOS
  5. Setelah berhasil masuk BIOS kita Pilih Pengaturan First Booting melalui CD/DVD Rom atau USB tergantung lokasi file Hirren BootCD disimpan.
  6. Kemudian kita Tekan Tombol Keyboard F10 (save dan exit) untuk keluar dan menyimpan settingan BIOS. Lalu Tekan Enter
  7. Setelah proses loading. Lalu Laptop menampilkan layar Hirren BootCD
  8. Kemudian kita Pilih Menu Mini Windows XP
  9. Lalu kita Tunggu proses loading hingga Proses Mini Windows XP berjalan sempurna
  10. Setelah berhasil masuk kita Klk Tombol Start dan Pilih Menu HCBD
  11. Kemudian kita Pilih Menu Program > Password / Keys > Windows Login > NTPWEdit (Reset XP/Vista/7 User Password)
  12. Setelah itu Munculah Jendela NTPWEdit. Kemudian kita Klik Tombol Path to SAM File untuk mencari file SAM di Local Disk Laptop kita
  13. Kemudian kita arahkan pencarian ke folder C > Windows > System32 > Config > Sam. Lalu kita Klik Tombol Open
  14. Setelah file SAM di pilih kita akan kembali ke jendela NTPWEdit. Pada User List Kita Pilih User Utama Laptop kita yang ingin diganti passwordnya
  15. Kemudian kita Klik Tombol Change Password. Lalu Masukan Password Baru Laptop yang ingin kita buat. Namun bila ingin tanpa password. Maka Kosongkan kolom Field New Password dan Field Verify. Lalu Klik OK
  16. Setelah Password berhasil di buat kita Klik Tombol Save Changes Untuk Menyimpan perubahan password laptop
  17. Setelah itu kembali kita Restart Laptop kita
  18. Selesai. Kini saat Muncul Menu Login maka kita bisa masuk ke Dekstop Windows menggunakan password baru yang telah kita buat

4.Menggunakan USB Flash Drive (Flashdisk)

Cara ke empat yang akan kami jelaskan untuk mengatasi lupa password laptop adalah dengan menggunakan flashdisk. Nantinya flashdsik di gunakan untuk membuat password reset disk. Adapun cara mengatasi lupa password laptop menggunakan flashdisk akan kami jelaskan seperti dibawah ini.

Cara Mengatasi Lupa Password Menggunakan Flashdisk

Untuk bisa mengatasi lupa password laptop menggunakan flashdisk maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat disk reset terlebih dahulu. Nantinya flashdisk kita digunakan sebagai disk reset saat akan mengubah password laptop kita pada menu wizard. Adapun cara membuat disk reset pada flashdisk seperti di bawah ini.

Cara Membuat Disk Reset pada Flashdisk

  1. Pertama-tama kita Colokan Flashdisk kita ke Port USB Laptop
  2. Kemudian kita Nyalakan Laptop kita
  3. Lalu kita masuk dengan Akun Administrator
  4. Lalu Ketik Reset pada Kotak Pencarian Windows
  5. Kemudian kita Kita Pilih Menu Create A Password Reset Disk
  6. Bila Muncul Jendela Forgotten Password Wizard kita Klik Tombol Next
  7. Lalu Pilih USB Flash Drive milik kita dan Klik Next
  8. Kemudian kita Pilih Drive yang menjadi target kita (Flashdisk)
  9. Setelah Menu Wizard berhasil membuat Disk Reset pada flashdisk maka kita Klik Next dan Finish
  10. Selesai. Kini flashdisk kita telah dibuat sebagai Disk Reset. Hal itu ditandai dengan munculnya file bernama userkey.psw saat kita membuka flashdisk kita

Setelah Disk Reset telah dibuat menggunakan flashdisk kita. Maka langkah selanjutnya adalah mengubah password laptop menggunakan menu disk reset pada fashdisk kita. Adapun caranya akan kami jelaskan seperti dibawah ini.

Cara Mengatasi Lupa Password Menggunakan Disk Reset Flashdisk

  1. Pertama-tama kita Nyalakan Laptop Kita dengan menekan tombol power
  2. Setelah Windows masuk ke Menu Login. Lalu kita Masukan Password Asal hingga windows menyatakan password salah (wrong password). Klik Ok untuk menutup Kotak Pesan
  3. Kemudian kita Klik Tombol Reset Password yang ada dibawah kolom password
  4. Selanjutnya kita Pilih Reset Password Windows
  5. Lalu kita Pilih Opsi Windows Password Reset Disk
  6. Kemudian Kita Pilih Drive Flashdisk kita yang sudah tersimpan file userkey.psw untuk mengubah password
  7. Setelah itu kita Buat Password Baru Laptop Beserta Password Confirmation. Lalu Klik Tombol Ok
  8. Setelah password selesai dibuat kita Restart laptop kita
  9. Selesai. Kini kita bisa masuk ke dekstop windows laptop kita menggunakan password yang barus saja dibuat

5. Menggunakan CMD (Command Prompt)

Cara kelima untuk mengatasi lupa password laptop adalah dengan menggunakan perintah CMD (Command Prompt) dengan bantuan tombol shift saat berada di halaman menu login.

Namun untuk menggunakan cara ini harus memenuhi beberapa syarat yaitu driver letter instalasi windows berada di Drive C dan memiliki disk instalasi windows. Adapun cara mengatasi lupa password laptop menggunakan perintah CMD (Command Prompt) akan kami jelaskan seperti dibawah ini.

Cara Mengatasi Lupa Password Laptop Menggunakan CMD (Command Prompt)

  • Pertama-tama kita Nyalakan Laptop kita
  • Saat melakukan Booting kita Tekan F8 dan gunakan Disk Repair Windows Untuk Boot Pada Laptop kita
  • Kemudian kita Pilih Bahasa Yang Digunakan
  • Lalu kita Klik Opsi Troubleshoot
  • Kemudian Klik Opsi Command Prompt
  • Setelah Jendela Command Prompt Terbuka kita Ketik Perintah
copy c:windowssystem32sethc.exe c:
  • Lalu Tekan Enter
  • Kemudian Ketik
copy /y c:windowssystem32cmd.exe c:windowssystem32sethc.exe
  • Lalu Tekan Enter
  • Setelah itu Ketik Exit dan Enter Untuk keluar dari jendela command prompt
  • Kemudian kita Restart Laptop kita
  • Setelah laptop kembali masuk ke halaman Login. Lalu kita Tekan Tombol Shift pada keyboard sebanyak 5 kali. Maka akan muncul jendela CMD
  • Pada Jendela CMD kita Ketik
net user [username] [password]
  • (Ganti username dengan nama user laptop kita dan ganti password dengan password laptop kita). Lalu Tekan Enter
  • Ketik Exit untuk keluar command prompt
  • Kemudian Restart Laptop kita
  • Selesai. Saat laptop masuk ke halaman login kita masukan dengan password yang baru dibuat dan kita bisa kembali masuk ke desktop laptop kita

6. Instal Ulang Windows

Cara terakhir untuk mengatasi lupa password laptop adalah dengan menginstal ulang windows pada laptop kita. Cara ini digunakan sebagai langkah terakhir bila semua cara yang dilakukan gagal untuk mengatasi masalah lupa password laptop.

Namun untuk menggunakan cara ini kita diharuskan memiliki CD Windows terlebih dahulu yang nantinya digunakan untuk melakukan proses instalasi. Adapun CD windowsnya bisa kita pilih versinya baik itu windows xp, windows 7, windows 8 maupun windows 10. Caranya sendiri cukup mudah yang akan kami jelaskan seperti dibawah ini.

Cara Mengatasi Lupa Password dengan Instal Ulang Windows

  1. Pertama-tama kita Nyalakan Laptop Kita
  2. Kemudian Masukan CD Windows pada CD/DVD Room Laptop kita.
  3. Lalu Restart Laptop kita dengan cara menekan tombol restart
  4. Kemudian saat laptop melakukan booting kita tekan tombol f8/f2/delete untuk Masuk ke Menu BIOS
  5. Saat berhasil masuk ke menu BIOS kita pilih menu First Boot Device dan Pilih CD/DVD Room sebagai first boot device
  6. Tekan Tombol F10 pada keyboard untuk menyimpan settingan BIOS. Bila Muncul pilihan Save and Exit kita Pilih Yes
  7. Setelah itu laptop melakukan restart dan saat booting kita ketik sembarang tombol hingga muncul tulisan Press any key to boot from cd room
  8. Setelah itu proses penginstalan sistem operasi windows pun berjalan dan kita cukup baca setiap keterangan pada proses instalasi dan bila setuju kita klik tombol Next
  9. Setelah proses instalasi windows sampai dibagian akhir biasanya kita diperintahkan untuk membuat User Account beserta Passwordnya
  10. Selesai. Setelah proses instalasi selesai kita pun bisa masuk ke desktop laptop kita dengan username dan password yang baru dibuat saat proses instalasi windows

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan kami mengenai apa itu password laptop, tipe password laptop yang kuat, dan cara mengatasi lupa password pada laptop seperti menggunakan fitur Safe Mode, menggunakan Akun Administrator, menggunakan Hirren Boot CD, menggunakan USB Flash Drive, menggunakan perintah CMD (command prompt) maupun melakukan instal ulang windows.

Setelah membaca penjelasan diatas tentunya kini kita lebih mengetahui cara membuat password yang kuat pada laptop atau smartphone kita. Selain itu dengan membaca penjelasan diatas kini kita tak bingung lagi bila kita lupa password laptop. Dengan cukup menggunakan fitur dan tool bawaan pada sistem operasi maka kita bisa dengan mudah mengatasinya. Tanpa harus dibawa ke tukang service laptop dan tentunya mampu menghemat biaya reparasi laptop.

You may also like