Home » Software » Microsoft » Windows » 7 Cara Melihat Spesifikasi Laptop dan Komputer Windows

7 Cara Melihat Spesifikasi Laptop dan Komputer Windows

by Irfan Arrasyid, S.Kom.
by Irfan Arrasyid, S.Kom.

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang. Kita di mudahkan dalam berbagai hal dengan teknologi. Contohnya saja mengerjakan tugas kantor dari rumah (remote), bermain game bersama-sama secara online dan yang lainnya dimana hal itu tak akan bisa dilakukan beberapa puluh tahun lalu.

Untuk melakukan semua kegiatan di atas maka kita membutuhkan Teknologi pendukungnya seperti laptop, jaringan komputer (internet), modem dan yang lainnya dengan spesifikasi tertentu sesuai kebutuhan.

Untuk itulah sebelum kita membeli perangkat komputer atau laptop. Maka kita tentukan terlebih dahulu digunakan untuk apa laptop kita ini nantinya. Lalu kita sesuaikan dengan spesifikasi laptop yang ingin kita beli apakah akan compatible dengan kebutuhan kita nantinya.

Contohnya saja saat kita ingin membeli laptop untuk melakukan tugas kantor dan bermain game online. Maka kita bisa lihat info spesifikasinya di internet. Lalu bandingkan spesifikasi hardward pada Laptop kita dengan minimum requirement pada aplikasi atau game yang ingin kita gunakan. Jangan sampai spec laptop tak memenuhi syarat yang membuat kerja software dan game tidak maksimal.

Lalu Apa itu Spesifikasi Laptop?
Spesifikasi Laptop Adalah Sebuah rincian dan Informasi tentang komponen yang ada pada Laptop seperti Hardware (Harddisk, RAM, Processor, Motherboard, VGA) dan software pendukungnya (Driver dan Sistem operasi)

Setelah kita mengetahui apa itu Spesifikasi Laptop. Lalu apa manfaat yang bisa didapat bila kita melihat spesifikasi Laptop?

Manfaat Melihat Spesifikasi Laptop

  1. Sebagai Sistem Informasi. Dengan melihat spesifikasi pada laptop, kita jadi tahu informasi yang ada pada komponen laptop baik itu hardware (Harddisk, RAM, Processor) maupun software (Driver & Sistem Operasi) sehingga kita bisa menyesuaikan spesifikasi Laptop dengan kebutuhan
  2. Penginstalan Driver. Dengan kita melihat spesifikasi pada laptop maka kita bisa mencocokan antara Jenis Hardware (Sound Card, VGA) pada Laptop dengan Software Driver pendukungnya. Sehingga bila suatu saat kita harus mengganti komponen hardware lain maka kita tinggal download driver di situs resminya sehingga Hardware Laptop bisa berfungsi sebagaimana mestinya
  3. Melihat Kualitas Komponen. Dengan melihat Spesifikasi pada laptop maka kita bisa mengetahui sebarapa besar kualitas komponen Laptop yang kita beli. Apakah Laptop memilik kapasitas RAM yang tinggi atau apakah VGA kita mampu di gunakan untuk bermain game online dengan tampilan grafis terbaik. Dan juga apakah Kapasitas Harddisk laptop kita besar sehingga mampu menyimpan banyak file. Sehingga kita bisa menyesuaikan sesuai kebutuhan.
  4. Agar Tidak Tertipu. Bagi sebagian orang awam hal yang dilakukan saat membeli Laptop baru adalah menanyakan harga Laptop, bagaimana speknya dan apa OS nya yang ditanyakan langsung pada penjaga toko komputer. Setelah dirasa cocok barulah di bawa pulang. Padahal kita pun bisa melihat spesifikasi laptop baru dengan beberapa cara lalu kita cocokan dengan spesifikasi laptop di situs resmi website perusahaan pembuat Laptop. Sehingga kita tak tertipu bila ternyata Laptop baru yang kita beli dengan merek tertentu adalah laptop rakitan.

Setelah Kita mengetahui apa manfaat yang bisa didapat bila kita melihat spesifikasi pada Laptop. Pada kali ini kami akan membahas Beberapa Cara melihat spesifikasi komponen pada Laptop yang akan kami jelaskan di bawah ini.

1.Melalui Properties Explorer.

Cara pertama yang digunakan untuk melihat spesifikasi pada laptop kita adalah melalui fitur bawaan yang ada pada laptop yakni fitur Properties File Explorer yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Cara melihat Spesifikasi Laptop melalui Menu Properties File Explorer

  1. Pertama-tama kita Klik kanan pada Start Menu
  2. Setelah itu kita Pilih File Explore
  3. Kemudian Muncul lah Jendela File Explore. Lalu kita Klik kanan pada this PC
  4. Selanjutnya kita Pilih Properties
  5. Lalu Munculah Jendela System Properties yang berisi informasi tentang komponen pada windows seperti jenis sistem operasi (OS). Nama komputer yang terdaftar, dan Hardware yang terpasang seperti kapasitas RAM dan Processor
  6. Selesai. Kini kita pun sudah tahu komponen yang ada pada laptop

2. Melalui Menu Setting About

Cara kedua untuk melihat sepesifikasi pada laptop kita adalah melalui Pengaturan About.  Dengan cara ini kita bisa melihat konfigurasi apa saja yang di lakukan pada sistem laptop. Dan juga kita bisa melihat informasi tentang Hardware dan software apa saja yang terpasang pada Laptop. Adapun caranya akan kami jelaskan di bawah ini.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop Melalui Menu Setting About

  1. Pertama-tama kita Klik Menu Windows yang ada di sebelah kiri layar laptop kita
  2. Kemudian kita Klik Menu Setting
  3. Setelah kita Masuk ke halaman Menu Setting kita Pilih opsi About
  4. Kemudian munculah jendela Informasi yang berisi tentang komponen apa saja yang terpasang pada laptop kita seperti Sistem Operasi, kapasitas RAM, Processor dll.

3. Melalui Menu System Information

Cara Ketiga untuk melihat Spesifikasi pada Laptop kita adalah melalui Menu System Information. Dimana Hampir semua versi dari Sistem operasi Windows telah memiliki fitur ini. Dengan melakukan beberapa langkah kita pun langsung mengetahui spesifikasi laptop. Adapun caranya akan kami jelaskan di bawah ini.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop Melalui Menu System Information

  1. Pertama-tama kita Buka Star Menu pada Laptop kita
  2. Kemudian kita Ketikan System Information atau msinfo32 Pada kolom yang ada
  3. Lalu kita Tekan Enter
  4. Kemudian Munculah Jendela System Information yang berisi informasi tentang  Hardware yang terpasang pada laptop Kita beserta rangkuman sistem yang ada. Seperti Model dan jenis Sistem, Informasi model BIOS, hingga ukuran memori yang ada pada laptop milik kita
  5. Selain itu kita juga bisa melihat info tentang kartu grafis yang terpasang pada laptop dengan cara melakukan expand di menu Komponen lalu kita klik tombol View

4. Melalui Command Prompt (CMD)

Pengguna juga bisa melihat Spesifikasi pada Laptop yang beli melalui perintah Command Promt (CMD). Command Prompt sendiri adalah sebuah baris perintah penerjemah yang di eksekusi ke dalam sistem operasi. Dan merupakan program buatan Microsoft.

Perintah yang di gunakan pada Command Prompt sendiri adalah systeminfo.exe. nantinya pengguna akan mengetahui tentang informasi tentang sistem yang terpasang pada laptop. Caranya adalah seperti di bawah ini.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop Melalui Perintah Command Prompt (CMD)

  1. Pertama-tama kita Klik Menu Start
  2. Pada kolom pencarian kita Ketik dan Tuliskan Command Prompt
  3. Setelah itu kita Klik kanan dan Pilih Opsi Run as Administrator
  4. Lalu kita Ketik perintah systeminfo dan Tekan Enter
  5. Setelah itu kita pun akan mendapatkan informasi tentang konfigurasi pada hardware,system informasi, spesifikasi, informasi Update, Network Adaptor,  BIOS, Memori dan informasi lainnya

5. Melalui Menu Dx Diag

Kita juga bisa melihat Spesifikasi pada laptop kita menggunakan fitur bawaaan dari sistem operasi windows bernama Dx Diag. Dx Diag (DirectX Diagnostic Tool) sendiri adalah sebuah program milik windows yang digunakan untuk mengetes fungsi Direct X yang nantinya mampu memberikan informasi tentang sistem pada laptop dan juga memberi solusi antara hardware dan driver saat terhadi masalah. Adapun caranya adalah seperti dibawah ini.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop Melalui Menu Dx Diag

  1. Pertama-tama kita Buka Menu Run yang ada pada Windows. Atau juga bisa langsung menekan tombol Windows+R secara bersamaan pada keyboard
  2. Lalu kita Ketik dan Tulis dxdiag pada kolom Run
  3. Kemudian kita tekan Enter
  4. Setelah itu munculah Jendela DirectX Diagnostic Tool yang menampilkan beberapa menu informasi tentang Spesifikasi Laptop kita. Adapun menunya adalah :
    • System. Dengan menu ini kita bisa melihat informasi tentang nama komputer, sistem operasi, bahasa yang digunakan, jenis Bios, kapasitas Processor, Kapasitas RAM, Versi Direct X dan yang lainnya
    • Display. Pada menu ini kita bisa melihat informasi tentang Jenis kartu grafis (VGA), Jenis monitor, Driver VGA, dan resolusi default monitor
    • Sound dan Input Device. Pada menu Sound kita akan melihat informasi tentang jenis driver yang di gunakan pada Sound. Sedangkan pada Input device kita akan melihat jenis perangkat input yang terpasang pada laptop kita seperti Keyboard, Mouse, Modem USB dan yang lainnya.

6. Melihat Spesifikasi Laptop Melalui Software CPU-Z

Bila 5 cara sebelumnya adalah cara melihat spesifikasi Laptop melalui fitur bawaan Laptop. Maka selanjutnya kami akan menjelaskan cara melihat spesifikasi Laptop menggunakan software yang bernama CPU-Z. CPU-Z sendiri adalah Freeware (perangkat lunak gratis) yang menyajikan informasi tentang beberapa perangkat utama komputer melalui sistem. Adapun cara menggunakannya adalah seperti dibawah ini.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop Melalui Software CPU-Z

  1. Pertama-tama kita Download Software CPU-Z di situs resminya https://www.cpuid.com/softwares/cpu-z.html
  2. Selesai di download kita Instal Software CPU-Z di laptop kita
  3. Selesai di instal kita Buka Software CPU-Z
  4. Kemudian muncullah beberapa menu yang menampilkan informasi tentang spesifikasi laptop kita seperti CPU, Motherboard, Graphic, Memori dan yang lainnya
  5. Selesai. Dengan tampilan informasi yang lengkap pada software CPU membuat kita kini sudah paham tentang spesifikasi komponen pada laptop kita

7. Melihat Spesifikasi Laptop menggunakan Software Speccy

Software Speccy adalah perangkat lunak gratis yang menampilkan spesifikasi perangkat yang terpasang pada laptop melalui sistem. Software ini dikembangkan oleh perusahaan Piriform Ltd yang dirilis pada 21 mei 2018.  Ukuran software yang hanya sebesar 4.9 mb tentunya bisa menjadi pilihan pertama kita untuk melihat spesifikasi pada laptop. Adapun caranya adalah sebagai berikut.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop Menggunakan Software Speccy

  1. Pertama-tama kita Download Software Speccy di situs resminya https://www.ccleaner.com/speccy
  2. Selesai di download kita Instal Software Speccy di laptop kita
  3. Kemudian setelah selesai di instal Buka Software Speccy
  4. Lalu Munculah jendela Speccy yang Menampilkan Informasi tentang spesifikasi komponen pada Laptop kita
  5. Bila kita ingin melihat spesifikasi RAM dan Sistem operasi maka kita Klik Menu Summary

Demikianlah penjelasan kami tentang apa itu spesifikasi laptop, apa manfaat melihat spesifikasi laptop, dan 7 cara melihat spesifikasi laptop. Yakni melalui menu properties, about, system information, command prompt, dx diag, ataupun juga menggunakan software tambahan seperti CPU-Z dan Speccy.

Dengan membaca penjelasan di atas kini kita tak akan bingung lagi bagaimana cara melihat spesifikasi di laptop. Sehingga kita bisa mencocokan dengan spesifikasi minimum pada aplikasi atau game yang akan di gunakan. Dan kita pun tak akan tertipu bila harus membeli laptop baru.




You may also like