Home » Software » Microsoft » Windows » 2 Cara Repair Windows 7 Tanpa Instal ulang

2 Cara Repair Windows 7 Tanpa Instal ulang

by Irfan Arrasyid, S.Kom.
by Irfan Arrasyid, S.Kom.

Pada saat kita membeli komputer baru, kondisi sistem operasi dalam keadaan bagus. Seiring berjalannya waktu, komputer pun dijejali dan di instal banyak software yang kita download dari internet secara gratis.

Karena kita download sembarangan dan gratisan, kita tak tahu mana software yang bagus dan mana software berbahaya. Kenapa berbahaya karena beberapa software di internet dalam bentuk ekstensi (.exe) bisa saja disusupi virus malware buatan para hacker. Sehingga saat kita klik software tersebut maka komputer kita jadi terinfeksi virus.

Lambat laun virus di komputer menjadi semakin banyak dan merusak file registry sistem. Dan sistem operasi pun tak bisa berjalan optimal seperti : komputer sering ngehang, sering restart sendiri, menjadi lambat sampai yang terparah gagal booting ke sistem operasi windows

Saat komputer gagal booting ke windows Karena sistem mengalami kerusakan, biasanya yang kita lakukan adalah ke tukang servise lalu disana komputer di instal ulang dan data di harddisk kita menjadi hilang karena telah di format. Padahal ada cara yang lebih mudah dan tidak menyebabkan data di harddisk kita hilang. Cara tersebut adalah dengan menggunakan Startup repair tool sistem operasi.

Apa itu Start Up Repair Tool?

Start up Repair tool adalah sebuah tool atau alat buatan Microsoft yang di gunakan untuk memperbaiki beberapa masalah pada sistem karena terjadi kerusakan file sistem akibat virus yang menyebabkan komputer menjadi lemot, sering ngehang dan gagal booting.

Faktor Utama Gagal Booting Pada Windows

  1. Terjadinya perubahan hardware. Biasanya hal ini di karenakan hardware yang di gunakan tidak memiliki driver yang tepat pada instalasinya sehingga komputer gagal booting dan tak bisa membacanya.
  2. Mematikan komputer tak benar
    Sejatinya untuk mematikan komputer yang benar adalah dengan mengklik menu start-shutdown-pada layar windows shutdown klik ok, lalu komputer pun mati. Namun bila kita mematikan komputer langsung dari tombol switch power, hal itu membuat sistem menjadi kaget karena tidak sempat menutup aplikasi yang sedang aktif dan bila dilakukan terus menerus sistem pun menjadi rusak.

Kelebihan Start Up Repair Windows

  1. Mudah di gunakan. Kemudahan dalam melakukan perbaikan sistem karena tidak perlu lagi melakukan proses yang panjang seperti pada instalasi
  2. Proses repair cepat. Dengan hanya melakukan perbaikan pada file sistem yang rusak itu berarti waktu yang perlukan pun menjadi lebih cepat.

Setelah kita mengetahui apa penyebab windows gagal booting dan apa kelebihan dari startup repair tool dibandingkan instal ulang. Lalu bagaimana cara kita melakukan repair pada windows 7? Cara merepair windows 7 sendiri ada dua : Yang pertama langsung dengan CD Room, yang kedua dengan menggunakan perintah CMD (Commad prompt). Berikut dibawah ini akan kami jelaskan

Cara Repair Sistem Menggunakan CD Windows 7

  1. Pertama-tama siapkan dulu CD windowsnya, bila belum ada silahkan beli di toko komputer/ penjual kaset cd, baik yang berlisensi maupun yang bajakan.
  2. Bila sudah ada masukan cd windows pada CD Room komputer
  3. Lalu restart komputer dengan cara start-shutdown-restart atau bisa juga langsung dari tombol kecil restart di CPU
  4. Pada saat layar komputer gelap dan masuk ke booting, silahkan tekan tombol keyboard (F2/F12/Esc) tergantung jenis komputernya. Agar komputer bisa masuk ke sistem BIOS.
  5. Setelah masuk ke BIOS, pilih tab menu Boot device
  6. Pada menu First boot device pilih CD/DVD Room agar komputer melakukan booting pada CD Room
  7. Bila sudah tekan tombol F10 pada keyboard
  8. Munculah perintah save dan exit untuk menyimpan settingan baru bios dan keluar bios. Lalu pilih yes
  9. Komputer pun kembali masuk ke booting
  10. Saat booting itu tekan sembarang tombol keyboard hingga muncul tulisan kalimat “press any key to boot from cd or dvd room”
  11. Bila berhasil kita akan masuk ke halaman instalasi windows
  12. Lalu munculah beberapa pilihan seperti install windows dan repair windows, pilih repair windows
  13. Lalu muncul pilihan sistem operasi yang akan di repair klik next
  14. Kemudian masuk ke bagian System recovery option, muncul beberapa pilihan seperti Start up repair, Repair sistem restore dan Sistem image recovery. Pilih start up repair. Klik next
  15. Lalu muncul pilihan lokasi letak CD Windowsnya, melalui Flashdisk, Harddisk atau CD Room. Pilih CD Room dan klik CD Windows
  16. Proses repair pun berjalan sekitar beberapa menit
  17. Bila sudah selesai komputer pun merestart dan kita kembali bisa masuk ke sistem operasi windows.

Selain langsung menggunakan CD Room kita juga bisa merepair windows 7 menggunakan perintah CMD walaupun tetap membutuhkan CD Windows

Cara Repair Windows 7 menggunakan perintah CMD (Command prompt)

  1. Masukan CD Windows
  2. Restart komputer
  3. Saat booting tekan tombol (F2/F12/Del) agar masuk BIOS
  4. Setelah masuk BIOS ubah First boot device menjadi CD Room
  5. Tekan tombol (F10), muncul perintah Save dan Exit pilih Yes
  6. Komputer kembali booting, tekan sembarang tombol keyboard
  7. Muncul tulisan “press anykey to boot from cd room”
  8. Masuk ke proses instalasi
  9. Muncul pilihan instal atau repair pilih repair
  10. Lalu masuklah ke halaman sistem recovery. Pilih bagian Command prompt.
  11. Kemudian muncul pilihan direktori yang digunakan. Lalu Pilih Harddisk direktori (C:/)
  12. Kemudian ketik perintah dibawah ini pada CMD (Command Prompt) secara berurutan
<p>bootsect.exe/nt60</p>
<p>bootsect.exe/nt60 all</p>
<p>bootrec.exe/fixmbr</p>
<p>bootrec.exe/fixboot</p>
<p>bootsect/nt60 all/force/mbr</p>
  • Setelah selesai tekan enter
  • Proses repair pun berjalan
  • Bila proses repair selesai lakukan restart dan komputer pun berhasil di repair dan kembali bisa masuk ke sistem operasi windows.

Demikianlah 2 cara melakukan repair pada windows saat gagal booting. Bila kita melakukan 2 cara diatas, tentunya dengan hanya modal CD Windows seharga puluhan ribu kita bisa menghemat ratusan ribu bila kita membawanya ke tukang service komputer. Tentunya tips diatas sangat berguna dan menghemat pengeluaran terlebih di kondisi sulit sekarang ini.

You may also like