Home » Ilmu Komputer » Troubleshooting » 10 Penyebab Komputer/Laptop Restart Sendiri dan Cara Mengatasinya

10 Penyebab Komputer/Laptop Restart Sendiri dan Cara Mengatasinya

by Irfan Arrasyid, S.Kom.
by Irfan Arrasyid, S.Kom.

Semenjak tahun 2000’an awal, komputer mulai populer di Indonesia. Dimana di setiap rumah sudah banyak yang memiliki. Karena harga komputer mulai bervariasi. Di tambah saat itu sekolah-sekolah mulai mengajarkan ilmu komputer sejak sekolah dasar walau sebatas ilmu dasar.

Hingga ke masa kita yang hidup saat ini, komputer menjadi peralatan yang biasa saja seperti layaknya peralatan elektronik lain. Nah karena semua sudah memiliki komputer, pernah kah diantara kalian mengalami Komputer/ Laptop tiba-tiba restart sendiri saat sedang di nyalakan?

Biasanya Komputer/Laptop yang tiba-tiba restart sendiri adalah pc yang sudah lama di pakai sehingga komponen tak berjalan maksimal dan muncul lah beberapa faktor penyebab yang membuat Komputer/Laptop restart sendiri.

Faktor utama Komputer Restart Sendiri

  1. RAM (Random Akses Memory) tidak terbaca. Saat komputer menyala tentu membutuhkan ram untuk menyimpan data software yang sedang aktif. Bila RAM terjadi masalah maka komputer secara otomatis akan restart ulang karena data tidak terbaca.
  2. Harddisk Bad sector. Semua data yang berada di komputer akan di simpan di harddisk termasuk file dan sitem operasi. Bila harddisk bad sector maka sistem tidak bisa di jalankan karena file yang tersimpan sebelumnya telah hilang
  3. Overheat Pada Processors. Setiap data yang di proses di komputer akan melewati processor. Bila processor kelebihan suhu karena kipas (fan) yang tidak berjalan optimal, maka komputer akan melakukan pelindungan diri dengan cara restart.
  4. Power Supply yang longgar/rusak. Untuk menjalankan komputer tentu membutuhkan aliran listrik dari power supply. Bila power supply bermasalah maka komponen lain pun akan bermasalah karena kekurangan daya dan komputer akan restart sendiri sebagai pertahanan diri.
  5. Karena Virus. Virus pun bisa menyebabkan komputer restart sendiri karena virus terdiri dari kode malware buatan hacker yang merusak registry dan data software yang ada sehingga sistem tidak bisa bekerja maksimal lalu restart ulang/ngehang. Salah satu virus local (Indonesia) yang terkenal sering membuat laptop restart sendiri bernama RontokBro.

Saat kita mengalami hal seperti itu tentu membuat kita kesal karena komputer tidak bisa dipakai. Terlebih bagi orang awam akan merasa bingung bagaimana cara memperbaikinya. Sebelum anda berangkat ke servis komputer alangkah lebih baik lakukan cara di bawah ini.

10 Penyebab Komputer Restart Sendiri dan Cara Mengatasinya

Power Supply Kurang daya/rusak

Untuk menjalankan sebuah komputer tentunya membutuhkan power supply yang mengaliri aliran listrik pada tiap komponen.

Bila aliran daya yang dihasilkan berkurang/tidak stabil maka komponen lain terkena imbasnya seperti fan (kipas komputer) yang tidak berjalan optimal sehingga suhu menjadi panas dan komputer restart sendiri.

Cara mengatasinya :

  • Ganti power supply 500 watt bila memang sudah rusak parah
  • Beli stabilizer agar aliran tegangan listrik tetap stabil

Processor Overheat

Tingginya suhu pada processor membuat komputer melakukan restart ulang. Adapun penyebabnya seperti rusaknya fan (kipas), habisnya thermal paste processor, menumpuknya debu disisi processor, terlalu penuhnya software yang di install sehingga beban processor jadi lebih berat.

Cara mengatasinya :

  • Bersihkan debu Processor dengan kuas
  • Berikan kembali Thermal Pasta di atas Processor.
  • Hapus software yang memiliki ukuran besar

Hardisk Bad sector

Dalam keadaan normal komputer akan menyimpan data file registry, sistem operasi dan software yang ada pada komponen harddisk. Bila harddisk bad sector dan rusak tentu komputer akan restart karena file perintah yang disimpan telah hilang.

Cara mengatasinya :

  • Melakukan chkdisk pada command prompt
  • Melakukan scandisk pada fitur bawaan
  • Melakukan defrag harddisk
  • Ganti harddisk baru bila memang harddisk sudah rusak parah

VGA Card rusak

Saat VGA Card rusak maka semua informasi grafis tak maksimal untuk di tampilkan pada layar monitor. Semua output dari komputer pun tidak bisa di terjemahkan sehingga komputer melakukan restart otomatis.

Cara mengatasinya :

  • Bersihkan VGA Card yang terpasang pada Slot AGP dan PCI
  • Ganti VGA Card bila tak bisa diperbaiki

RAM tidak terbaca

Data aplikasi yang masih aktif akan di simpan di Memori Utama (RAM) untuk menjalankan perintah sistem operasi. Bila RAM tidak terbaca atau rusak maka kinerja komputer tidak maksimal dan perintah tidak bisa di jalankan lalu komputer melakukan restart ulang.

Cara mengatasinya :

  • Bersihkan bagian bawah ram dengan penghapus agar kembali terbaca
  • Ganti ram yang baru bila ram sudah tidak bisa terbaca

Kabel Konektor Power longgar

Meskipun tampak sepele namun hal ini sangat penting karena kelonggaran pada pemasangan kabel konektor power bisa menyebabkan kerusakan pada komponen lain seperti harddisk bahkan pada motherboard. Sebagai peringatan komputer akan melakukan restart ulang.

Cara mengatasinya :

  • Pastikan kabel konnektor power terpasang dengan benar jangan terbalik
  • Kuatkanlah pemasangannya agar daya listrik mengalir dengan baik

Driver Software bermasalah

Bila kita memasang perangkat keras hardware baru, namun tidak melakukan penginstalan driver yang benar maka komputer tidak bisa membaca perangkat tersebut. Untuk itu akan terjadi eror dan komputer akan melakukan restart berulang.

Cara mengatasinya

  • Beli atau download driver di internet sesuai dengan jenis hardwarenya
  • Uninstall driver yang dipasang agar komputer kembali normal

Tombol Power Switch (on/of) rusak

Tidak berfungsi dengan baiknya tombol power (on/of ) komputer, bisa menyebabkan komputer restart sendiri. Biasanya terjadi karena pin pada motherboard yang tidak benar/longgar atau memang tombol powernya sudah error.

Cara mengatasinya :

  • Pastikan urutan pin power pada motherboard sudah benar dan terpasang kencang
  • Ganti tombol power bila sudah rusak

Kerusakan pada Motherboard

Hal ini biasanya karena banyaknya debu yang menempel pada motherboard sehingga aliran listrik mengalir tidak optimal. Selain itu karena umur motherboard yang terlalu lama menyebabkan kapasitor pada motherboard menjadi kembung.

Cara mengatasinya :

  • Bersihkan motherboard dengan kuas
  • Bila paham tentang elektronik gantilah kapasitor dengan yang baru
  • Ganti motherboard bila rusak parah

Virus Komputer

Virus yang berisi code malware perusak buatan hacker mampu membuat harddisk dan processor overload dan beban kerja komputer meningkat. Code malware pada virus juga bisa menghapus file sistem operasi yang dibutuhkan sehingga perintah sistem gagal di eksekusi (execute) dan komputer pun melakukan restart berulang.

Cara mengatasinya :

  • Install antivirus Premium yang terjamin keamanannya (walau mahal)
  • Selalu update antivirus untuk mengantisipasi jenis virus baru di internet
  • Lakukan Repair sistem operasi sehingga file registry kembali pulih
  • Lakukan Install ulang sistem operasi bila memang sudah rusak parah

Demikianlah 10 Penyebab Komputer/Laptop Restart Sendiri dan Cara Mengatasinya. Dengan melakukan upaya pertama diatas tentunya selain untuk mengatasi komputer restart sendiri, juga membuat kita lebih tahu tentang seluk beluk komponen komputer milik kita dan cara mengatasinya bila suatu saat ada komponen lain yang rusak.

Sehingga saat kita ke tukang services kita paham apa saja yang harus diganti dengan menyesuaikan harga dan jenis komponen yang di beli tentunya.

You may also like