Home » Software » Microsoft » Windows » 3 Cara Mengunci dan Menyembunyikan Folder di Laptop

3 Cara Mengunci dan Menyembunyikan Folder di Laptop

by Irfan Arrasyid, S.Kom.
by Irfan Arrasyid, S.Kom.

Saat kita mempunyai laptop dan membawanya ke area publik seperti Kampus, Cafe, atau ke Rumah teman. Tak jarang teman kita juga ikut menggunakan laptop kita seperti bermain game bersama atau sekedar mengerjakan tugas kuliah dan kantor.

Bila teman yang meminjam laptop kita itu baik hati dan tak macam-macam tentu tak masalah. Namun bagaimana bila teman kita itu sering usil dan mengobrak-abrik file yang ada di laptop kita yang tentu membuat kita merasa tak nyaman.

Untuk itu kita harus mengantisipasinya sebelum meminjamkan laptop kita ke teman. Salah satunya dengan cara melindungi folder di laptop yang berisi data penting sehingga tak bisa di akses atau tak bisa di lihat olehborang lain. Sebelum kita bicara lebih jauh saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu pengertian folder.

Apa itu Folder?
Folder adalah program pada sebuah komputer atau gadget berbentuk icon yang digunakan untuk menyimpan file dengan fungsi utama mengelompokan beragam jenis file seperti musik, dokumen, video dan lainnya sesuai yang diinginkan dan bisa di ubah namanya menggunakan fitur rename.

Setelah kita mengetahui tentang apa itu folder. Lalu apa fungsi Folder pada Laptop dan Gadget kita?

Fungsi Folder Pada Laptop dan Gadget Kita

  1. Untuk Kearsipan. Di dalam Komputer ada banyak sekali file dan data yang tersimpan secara acak dan berantakan di dalam sebuah drive (contoh drive D: dan Drive C). Untuk itu dengan menggunakan folder kita bisa melakukan pengarsipan sehingga file yang ada di simpan sesuai kategori dan jenisnya pada sebuah folder seperti folder foto, video, dokumen dan lainnya.
  2. Untuk memudahkan User. Saat kita menyimpan sebuah file di drive komputer atau gadget. Terkadang bila file itu sudah lama tidak dibuka, kita menjadi lupa dimana lokasi penyimpanannya. Untuk itu dengan menggunakan folder kita bisa memudahkan pengguna termasuk kita sendiri dengan cara membuat nama folder sesuai dengan tanggal pembuatan file dan jenis kategori file sehingga kita pun menjadi ingat dengan membaca keterangan nama pada folder.
  3. Untuk melindungi Data. Folder dengan icon kecilnya ternyata mampu juga di gunakan untuk melindungi data atau file penting milik kita. Salah satunya dengan menggunakan fitur bawaan bernama Hide. Sehingga data dan file di laptop kita tak bisa di lihat oleh pengguna lain.

Setelah kita mengetahui apa fungsi folder pada laptop kita. Lalu fitur apa saja yang bisa di gunakan pada folder di Laptop kita?

Fitur Folder Pada Laptop Kita

  1. Open. Dengan fitur ini kita bisa membuka folder di Laptop kita dengan cara klik 2x icon folder atau klik kanan folder lalu pilih Open
  2. Rename. Dengan fitur ini kita bisa merubah nama folder di laptop kita sehingga file data yang ada di dalam folder mudah untuk di kenali. Caranya adalah dengan klik kanan pada folder lalu pilih rename.
  3. Delete. Dengan fitur ini kita bisa menghapus folder yang ada beserta isinya bila memang sudah tak terpakai. Caranya adalah :
    • Klik kanan folder
    • Lalu pilih Delete
    • Selesai. Kini Folder kita terhapus dan berada di Recycle bin
  4. Copy. Dengan fitur ini kita bisa menyalin folder beserta file yang ada di dalamnya secara cepat. Caranya adalah :
    • Klik kanan folder
    • Kemudian Pilih Copy.
    • Lalu Pastekan ke lokasi penyimpanan tujuan
    • Selesai. Kini Folder kita di gandakan di lokasi penyimpanan lain
  5. Cut. Dengan fitur ini kita bisa memindahkan folder beserta data yang ada di dalamnya ke lokasi drive penyimpanan yang lain. Caranya adalah :
    • Klik kanan folder
    • Kemudian Pilih Cut
    • Lalu Pastekan (tempel) ke tempat drive penyimpanan tujuan
    • Selesai. Kini folder kita berpindah lokasi penyimpanan
  6. Create Shortcut. Dengan fitur ini kita bisa membuat shortcut folder di desktop. Sehingga memudahkan kita bila ingin membuka folder yang sering digunakan. Caranya adalah :
    • Klik Kanan Folder
    • Lalu kita Pilih Shortcut
    • Selesai. Folder pun muncul di dekstop kita
  7. Sharing and Security. Dengan fitur ini kita membuat mode keamanan bila folder yang kita buat di share (bagikan) ke jaringan internet sehingga hak aksesnya bisa kita atur. Caranya adalah :
    • Klik kanan folder lalu pilih Sharing and Security.
    • Setelah itu muncul 2 Pilihan di layar Pop Up
    • Bila kita ingin hanya kita yang memiliki akses ke folder tersebut centang kotak ‘Make this Folder Private’.
    • Sedangkan bila kita ingin membagikan folder tersebut ke jaringan komputer kita centang kotak ‘Share this Folder on the Network’ .Lalu beri nama folder yang ingin di bagikan di kolom Share Name
  8. General. Dengan fitur ini kita bisa melihat informasi tentang sebuah folder seperti lokasi folder (Location), Ukuran folder (Size). Jumlah file yang ada di dalamnya (Contains) dan pengaturan mode baca apakah dapat dibaca semua orang (Read Only) atau di sembunyikan (Hiden). Cara menggunakan fitur General adalah :
    • Klik kanan pada folder lalu Pilih Properties
    • Kemudian kita pilih tab Menu General
    • Kemudian Munculah Beberapa informasi tentang folder kita seperti File Type, Location, Size, Contains, Mode Read Only dan Hidden
    • Bila kita ingin menyembunyikan folder kita kita centang kotak ‘Hidden’
    • Sedangkan bila kita ingin menampilkan folder kita kita centang tombol ‘Read-
      Only’
  9. Customize. Dengan fitur ini kita bisa melakukan perubahan tampilan pada folder seperti mengganti gambar folder, icon folder, dan template folder sehingga memudahkan kita dalam melihat jenis kategori folder tersebut. Cara menggunakan fitur Customize Folder adalah :
    • Klik kanan pada folder lalu Pilih Properties
    • Setelah itu kita pilih tab Menu Customize
    • Lalu Munculah beberapa Pilihan
    • Bila kita ingin mengganti jenis template folder kita Klik list template di Menu Use This Folder Type as a Template
    • Lalu pilih type template kita seperti Type
      Document, Music Album, Video dan yang lainnya.

Setelah kita mengetahui apa saja fitur yang bisa di gunakan pada program folder. Pada kali ini kami akan membahas tentang salah satu fiturnya yaitu security folder. Hal ini berguna untuk melindungi folder dari akses pengguna lain. Adapun untuk melindungi folder di laptop kita ada beberapa cara yang bisa di gunakan. Yang akan kami jelaskan di bawah ini.

1.Menggunakan Software Folder Guard

Apa itu Folder Guard?
Folder Guard adalah software keamanan komputer yang bisa di gunakan untuk menyembunyikan folder dari akses pengguna lain, mengunci folder/file menggunakan password dan mengunci akses control panel dari pengguna lain.

Lalu fitur apa saja yang bisa di gunakan software Folder Guard.

Fitur Software Folder Guard

  1. Hide file and folder. Dengan fitur ini kita bisa menyembunyikan file dan folder agar tak bisa di lihat oleh orang lain
  2. Lock Folder With Password. Dengan fitur ini kita bisa mengunci folder kita menggunakan Password sehingga orang lain tak bisa membuka folder
  3. Disable Control Panel. Dengan fitur ini kita bisa membuat orang lain tak bisa melakukan pengaturan pada menu controlo panel di laptop kita sehingga pengaturan system di laptop kita aman
  4. Control Acces to External Drive. Dengan fitur ini kita bisa membatasi akses pada flashdisk kita sehingga orang lain tak bisa menyalin data penting yang ada di flashdisk kita

Setelah kita mengetahui fitur yang ada pada Software Folder Guard. Lalu bagaimana Cara mengunci Folder menggunakan Software Folder Guard?

Cara Mengunci Folder Menggunakan Software Folder Guard

  1. Download Software Folder Guard di situs resminya https://www.folder-guard.com
  2. Selesai di Download Instal Software Folder Guard
  3. Setelah Software Folder Guard selesai di instal. Masukan password pada kolom yang ada
  4. Kemudian bila kita ingin mengunci folder kita Klik Tombol Lock Folder With a Password
  5. Lalu pilih Menu Browse for Folder
  6. Kemudian kita cari folder yang ingin di beri Password
  7. Setelah ketemu foldernya kita Masukan Passwordnya
  8. Setelah itu klik Next dan Muncul beberapa Opsi Pilihan.
  9. Lalu kita Biarkan opsi pilihan terpilih secara Default (bawaan)
  10. Lalu Klik Finish
  11. Kemudian kita pilih Mode Proteksi agar folder terproteksi password yang kita buat
  12. Kemudian kita klik Protect
  13. Selesai. Kini folder kita telah terkunci password

Setelah Folder kita terkunci, oranglain pun tak bisa mengakses file yang ada di folder kita lagi. Untuk membuka file yang telah terkunci kita pilih Menu Unlock lalu masukan passwordnya kemudian kita tekan Enter dan pilih OK

2. Menggunakan Software Winrar

Selain itu kita bisa membuat password pada folder menggunakan Sotware yang pouler di gunakan yaitu Software Winrar. Caranya adalah seperti di bawah ini.

Cara Mengunci Folder Dengan Software Winrar

  1. Download Software Winrar disitus resminya https://www.win-rar.com
  2. Setelah itu kita instal Software Winrar
  3. Setelah Software Winrar terinstal Kita cari dan tentukan folder yang ingin di proteksi/kunci
  4. Setelah ketemu Klik kanan Folder tersebut dan Pilih Tambah Ke Arsip
  5. Kemudian muncul beberapa menu seperti Menu Umum, Lanjutan, Pilhan, Berkas dan lainnya
  6. Saat kita di menu Umum Arahkan kursor kita ke Opsi Pengarsipan Lalu kita Centang kotak ‘Buat Solid Arsip’, ‘Kunci Arsip’ dan ‘Hapus Berkas setelah pengarsipan’
  7. Setelah itu kita pindah dan klik ke tombol menu Lanjutan Lalu Arahkan ke Opsi Pilihan NTFS. Kemudian kita Centang kotak ‘Simpan keamanan berkas’ dan ‘Simpan berkas stream’
  8. Masih di Menu Lanjutan, Pada Opsi Sistem kita Centang kotak ‘Sembunyikan perngarsipan’
  9. Masih di Menu Lanjutan juga Kita Klik tombol Ubah Kata Sandi. Kemudian Kita Isi Passwordnya di kolom Kata Sandi yang tersedia. Dan ulangi tulis kata sandi di kolom Password Verifikasi yang ada di bawahnya
  10. Setelah itu kita Centang kotak ‘Enkripsi Nama Berkas dan Kosongkan kotak ‘Tampilkan Kata Sandi’
  11. Setelah selesai klik Ok dan Klik Ok lagi untuk menyelesaikan pengarsipan
  12. Selesai. Folder kita berubah icon menjadi Archive WinRar. Kini bila ada orang yang ingin membuka Folder Archive kita muncul layar perintah Masukan kata sandi. Bila password salah maka muncul pesan error dari jendela WinRar Diagnosa. Sedangkan bila Password benar kita langsung di arahkan ke file dan folder yang akan kita buka.

3. Perlindungan Folder Tanpa Software

Selain Menggunakan Software Kita juga bisa melakukan perlindungan folder tanpa software yakni menggunakan fitur bawan folder bernama Hidden. Adapun caranya kan kam jelaskan di bawah ini.

Cara Menyembunyikan Folder Tanpa Software

  1. Pertama-tama kita Pilih Folder yang ingin di sembunyikan
  2. Lalu Kita Klik kanan folder dan pilih Properties
  3. Setelah itu saat kita berada di menu General (Properties) Kita Centang kotak ‘Hidden’ dan kosongkan kotak ‘Read-Only’
  4. Lalu Otomatis Folder pun hilang di sembunyikan
  5. Namun bila folder belum hilang. Kita Klik Tombol Start pada Windows dan Pilih menu Control Panel
  6. Lalu Kita Pilih Folder Option
  7. Kemudian Munculah beberapa menu seperti General, View, File Type, Offline File. Kita Pilih Menu View
  8. Lalu Pada List (Daftar) Pilihan Advance Setting Kita Centang Kotak ‘Do not Show Hidden File And Folder’
  9. Selesai. Kini Folder Kita Pun sudah hilang dan di sembunyikan.
  10. Bila Kita ingin mengembalikan Folder agar muncul kembali Kita Centang kotak ‘Show Hidden File and Folders’

Demikianlah Penjelasan kami tentang apa itu Folder, Fitur folder dan Cara melindungi folder melalui software Folder Guard dan Winrar. Beserta cara menyembunyikan folder Tanpa Aplikasi.

Dengan melakukan cara di atas tentunya kini kita tak khawatir lagi bila Laptop kita di pinjam atau di gunakan oleh teman kita karena data yang ada di Laptop sudah terproteksi melalui password. Selain itu kita juga tak khawatir bila laptop kita sedang di reparasi di tukang service sehingga data yang ada tidak di salah gunakan oleh tukang service karena sudah di sembunyikan dan diberi password.

You may also like