4 Cara Cek Kuota Smartfren Paling Mudah

Smartfren merupakan salah satu produk dari perusahaan yang bergerak di bidang penyedia jasa layanan telekomunikasi berbasis teknologi CDMA yang bernama PT. Smartfren Telecom Tbk., awalnya Smartfren di kenal dengan nama Smart dan Fren, keduanya merupakan produk yang berbeda dan di produksi oleh perusahaan yang berbeda pula. (Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Jaringan GSM dan CDMA)

ads

Smart di produksi oleh PT. Smart Telecom Tbk., sedangkan Fren di produksi oleh PT. Mobile-8 Telecom Tbk., namun karena alasan krisis keuangan serta penurunan penjualan produk, pada akhir tahun 2011 PT. Mobile-8 Telecom Tbk. di akuisisi oleh Sinar Mas Group dengan menggunakan nama PT. Smartfren Telecom Tbk. (Baca juga : Perbedaan GSM dan CDMA)

Beragam paket internet menarik di tawarkan oleh operator yang satu ini, selain itu operator CDMA terkenal karena ‘biaya hidup’ nya yang hemat sehingga tak heran operator Smartfren menjadi salah satu favorit banyak pengguna dari berbagai kalangan, di tambah lagi mulai akhir tahun 2015 lalu Smartfren sudah mendukung teknologi 4G LTE Advanced atau yang dikenal sebagai 4.5G sehingga lengkaplah sudah alasan para pengguna (khususnya Saya) untuk menjadikan Smartfren sebagai salah satu layanan seluler favorit.

Baca juga :

1. Cara cek sisa kuota Smartfren via SMS

Cara pertama untuk cek sisa kuota Smartfren adalah melalui SMS, cara ini merupakan cara paling sederhana yang dapat Anda lakukan (menurut Saya), kelebihan dari cara yang satu ini adalah Anda tidak memerlukan koneksi Internet untuk mengecek sisa kuota yang Anda miliki, Anda juga tidak akan di kenakan biaya setiap kali mengirimkan SMS untuk mengecek sisa kuota, berikut adalah langkah – langkahnya:

  • Ketik “cek”, tanpa tanda kutip, penggunaan huruf kapital atau kecil tidak masalah.
  • Kemudian kirim ke nomor “995”, tanpa tanda kutip.
  • Anda akan menerima SMS balasan dari My Smartfren yang berisi informasi sisa kuota, informasi pemakaian kuota, dan informasi status paket yang Anda gunakan.

Cara ini memang sederhana, tidak memerlukan koneksi internet dan tidak pula di kenakan biaya SMS, namun Anda harus cukup puas dengan informasi yang di sajikan yang sangat terbatas, selain karena keterbatasan fitur (ingat SMS hanya mendukung pesan teks dengan jumlah karakter yang hanya sebatas 160 karakter per pesan termasuk spasi) juga karena layanan ini di sediakan khusus untuk pelanggan yang bermaksud mengecek sisa kuota saja (walaupun ada informasi tambahan berupa informasi pemakaian dan informasi status paket yang di gunakan).

Baca juga :

2. Cara cek sisa kuota Smartfren via panggilan telepon

Hampir sama dengan cara cek sisa kuota Smartfren via SMS, cara yang satu ini juga relatif sederhana dan tidak memerlukan koneksi Internet, Anda juga tidak akan di kenakan biaya panggilan setiap kali Anda mengecek sisa kuota Smartfren Anda, perbedaannya dengan cara cek sisa kuota Smartfren via SMS di atas adalah informasi yang di sajikan bukan berupa teks (tulisan) melainkan berupa respon suara sehingga Anda tidak perlu repot membacanya, cukup dengarkan saja, ikuti langkah – langkah berikut:

  • Tekan “*995” tanpa tanda kutip ada dial pad perangkat mobile Anda.
  • Tekan tombol dial / ok / yes untuk menghubungi nomor tersebut.
  • Dengarkan respon suara dari speaker perangkat mobile Anda, mesin penjawab akan memberi tahukan informasi mengenai sisa kuota, informasi pemakaian kuota, dan informasi status paket yang Anda gunakan.

Perlu di ketahui bahwa respon suara Anda (akan) dengarkan berasal dari mesin penjawab atau semacamnya, bukan di respon oleh orang / manusia (seperti customer service atau semacamnya) sehingga tidak akan interaktif, oleh karena itu Anda tidak perlu bertanya atau mengatakan apa – apa, cukup dengarkan saja informasi yang di sampaikan.

Baca juga :


3. Cara cek sisa kuota Smartfren via aplikasi mobile My Smartfren

Untuk Anda yang menggunakan perangkat mobile (smartphone) Smartfren, aplikasi My Smartfren akan secara default ter – install pada perangkat mobile tersebut, namun jika Anda menggunakan perangkat mobile lain selain Smartfren atau karena suatu alasan tidak terdapat aplikasi My Smartfren pada perangkat mobile Smartfren Anda, Anda dapat men – download nya secara gratis.

Cari dengan kata kunci “My Smartfren” pada kolom pencarian di Google Play (play.google.com) untuk Anda yang menggunakan smartphone dengan sistem operasi Android atau di App Store (appsto.re) untuk Anda yang menggunakan smartphone dengan sistem operasi iOS.

Setelah Anda men – download dan meng – install aplikasi My Smartfren pada smartphone Anda, buka aplikasi tersebut, saat pertama kali di jalankan Anda akan di arahkan untuk membuat User ID, ikuti saja langkah – langkahnya, setelah selesai aplikasi My Smartfren akan menampilkan informasi mengenai sisa kuota, informasi pemakaian kuota, informasi status paket yang Anda gunakan dan masih banyak lagi.

Cara ini merupakan cara cek sisa kuota Smartfren dengan informasi yang jauh lebih lengkap jika di bandingkan dengan dua cara sebelumnya (via SMS dan via panggilan telepon), namun Aplikasi My Smartfren membutuhkan akses Internet untuk dapat menampilkan informasi mengenai sisa kuota dan lain sebagainya.

Kelebihan dari cara ini selain informasi yang di sajikan jauh lebih lengkap juga banyak fitur menarik lainnya seperti beragam paket internet yang dapat Anda pilih serta beragam penawaran seperti promo, survey, dan chatting dengan bagian customer service Smartfren untuk informasi lain yang Anda butuhkan.

Baca juga :

4. Cara cek sisa kuota Smartfren via situs web resmi Smartfren

Jika Anda menggunakan kartu Smartfren pada modem USB stick atau Anda menggunakannya pada perangkat mobile CDMA dengan sistem operasi selain Android dan iOS, Anda tidak dapat meng – install aplikasi My Smartfren (setidaknya untuk saat ini), namun Anda tetap dapat mengakses beragam informasi lengkap mengenai sisa kuota, penggunaan kuota, status paket dan beragam penawaran serta beragam fitur menarik melalui situs web resmi Smartfren. (Baca juga : Fungsi Modem dan Jenis Jenis Modem)

Buka situs Smartfren

  • Buka situs web http://www.smartfren.com pada web browser di komputer Anda.
  • Pada navigation bar (navbar) di bagian kanan – atas terdapat tombol berwarna merah dengan tulisan “Login My Smartfren” (desain dapat berubah sewaktu – waktu).
  • Klik tombol tersebut.
  • Anda akan di arahkan ke URL https://my.smartfren.com
  • Atau agar lebih cepat Anda bisa langsung membuka situs web https://my.smartfren.com (tidak perlu membuka http://www.smartfren.com terlebih dulu)
  • Untuk Anda pelanggan layanan Smartfren yang sudah lama, Anda juga tetap dapat membuka situs web http://data.smartfren.com pada web browser di kompuer Anda, namun pada akhirnya Anda tetap akan di arahkan ke URL http://my.smartfren.com

Login, jika Anda sudah memiliki User ID dan Password

  • Silahkan masukkan User ID / Email dan Password pada kolom yang tersedia pada halaman web yang di tampilkan pada URL http://my.smartfren.com.
  • Saya sarankan untuk check “Simpan User ID” jika Anda login menggunakan perangkat komputer pribadi agar login selanjutnya lebih cepat, kemudian klik tombol login yang ada di bagian bawah kolom password.

Registrasi terlebih dahulu, jika Anda belum memiliki User ID dan Password

Terdapat sebuah link untuk menuju ke halaman registrasi jika Anda belum meiliki User ID dan Password untuk masuk ke situs web https://my.smartfren.com, link tersebut ada di bagian bawah form login dengan tulisan “Daftar”, klik link tersebut dan Anda akan di arahkan ke halaman yang berisi form registrasi. (Baca juga : Cara Melacak Orang dengan GPS)

Anda di haruskan mengisi beberapa informasi berikut:

  • Nomor smartfren, isi dengan nomor Smartfren yang Anda gunakan, jangan nomor Smartfren lain.
  • Nama, isi dengan nama lengkap Anda agar data pada server Smartfren valid.
  • Userid, isi dengan alamat E-Mail Anda, pastikan Anda masih memiliki akses ke E-Mail tersebut dengan baik.
  • Password, isi dengan karakter alfanumerik (huruf dan angka) dengan jumlah karakter minimal 6 dan maksimal 12 karakter.
  • Konfirmasi Password, isi dengan password yang sama dengan yang Anda masukkan ke kotak teks Password, ingat baik – baik password Anda.
  • Isi captcha challenge yang ada di bagian bawah, biasanya hanya pertanyaan biasa seperti “2 + 3 = “, cukup isi dengan “5”
  • Check option “Saya Setuju” lalu klik Lanjutkan.
  • Anda akan menerima SMS dari 888 yang berisi 6 digit nomor token, masukkan pada kotak teks “Kode Token” yang ada di halaman selanjutnya, kemudian klik Verifikasi Token.
  • Jika pendaftaran berhasil Anda akan mendapat notifikasi dan dapat menggunakan akun yang Anda daftarkan (E-Mail dan Password) untuk login ke https://my.smartfren.com.

Setelah Anda masuk ke halaman web My Smartfren, Anda dapat mengakses beragam informasi seputar nomor Smartfren Anda termasuk informasi mengenai sisa kuota dan lain sebagainya, namun tentunya untuk mengakses informasi tersebut perangkat komputer Anda harus terhubung ke Internet. (Baca juga : Software Untuk Melacak Lokasi Nomor Handphone)

Kelebihan dari cara ini sebenarnya sama dengan penggunaan aplikasi My Smartfren, yaitu selain informasi yang di sajikan jauh lebih lengkap juga banyak fitur menarik lainnya seperti beragam paket internet yang dapat Anda pilih serta beragam penawaran seperti promo, survey, dan chatting dengan bagian customer service Smartfren untuk informasi lain yang Anda butuhkan, kelebihan lain dari situs web https://my.smartfren.com adalah Anda tidak perlu menggunakan perangkat mobile dan men – download aplikasi My Smartfren untuk dapat mengakses informasi tersebut.

Baca juga :

Saya pikir cukup sekian pembahasan kita kali ini mengenai cara cek kuota Smartfren, semoga bermanfaat untuk Anda yang membutuhkan, dari beberapa cara cek kuota Smartfren yang kita bahas di atas ada baiknya Anda mencoba semuanya (jika memungkinkan) sehingga jika suatu saat Anda hendak mengecek kuota Smartfren Anda dapat melakukannya sesuai dengan kondisi dan kebutuhan, demikian dan terima kasih telah menyimak pembahasan ini, sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 29th, June 2017 / 04:56 Oleh :
Kategori : Telekomunikasi