Sponsors Link

6 Fungsi Photoshop Lightroom Bagi Pengguna

Adobe lightroom merupakan aplikasi design besutan Adobe, disamping aplikasi design besutan Adobe yang sudah populer penggunaanya seperti Adobe Photoshop (aplikasi editing photo), Adobe Premiere (editing movie), dan Adobe dreamweaver (editing website). Aplikasi adobe lightroom merupakan aplikasi design yang memang spesifik digunakan untuk retouch foto dan permainan tonal tonal gradiasi warna foto, walaupun memiliki kesamaan dengan photoshop tetapi sebenarnya ada perbedaan fungsi mendasar diantara keduanya.

ads

Adobe Photoshop digunakan untuk mengedit foto dan bisa digunakan untuk retouch foto, sedangkan adobe lightroom memang dikhususkan digunakan untuk retouch foto dan banyak variasi perubahan tonal warna atau color. Dengan demikian adobe lightroom lebih unggul dari sisi variasi dan komposisi tonal warna. Tetapi sebelum membahasa manfaat Adobe Lightroom, ada baiknya Kita ulas sedikit perbedaan mendsar antara Adobe Photoshop dan Adobe Lightroom.

Baca juga:

Perbedaan Adobe Photoshop dengan Adobe Lightroom

Lightroom merupkan software yang menjanjikan usernya aksesbilias untuk Software retouch foto, yaitu : membuka, mengedit, mengontrolm dn melalukan soft-retouching pad tonal foto yng edit. Ditambah dengan fitur Photo Manager layaknya Google Picasa dengan kemampuan indexing dan tagging tentunya. Sedangkan Photoshop adalah software penciptaan gambar dan memiliki toolbox ediing yang lebih baik dimn mampu melakukan mnipulasi foto pad tingkat pixel, dan menyediakan fitur layer yang membantu dalam menyusun gambar melalui berbagai elemen gambar terpisah.

Lightroom mampu membuka dan mengedit file mentah yang berasal dari format RAW (format file mentah dari Camera digitl) secara langsung, sedangkan Photoshop membutuhkan plug-in tambhan untuk melakukannya, seperti Adobe Camera RAW.

Meski demikian, perbandingan antara Lightroom dan Photoshop perlu dilihat dari konteksnya terlebih dahulu. Karena basis keduanya tentu berbeda. Lightroom lebih cocok digunkan untuk pemula dimana penggunannya tidak menuntut skill lebih dalam ketermpilan penggunan berbagai tool pixel-manipulation dan layer-organizing seperti brush, painter, selection-tool, dan Lain-lain. Sedangkan Photoshop dirancang untuk penggunaan intermediate ke expert pada bidang desain yang menuntut manipulasi foto lebih detail seperi desainer grafis, 3D, wallpaper, dan masih banyak lagi.

Baca juga :

Fungsi Adobe Lightroom

1. Melakukan Batch Editing

Adobe Photoshop didesain untuk bisa melakukan fungsi pengeditan massal foto (batch editing) dengan fitur yang disediakannya. Sehingga hal ini memudahkan Kita untuk bisa melakukan proses pengeditan terhadap banyak foto dengan hanya dengan sekali klik, dengan syarat bahwa komposisi dan variasi efek yang akan diterapkan memnang general, artinya menyeluruh untuk semua foto yang akan diproses. Hal ini dimungkinkan pada penggunaan Adobe Lightroom yang mana tidak tersedia secara optiml di adobe photoshop.


2. Tetheered Shooting (Penggambilan gambar Live)

Dengan menggunakan Adobe lightroom, kita bisa dengan mudah melakukan proses pengambikan foto dan mentransfer hasilnya ke Komputer untuk dilakukan proses editing, tentunya hal ini dilakukan dengan bantuan sebuah kabel data USB yang berfungsi untuk koneksi antara device Kamera dengan PC yang akan dilakukan pengeditan Photo. Hal ini tentunya merupakan sebuah manfaat yang efisien dan efektif dimana dengan tersambungnya kamera langsung ke PC, pengambilan foto yang dilakukan bisa ditransfer langsung untuk kemudian diolah di aplikasi adobe lightroom.

3. Aplikasi manajemen Foto

Salah satu Fungsi Photoshop Lightroom adalah melakukan manajemen foto, dengan adobe lightroom Kita bisa melakukan proses editing foto, memindahkan, menyalin, menempel, menghapus, mentagging, indexing dan mengorganisir semua foto koleksi Kita yang ada di PC langsung dari aplikasi Adobe lightroom. Jadi dapat dikatakan bahwa adobe lightroom merupakan sebuah aplikasi editing photo merangkap fitur seperti sebuah aplikasi file manage umumnya yang ada  di sistem operasi Windows.

Baca Juga :

4. Pengeditan foto beresolusi tinggi

Adobe lightroom didesain untuk melakukan pengeditan file RAW beresolusi tinggi. Karena itu file RAW berukuran besar yang umumnya berat untuk dibuka dengan aplikasi editing poto, adobe lightroom mampu membukanya dengan baik. Hal ini menjadi salah satu manfaat adobe lightroom dimana ia bisa digunakan untuk menangani file RAW beresolusi tinggi dan umumnya memiliki ukuran kapasitas file yang cukup besar.

5. Membuat Galeri Photo

Selain memikiki manfaat untuk editing photo, adobe lightroom juga bermanfat untuk membuat galeri photo online melalui fitur yang disediakan diaplikasinya. Kita tinggal menyesuaikan folder atau photo mana saja yang akan dijadikan album web online, dan adobe lightroom yang akan melakukannya untuk Kita.

6. Membersihkan objek foto

Foto yang dihasilkan lewat kamera perlu dilakukukan pembersihan dengan spot removal dan adjustment brush. Kedua komposisi tool tersebut tersedia dengan baikndi adobe lightroomnuntuk dioptimalkan penggunaanya pada pengeditan foto yang ada.

Bca Juga :

 Demikianlah ulasan dari artikel Fungsi Photoshop Lightroom ini. Semoga bisa memberi pengetahuan dan wawasan terhadap pembaca sekalian khusus nya para newbie tentang apa saja manfat dari aplikasi desain besutan Adobe ini. Tentu ada kelebihan dan Kekurangan diantara kedua platform desain yang sudh disebutkan. Akan tetapi itu semua kembali lagi pada kebutuhan desain yang diinginkan. Untuk pembuatan desain dengan detail tinggi untuk keperluan editing Foto-foto Sehari-hari dimana tidak ada kebutuhan yang tinggi untuk editing
Foto dengan banyak kesediaan vasiasi efek dan plugin, Adobe Photoshop tentu menjadi pilihan. Akan tetapi jika diinginkan pengeditan foto dengan berbagai variasi efek dan tonal warna serta kebutuhan akan kecepatan penggunan filter dan plugin, tentu Adobe Lightroom menjadi pilihan. Hal ini karena Adobe Lightroom menjanjinkan kemudahan editing dimana usenya dimanjakan dengan berbagai variasi efek warna dan tonal serta plugin siap pakai. Semua pilhan kembali lagi kepada Kita sebagai User.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 31st, August 2017 / 10:04 Oleh :
Kategori : Desain