Home » Kuliah IT » Desain » Lebih Bagus JPEG atau JPG? Ini Jawabannya

Lebih Bagus JPEG atau JPG? Ini Jawabannya

by Elang Hendy Subrata
by Elang Hendy Subrata

Sampai saat ini format gambar sangat banyak macam-macamnya. Penambahan gambar sangat penting sebagai menarik perhatian pengunjung. Tidak hanya itu saja, penggunaan gambar yang tepat memudahkan kita maupun pengunjung untuk mengetahui apa saja informasi yang ditawarkan. Dengan menggunakan gambar saja, umumnya sudah cukup menyampaikan informasi tanpa harus menggunakan banyak kata-kata.

Nah, begitu juga dengan pembuatan sebuah website, suatu gambar sangat mempengaruhi kualitas web tersebut. Apabila pemilihan gambar yang digunakan buruk, maka pengunjung pun tidak akan betah, begitu juga sebaliknya. Di sinilah peran format gambar sangatlah penting. Kira-kira format mana yang pas untuk website, Lebih Bagus JPEG atau JPG? Untuk mengetahuinya berikut pembahasannya.

  • Pengertian JPEG

JPEG atau singkatan dari Joint Photographic Expert Group adalah format gambar standar yang sering digunakan pada website. Saat Anda mencari gambar pada Google misalnya, maka Anda akan banyak menemukan gambar yang menggunakan format JPEG sebagai format standarnya. Format gambar ini mempunyai tipe Lossy. Artinya, Anda bisa melakukan kompresi gambar dengan berbagaia macam resolusi tanpa mengurangi kualitas gambar tersebut. Contohnya saja, Anda ingin melakukan kompresi gambar dari 100 persen menjadi 50 persen saja, maka resolusi gambar akan mengecil dibandingkan gambar aslinya. Meskiun begitu, kualitas gambar tidak mengalami perubahan yang berarti.

  • Keunggulan JPEG

Seperti yang sudah diutarakan di atas bahwa format gambar JPEG ini adalah format gambar paling standar yang digunakan pada website. Hal tersebut dikarenakan format gambar JPEG memiliki banyak kelebihan yang dapat membantu pengguna dalam memaksimalkan penggunaan gambar di dalam webiste.

Kelebihan yang pertama dari format JPEG ini adalah mebdukung warna yang sanagt banyak. Tercatat, format JPEG ini dapat mendukung hingga 16 juta warna. Hal tersebut membuat detil warna yang ditampilkan dapat lebih terlihat dengan jelas. Selain itu, format JPEG ini juga mendukung resolusi yang sangat besar, yakni ukuran 66635 x 65535 piksel. Dengan jumlah piksel yang sebesar itu, tidaklah mengherankan jika format ini banyak digunakan sebagai standar format gambar pada website.

Kelebihan kedua adalah format JPEG dapat digunakan pada segala jenis perangkat. Contohnya saja, format gambar JPEG ini dapat dibuka pada komputer yang menggunakan sistem operasi apapun seperti Windows, Macintosh, maupun Linux. Dapat dibuka pada smartphone yang menggunakan sistem operasi Android maupun IOS. Bahkan, kamera digital, MP4, DVD player pun juga dapat membuka format gambar JPEG dengan lancar. Bahkan tidak hanya dapat menampilkan saja, mesin cetak printer pun lebih mengenal format gambar JPEG dibandingkan format gambar lainnya. Dengan begitu, format gambar JPEG pada dasarnya dapat dibuka pada berbagai macam perangkat elektronik apapun. 

Kelebihan ketiga adalah format JPEG ini dapat mendukung profesi fotografi. Hal ini juga sudah dijelaskan pada bagian sebelumnya bahwa format gambar ini memiliki keunggulan dalam mendukung dunia fotografi yang memang sangat cocok dengan fungsi paa format ini. di dalam dunia fotografi, detail setiap gambar sangat penting agar gambar maupun foto dapat terlihat sesuai dengan fakta dilapangan. Oleh karena itu format JPEG lebih banyak digunakan.

Meskipun telihat sempurna sebagai format gambar, sayangnya format JPEG ini belum bisa mendukung sistem transparansi seperti yang sudah dilakukan pada jenis PNG. Jika kita menghilangkan backround pada gambar yang menggunakan format JPEG maka, hasilnya adlaah timbul backround putih dan bukan bakcground transparan.

  • Pengertian JPG

Perlu Anda ketahui bahwa JPG sendiri pada awalnya adalah format gambar yang hanya bisa dibaca oleh Sistem Operasi Windows. Hal tersebut dikarenakan Sistem Operasi Windows tidak dapat membaca format gambar JPEG. Sebab, Sistem Operasi Windows tidak dapat membaca ekstensi file yang berjumlahv empat huruf. Sistem operasi hanya dapat membaca file ekstensi yang menggunakan tiga huruf saja. Oleh sebab itu, file JPEG diubah menjadi JPG pada versi Windows.

  • Keunggulan JPG

Karena merupakan pengubahan file ekstensinya saja, maka format gambar JPG ini memiliki kelebihan yang tidak jauh berbeda dengan sistem File JPEG. Baim dari sisi kualitas, jenis kompresi tidak jauh berbeda.

Akan tetapi, ada perbedaan yang mungkin dirugikan pada file ekstensi jenis JPG ini. hal tersebut adalah format JPG tidak dapat dibaca pada beberapa perangkat. Contohnya saja Macintosh. File gambar yang menggunakan format JPG justru tidak dapat dibaca pada sistem operasi milik Apple tersebut karena Sistem Operasi Mac hanya dapat membaca file dengan ekstensi empat huruf.

Lebih Bagus JPEG atau JPG ?

Jika kita melihat lagi definisi serta keunggulan yang ditunjukkan, baik JPEG maupun JPG sebenarnya sama saja dan tidak memiliki perbedaan yang terlalu signifikan. Kalaupun masalah file JPG tidak terbaca pada sistem operasi Mac maupun perangkat lain, hal itu sudah bisa diselesaikan seiring dengan perkembangan zaman. Jika Anda masih penasaran mengenai JPG dan JPEG, Anda bisa lihat beberapa perbedaan JPG dan JPEG di berbagai sumber terpercaya. Anda juga dapat pelajari tentang cara mengubah JPEG ke PDF ataupun cara merubah file JPG ke PDF di Android dengan mudah. Semoga bisa memberikan manfaat.

You may also like