Home » Kuliah IT » Desain » Pengertian JPG – Fungsi dan Keunggulannya

Pengertian JPG – Fungsi dan Keunggulannya

by Elang Hendy Subrata

Format gambar pada komputer bermacam-macam. Mulai dari JPG sampai pada format Gif. Di antara semua format gambar yang beredar pada komputer maupun smartphone, format JPG menjadi format yang paling banyak digunakan. mungkin sampai sekarang Anda masih belum tahu apa itu JPG dan mengepa bisa menjadi format gambar paling populer. Untuk mengetahui jawabannya, berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai format gambar JPG ini.

Pengertian JPG

Sekitar tahun 1980-an, format gambar JPG lahir. Saat itu nama JPG masih menggunakan JPEG atau singkatan dari Joint Photographic Experts Group. Saat itu penerapa gambar yang menggunakan format JPEG baru bisa digunakan sekitar tahun 1996. Seiring dengan perkembangan teknologi membuat format gambar JPEG semakin di atas angin.

Meskipun saat itu, format JPEG dapat digunakan oleh siapapun, namun sebuah perusahaan yang bernama Forgent sempat mematenkan format gambar ini. Akibatnya, untuk dapat melakukan kompresi gambar menggunakan format JPEG dikenakan biaya lisensi yang cukup mahal saat itu.

Bagi orang-orang yang bergelut di bidang fotografi, format JPEG ini sangat berguna karena dapat menghasilkan gambar yang bekualtas tinggi dengan tingkat kompresi yang tinggi. Bahkan berkat kelebihannya ini, hampir banyak perusahaan menggunakan format ini sebagai standar file gambar maupun foto. Hal tersebut dikarenakan kompresi gambar menggunakan format JPEG sangatlah efisien serta dapat menyimpan gambar yang menggunakan warna true color atau menggunakan warna 24 bit.

Fungsi dan keuggulan JPG

1. Sebagai standar file gambar untuk halaman web

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwaformat gambar standar yang digunakan untuk halaman web adalah JPEG dan GIF. Format gambar tersebut pada dasarnya memang sangat pas untuk gambar-gambar yang melibatkan beberapa representasi gambar yang memiliki kualitas fotografi.

Jika digunakan sebagai gambar suatu web, maka JPEG dapat disimpan pada beberapa varian progresif dalam proses dekompresi. Proses tersebut dapat mengubah tampilan kasar gambar menjadi tampilan tertinggi tanpa mengurangi kualitasnya. Untuk video digital pun juga dapat disimpan ke dalam format JPEG. Nantinya format yang digunakan adalah standar M-JPEG atau singkatan dari Motion JPEG. Format gambar tersebut dapat didukung oleh banyak perangkat keras yang berjenis CODEC.

2. Dapat digunakan oleh semua program komputer

Salah satu keunngulan yang paling dirasakan dengan menggunakan format JPEG adalah dapat digunakan pada semua sistem operasi. Baik itu Sistem Operasi Windows maupun Sistem Operasi Macintosh, dapat membuka format gambar JPEG dengan baik. Selain itu, forat gambar ini juga dapat dibuka pada beberapa apliaksi lainnya seperti Microsoft Word, Excel, Power Point, dan jenis aplikasi lainnya.

Hal tersebut tidak terlepas dari sejarah penggunaan format JPEG untuk dunia desain grafis. Maka dari itu, tidak sedikit yang menggunakan format JPEG untuk hasil dari kreasi desain grafis. Selain itu beberapa alat-alat cetak seperti printer juga lebih mengenali format JPEG dibandingkan dengan format gambar lainnya. beberapa media sosial juga menggunakan format JPEG untuk penggunaan foto profil, pengiriman gambar, dan lain-lain. Dari sanalah kita sudah sangat akrab dengan format gambar berjenis JPEG.

3. Mendukung warna yang lebih banyak

Hal ini juga menjadi alasan format JPEG banyak digunakan oleh banyak orang sebagai standar gambar. JPEG dapat mendukung warna hingga 16 juta warna. Maka dari itu, kita tetap dapat melihat penampilan gambar fotografi yang tetap terlihat seperti aslinya meskipun kualitas gambar itu sendiri sedikit dikurangi. Selain mendukung warna yang banyak, format JPEG ini juga mendukung pembesaran gambar yang cukup detail. Ukuran gambar yang bisa dicapai dengan format JPEG ini adalah 66635 x 65535. Dengan ukuran gabar yang sebesar itu, snagatlah wajar jika format JPEG ini menjadi standar format file foto.

4. Sangat mendukung dunia fotografi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa dengan dukungan warna serta resolusi yang diberikan, membuat format JPEG ini menjadi standar untuk dunia fotografi. Hal ini memang sejalan dengan dunia fotografi yang sangat mementingkan detil setiap gambar sesuai dengan aslinya. Bahkan kamera digital yang digunakan saat ini pun juga mendukung file JPEG untuk standar foto.

Itulah pengertian JPG dari sejarahnya hingga fungsi dan keungguannya sampai sekarang. Dari sejarahnya yang panjang membuat kita menyadari bahwa format gambar ini telah melalui banyak sejarah serta proses yang panjang. Anda bisa mencoba beberapa referensi mengenai file JPG ini seperti perbedaan JPG dan JPEG pada format gambar, cara merubah JPEG ke PDF online dan offline, cara merubah file JPG ke PDF di Android semua versi, cara membuat vector art di Android dengan Aplikasi, dna masih banyak lagi. Apabila Anda ingin melakukan pengeditan pada gambar yang berformat JPG, Anda bisa menggunaka aplikasi photoshop, Corel, dan berbagai aplikasi edit foto lainnya. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk pembaca semua.

You may also like