3 Cara Merubah File JPG ke PDF di Android Semua Versi

Saat Anda sedang mengerjakan tugas kuliah atau kantor, pernahkah Anda diminta untuk mengirimkan sebuah gambar yang ada di HP Android dalam bentuk file PDF? Mengubah gambar dalam format jpg, png, atau bmp ke PDF memang bisa dilakukan secara online melalui Personal Computer (PC), tetapi hal tersebut tidak efisien jika Anda tidak punya koneksi internet. Beberapa solusi yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi yang berfungsi menjadikan Android memiliki fungsi seperti scanner, lalu mengubah hasil scannya ke dalam bentuk PDF.

ads

Ada beberapa cara merubah file JPG ke PDF di Android yang bisa Anda pilih. Nah, setelah kemarin kami memberikan informasi seputar cara memindahkan file PDF ke Word, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi seputar cara merubah file JPG ke PDF di Android. Anda bisa memilih mana cara yang terbaik berdasarkan kebutuhan Anda. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda pilih:

1. Convert JGP ke PDF Secara Online

Cara ini cocok bagi Anda yang memiliki paket data (yang masih banyak tentu saja) dan Anda tidak ingin menginstal aplikasi tambahan. Anda cukup mengunjungi halaman jpg2pdf.com, kemudian upload semua file gambar yang hendak dijadikan file PDF. Setelah selesai, unduh hasilnya. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi situs jpg2pdf.com dari HP atau tablet Android.
  2. Sentuh tombol Upload Files.
  3. Jika Anda hendak mengubah banyak file jpg sekaligus, upload semua gambar atau foto yang ada di Android Anda sampai selesai.
  4. Pilih tombol “Combined” dan download hasilnya.

2. Ubah Image Ke PDF Menggunakan Aplikasi PDF Reader Android

Jika kapasitas penyimpanan di perangkat Android Anda masih banyak, Anda bisa melakukan cara ini untuk mengubah JPG ke PDF, yaitu dengna menginstal aplikasi. Nah, salah satu aplikasi PDF Reader Android terbaik yang bisa Anda gunakan adalah Xodo Docs atau Xodo PDF Reader.

Sebenarnya, aplikasi ini tidak hanya tersedia untuk versi Android, tetapi juga tersedia untuk Windows Phone yang bisa kamu download langsung di Microsoft Store, sedangkan untuk pengguna OS Android tentu bisa langsung mendownload Xodo PDF Reader dari Google Play Store.

Aplikasi ini berfungsi sebagai pembaca file PDF di Android, layaknya Adobe Reader pada PC. Tetapi, aplikasi ini ternyata mempunyai kelebihan dibanding aplikasi PDF reader lainnya, yaitu dilengkapi dengan fitur untuk mengubah file gambar JPG menjadi file PDF. Bahkan pada aplikasi ini juga memiliki fitur untuk menggabungkan file PDF terpisah menjadi satu dengan mudah dan cepat. Berikut ini cara-caranya:


  1. Unduh aplikasi Xodo PDF Reader dari Google Play Store dan instal di perangkat Android Anda. Jika Anda belum mempunyai akun Google Play, simak artikel cara membuat akun Google Play Store yang pernah kami bahas di situs ini.
  2. Jalankan di perangkat Android Anda
  3. Setelah aplikasi terbuka, sentuh tombol tanda plus (+)
  4. Pilih “PDF From Image”
  5. Selanjutnya, pilih Gallery. Lalu, cari foto atau file gambar yang ingin disimpan sebagai PDF dari perangkat Android Anda
  6. Setelah file gambar dipilih, selanjutnya tentukan lokasi penyimpanan file pdf yang akan dihasilkan, lalu sentuh “Select”
  7. Setelah proses konversi selesai, file gambar tersebut selanjutnya akan terbuka namun sudah berubah menjadi format PDF.

Cukup mudah kan? Jika kita simpulkan, langkah-langkahnya cukup membuka aplikasi Xodo PDF Reader, lalu pilih tombol +, kemudian pilih “PDF from image”, cari file gambar yang ingin dijadikan PDF dari galeri HP, tentukan lokasi folder penyimpanan, dan selesai.

Setelah mencoba beberapa kali, mengubah file gambar jpg ke PDF di HP Android dengan aplikasi Xodo memang mudah. Kelebihan cara ini adalah Anda bisa melakukannya secara offline tanpa paket data. Namun kekurangannya, Anda tidak bisa langsung memberi nama atau menentukan nama file PDF yang akan dibuat. Contohnya, jika file foto Anda tadinya bernama “IMG_1020”, maka setelah diubah ke file PDF, namanya akan tetap “IMG_2020”. Hanya saja, jenis filenya sudah berubah. Tentu saja format filenya bukan lagi JPG, tetapi PDF.

3. Cara Merubah File JPG Menjadi PDF Menggunakan Aplikasi Scanner Android

Cara ketiga untuk mengubah file JPG menjadi PDF di Android adalah menggunakan aplikasi scanner untuk perangkat Android seperti Cam Scanner, Tiny Scan, dan aplikasi lainnya. Pada artikel ini, kami akan mencontohkan pengunaan aplikasi “Tiny Scan:PDF Document Scanner” untuk mengubah file JPG menjadi PDF. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Unduh dulu aplikasinya di Google Play Store. Jika Google Play Store Anda belum update, simak artikel cara update Google Play yang pernah kami bahas di situs ini.
  2. Instal aplikasinya di perangkat Android Anda, kemudian jalankan.
  3. Dari menu utama aplikasi, Anda bisa memilih untuk ambil foto langsung menggunakan kamera di perangkat Android Anda. Fitur ini berguna ketika Anda ingin mengubah bukti fisik berupa kertas menjadi file digital berupa file PDF. Contohnya, ketika meng-scan kwitansi menjadi pdf.
  4. Atau, Anda dapat memilih ikon image jika gambar yang ingin dikonversi sudah ada di galeri perangkat Android Anda.
  5. Selanjutnya, Anda bisa mengubah ukuran kertas atau melakukan crop pada hasil scan. Jika sudah, pilih tanda ceklis.
  6. Secara default, Tinyscan akan menyimpan file PDF dalam warna hitam putih. Jika Anda ingin menyimpan file hasil scan menjadi berwana, pilih icon image, lalu pilih lagi icon image yang berwarna. Setelah selesai, pilih tanda Ceklis.
  7. Terakhir, berikan nama file PDF yang akan dibuat.

Kelebihan menggunakan aplikasi Tiny Scan adalah kita bisa menentukan ukuran hasil scan, ataupun melakukan crop, sehingga hasil scannya nanti bisa lebih rapi. Terutama jika Anda melakukan scan dari kamera perangkat Android Anda. Selain itu. kita juga bisa menentukan sendiri nama file yang akan dibuat. Nah, kekurangan dari cara ini adalah langkahnya yang cukup panjang jika dibandingkan dengan cara pertama dan kedua.

Setelah Anda berhasil mengubah file gambar dalam format JPG ke file PDF, jangan lupa untuk menyimpannya. Lebih baik jika Anda menyimpan file PDF hasil konversi ke sistem penyimpanan cloud. Salah satu penyimpanan cloud yang populer adalah DropBox. Fungsi DropBox adalah sebagai tempat penyimpanan file-file berbasis sitem cloud, dimana Anda bisa melakukan backup atas file-file Anda di Dropbox ini.

Jika Anda perhatikan, saat ini hanya ada 2 metode utama untuk mengubah file JPEG ke PDF, yaitu metode offline dan online. Nah untuk cara offline kita akan membutuhkan software atau aplikasi tambahan yang bisa dijalankan di perangkat Android. Sedangkan, untuk cara online ada banyak pilihannya, selain situs jpg2pdf yang kami ulas di sini.


Nah, dari ketiga cara merubah file JPG ke PDF di atas, kita bisa menarik beberapa kesimpulan. Apa saja?

  1. Dari tiga cara merubah JPEG ke PDF di atas, pilihan paling tepat jika Anda ingin mengubah banyak file JPG sekaligus dan digabung menjadi satu file adalah secara online menggunakan situs jpg2pdf.
  2. Jika Anda membutuhkan aplikasi PDF Reader dengan fitur menarik, termasuk fitur untuk mengubah file JPG menjadi PDF, menggabung, memisahkan, mengunci, dan mengisi formulir PDF, maka pilihannya adalah aplikasi Xodo PDF Reader.
  3. Jika kamu sudah terlanjur nyaman dengan aplikasi PDF reader favorit Anda dan Anda jarang melakukan konversi gambar ke PDF, Anda bisa memilih cara menggunakan aplikasi Tiny Scan.
  4. Jika Anda ingin mengubah foto yang diambil pakai kamera hp dan langsung diubah menjadi file PDF, maka pilihannya adalah Xodo Docs atau Tiny Scan. Perbedaanya, Tiny Scan memiliki fitur yang lebih lengkap, dimana Anda bisa meng-crop atau potong dulu gambar sebelum disimpan menjadi PDF.

Sekian artikel kami kali ini seputar cara merubah file JPG ke PDF di Android. Semoga artikel kami ini dapat menjadi inspirasi Anda.

, ,
Oleh :