2 Cara Update Google Play Paling Mudah

Salah satu kelebihan dan kekurangan OS Android adalah terintegrasinya layanan penyedia aplikasi resmi dalam satu portal, yaitu Google Play Store. Google Play Store adalah pusat penyedia aplikasi Android resmi yang dikelola oleh Google Inc, selaku yang merilis juga OS Android. Seiring dengan rilisnya beberapa versi terbaru dari Android, seperti Nougat dan Oreo, Google Play Store juga mengalami penyesuaian dari segi konten. Dulu, Google Play Store hanya menyediakan berbagai aplikasi APK, sekarang Google Play Store juga menyediakan buku online, film, musik, dan majalah.

ads

Sering kali, beberapa Google Play Store tidak bisa dijalankan di smartphone Android karena versi Google Play Store yang dipakai sudah tidak up to date. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengupdate Google Play Store yang terinstal pada smartphone Android Anda.

Memang, mungkin Anda tidak akan merasakan efek dari updatenya Google Play Store pada smartphone Android Anda. Namun, lama-kelamaan, efek dari update Google Play Store akan terasa jika sistem operasi Android Anda mendapatkan update ke versi terbaru (contoh dari Marshmellow ke Nougat). Mengupdate Google Play Store juga merupakan salah satu cara mengatasi Play Store error.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai cara update Google Play. Langkah-langkah yang kami bahas pada artikel ini tidak hanya mengenai Google Play Store saja, tetapi juga untuk aplikasi Google Play lainnya, seperti Google Play Book, Google Play Music, dan lainnya. Ada dua metode yang bisa Anda pilih, yaitu update dari file APK atau update langsung dari aplikasi Google Play. Baiklah, berikut langkah-langkahnya:

Metode 1 : Update Google Play Store Dari File Apk

File APK adalah ekstensi aplikasi Android, seperti ekstensi .exe pada Windows, yang merupakan file utama dari aplikasi Android. File ini bisa diinstall secara offline, dapat dimodifikasi, dan dapat dibagikan ke teman sesama pengguna Android. Dengan file APK, Anda bisa mengupdate aplikasi Google Play Store dengan catatan file APK tersebut adalah aplikasi versi terbaru. Simak langkah-langkah dibawah ini.

  • Pertama, carilah aplikasi Google Play Store dengan format APK yang terbaru saat ini.

  • Download Google Play Store dengan format APK.

  • Setelah berhasil didownload, langsung saja install di smartphone Android anda. Secara otomatis Google Play Store di Android anda akan berubah sesuai dengan file APK yang sudah Anda download. Cara ini juga merupakan salah satu cara mengaktifkan Play Store termudah yang bisa dilakukan.

Keuntungan dari cara ini adalah, Anda tidak akan kesel sendiri dengan loading Google Play Store yang lama saat proses update berlangsung.

Metode 2 : Update Langsung Dari Google Play Store

Update langsung dari Google Play Store merupakan cara update Google Play yang paling cepat, karena lebih mudah dan lebih aman. Tetapi, sebelum mengupdate langsung dari Google Play Store, pastikan koneksi internet yang Anda gunakan lancar tanpa gangguan. Hal tersebut agat Anda tidak kesel sendiri saat proses loading update Google Play Store. Selain itu, pastikan Anda telah melakukan cara-cara mendaftar akun Google, karena proses update ini mengharuskan Anda untuk mempunyai akun Google. Berikut langkah-langkahnya:

  • Yang jelas, pastikan Anda membuka Google Play Store pada smartphone Android Anda. Bingung nyarinya? Cari saja di app drawer pada smartphone Android Anda. Biasanya, Google Play Store selalu berada di tampilan utama dari smartphone Anda, karena aplikasi ini adalah aplikasi bawaan dari Android.

  • Setelah itu, layar smartphone Android Anda akan menampilkan aplikasi Google Play Store. Tunggu hingga aplikasi selesai dimuat. Kemudian, pilih ikon setting di kiri atas, lalu pilih menu Settings.Cara-Update-Otomatis-Google-Play-Store-Tanpa-Download-APK-1
  • Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke halaman Settings. Halaman ini memuat beberapa pengaturan pada Google Play Store yang terinstal di smartphone Android Anda. Selain pengaturan, halaman ini juga memuat versi Google Play yang sedang Anda gunakan. Nah, untuk melihat versi tersebut, scroll sampai bagian paling bawah, lalu pilih tab Play Store Version.

Cara-Update-Otomatis-Google-Play-Store-Tanpa-Download-APK-2

  • Jika ada versi terbaru dari Google Play Store yang terinstal pada perangkat Android Anda, maka akan muncul jendela baru untuk meminta izin Anda agar perangkat Anda mendownload dan menginstal versi baru tersebut seperti ini:

Cara-Update-Otomatis-Google-Play-Store-Tanpa-Download-APK-3

  • Tetapi jika tidak ada versi terbaru karena memang aplikasi Google Play Store yang Anda gunakan sudah up to date, maka akan muncul jendela seperti ini:

Cara-Update-Otomatis-Google-Play-Store-Tanpa-Download-APK-4

Ketika Anda mendownload Google Play Store versi terbaru langsung dari aplikasinya, Anda cukup menunggu saja hingga proses download selesai. Setelah selesai, Anda akan mendapatkan Google Play Store versi terbaru tanpa harus mendownload file APK.

Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, berikut kelebihan dan kekurangan jika Anda melakukan metode pertama:

  • Proses update lebih cepat karena tidak perlu menggunakan koneksi internet, karena proses update dilakukan secara offline
  • Proses update akan tetap dilakukan, meskipun kapasitas penyimpanan pada smartphone Anda nyaris penuh.
  • Menginstal aplikasi di luar layanan yang diberikan Google rawan dengan masuknya ancaman aplikasi palsu yang kemungkinan bisa melakukan kejahatan terhadap smartphone Android Anda, mulai dari phising, pencurian data, hingga diinstalnya aplikasi di background tanpa sepengetahuan Anda
  • Belum tentu aplikasi Google Play Store yang didownload cocok dengan smartphone Android Anda.

Sementara itu, Anda juga bisa mempertimbangkan beberapa kelebihan dan kekurangan jika Anda melakukan metode kedua:

  • Proses update menggunakan jalur resmi karena menggunakan layanan update dari Google. Sehingga ancaman dari aplikasi palsu bisa dihindari dan Anda sekaligus mendapat jaminan keamanan aplikasi dari Google
  • Update dari aplikasi Google Play Store akan menyesuaikan dengan yang terinstal pada smartphone Anda. Sehingga, Anda tidak perlu pusing-pusing memilih versi Google Play Store yang cocok untuk smartphone Android Anda.
  • Jika kapasitas penyimpanan pada smartphone Android Anda nyaris penuh, proses update akan otomatis batal. Begitupun jika Anda menginstal aplikasi biasa dari Google Play Store.
  • Karena proses update dilakukan secara online, maka lama tidaknya proses update Google Play Store tergantung dari seberapa lancar koneksi internet yang Anda gunakan. Oleh karena itu, kami rekomendasikan untuk melakukan proses update Google Play Store menggunakan koneksi wireless (wi-fi) agar kecepatannya stabil dan tidak memakan kuota internet Anda.

Oh iya, baik menggunakan metode pertama atau kedua, keduanya bukan sama sekali salah satu cara logout Play Store di Android Anda, karena yang Anda lakukan hanyalah update aplikasi saja.

Untuk melakukan proses update Google Play Store, Anda harus memperhatikan beberapa hal sebagai berikut, diantaranya:

  • Pastikan kapasitas penyimpanan pada smartphone Android Anda tidak penuh, baik jika Anda melakukan metode pertama atau kedua. Jika kapasitas penyimpanan smartphone nyaris penuh, maka smartphone Anda akan berjalan lambat.
  • Pastikan Anda menggunakan koneksi internet yang kecepatannya stabil, baik untuk mendownload file APK-nya Google Play Store dari internet, ataupun ketika mengupdate langsung dari aplikasi Google Play Store.
  • Direkomendasikan untuk menggunakan jaringan internet tanpa kabel (wi-fi) agar tidak memakan kuota internet Anda. Namun, jika di sekitar tempat Anda tinggal tidak terdapat wi-fi hotspot, pastikan Anda memiliki kuota internet yang cukup. Minimal, Anda memiliki kuota yang masih tersisa banyak jika mendownload aplikasi sebesar 20 MB (aplikasi dan update Google Play Store berukuran kurang lebih 20 sampai 23 MB)

Setelah Anda mengupdate Google Play Store dan Anda adalah pengguna baru, maka lakukan beberapa cara membuat akun Google Play Store baru.

Demikian artikel kami kali ini mengenai cara update Google Play Store. Semoga artikel kami kali ini dapat membantu Anda dalam mengupdate aplikasi Google Play Store pada smartphone Android Anda.

Sumber gambar: Jalantikus.com dan dokumentasi pribadi

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 06th, December 2017 / 21:40 Oleh :
Kategori : Andoid