4 Cara Merubah IP Android agar Bisa Bebas Akses

Android merupakan perangkat mobile populer yang digunakan oleh masyarakat saat ini. Dengan Android, masyarakat kini bisa menjangkau internet dengan lebih mudah. Hal tersebut terbukti dalam jumlah pengguna Android saat ini yang lebih banyak ketimbang perangkat mobile lainnya.

ads

Nah, seperti halnya mengakses internet di komputer atau laptop, perangkat Android pasti membutuhkan sebuah IP Address agar bisa mengakses internet. Yup, IP Address ini bisa didapatkan secara otomatis ketika pengguna terhubung dengan sebuah jaringan wireless yang ada di sekitarnya, baik jaringan operator seluler, ataupun jaringan wi-fi. Fungsi IP Address ini sendiri adalah sebagai alamat destinasi data dalam transmisi antara perangkat Anda dengan server website yang Anda kunjungi.

Namun, karena pengaturan IP Address ini dilakukan secara otomatis, kita tidak bisa mengatur IP Address semau kita. Bisa jadi, IP Address yang kita dapatkan adalah IP Address “khusus” yang memiliki beberapa pengaturan tertentu. Misalnya, pembatasan akses ke website tertentu, bandwidth yang dikurangi, ataupun diblokir oleh server. Nah, melihat hal tersebut, ternyata mengatur IP Address secara manual di Android masih diperlukan. Tetapi, caranya gimana?

Tenang saja, karena pada artikel kali ini, kami akan memberikan informasi seputar cara merubah IP Android secara manual. Daripada penasaran, yuk simak informasinya di bawah ini:

1. Hotspot Shield VPN for Android

Cara pertama kali ini adalah menggunakan aplikasi VPN atau Virtual Private Network. Yup, VPN adalah sebuah jaringan privat yang menggunakan jaringan internet publik agar membaur dengan koneksi lainnya. Untuk keamanan jalurnya, jaringan ini dilindungi oleh protokol tertentu yang hanya bisa dijalankan di port tertentu.

Untuk bisa menikmati VPN di perangkat Android, Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi VPN yang ada di Google Play Store. Salah satunya adalah aplikasi “Hotspot Shield VPN for Android”. Lalu, seperti apa cara menggunakan aplikasi ini di perangkat Android Anda, berikut ini cara-caranya:

  • Download dan instal terlebih dulu aplikasi “Hotspot Shield VPN Proxy Free” di Google Play Store
  • Lalu, buka aplikasi tersebut dan pilih “Yes, protect my connection!”
  • Selanjutnya, Anda akan melihat pop up permission dari Hotspot Shield VPN Proxy Free untuk meminta izin atas akses jaringan internet Anda. Centang pada “I trust this application”, lalu tap OK.
  • Selanjutnya, Hotspot Shield VPN Proxy Free akan secara otomatis mengatur semua konfigurasi jaringan internet dan juga mengubah alamat IP di perangkat Android Anda. Jika proses sudah selesai, maka akan muncul pesan. Lalu, tap “I got it”.
  • Coba Anda buka situs yang sebelumnya tidak bisa diakses di perangkat Android Anda. Jika bisa terbuka, berarti Anda telah berhasil membuka website yang tadinya tidak dapat dibuka karena diblokir.

2. Turbo VPN

Selain aplikasi yang telah dibahas di atas, ada aplikasi lain yang menggunakan VPN sebagai cara merubah IP Android Anda, yaitu aplikasi Turbo VPN. Tentu saja, cara ini juga tidak jauh berbeda dengan cara yang pertama, dan fungsinya juga sama-sama untuk mengubah IP Address di perangkat Android Anda. Berikut ini cara-caranya:

  • Download terlebih dahulu aplikasi Turbo VPN di Google Play Store. Kemudian, instal aplikasi tersebut di perangkat Android Anda.
  • Setelah proses instalasi selesai, selanjutnya buka aplikasi tersebut di perangkat Android Anda. (Ya iyalah, masa di perangkat Android orang lain sih hehehe)
  • Tap pada ikon wortel untuk memulai proses scanning. Pastikan perangkat Android Anda telah terhubung dengan internet saat hendak memulai proses ini.
  • Kemudian, Turbo VPN akan meminta permission melalui pop up window untuk memantau lalu lintas jaringan internet Anda. Untuk mengizinkan, tap OK.
  • Lalu, aplikasi ini akan mulai melakukan proses scanning. Tunggu beberapa saat.
  • Jika proses scanning sudah selesai, maka Anda akan terhubung dengan internet menggunakan alamat IP yang berbeda.
  • Jika Anda ingin mengubah alamat IP, Anda dapat menyentuh ikon bendera yang berada di sudut kanan atas layar perangkat Android Anda. Lalu, Anda dapat memilih ikon bendera negara yang sesuai dengan keinginan Anda.
  • Apabila Anda sudah memilih negara sesuai keinginan, selanjutnya Anda dapat kembali mengakses situs yang sebelumnya diblokir.
  • Jika kamu ingin mengembalikan alamat IP perangkat Android Anda seperti sedia kala, caranya pilih tanda X, lalu Disconnect.

3. FlyVPN

Sama seperti kedua aplikasi yang telah dijelaskan di atas, FlyVPN akan mengubah alamat IP pada perangkat Android Anda menggunakan pengaturan jaringan VPN. Berikut ini cara menggunakan aplikasi ini:

  • Download aplikasi FlyVPN di Google Play Store. Setelah didownload, instal aplikasi tersebut.
  • Buka aplikasi FlyVPN.
  • Pilih “Please choose a VPN server” untuk memilih server negara mana yang akan digunakan sebagai VPN di perangkat Android Anda.
  • Pilihlah server atau alamat yang akan Anda pilih sebagai lokasi dari alamat IP di perangkat Android Anda. Jika Anda sudah menemukan server yang diinginkan, pilih server tersebut.
  • Selanjutnya, tampilan akan kembali ke menu awal. Bedanya, server sudah terisi oleh salah satu negara yang sudah Anda pilih. Untuk mulai terhubung dengan VPN, sentuh tombol power di aplikasi.
  • Selanjutnya akan ada pop up atau pemberitahuan yang berisi peringatan. Tujuannya untuk meminta izin Anda agar aplikasi FlyVPN untuk memantau koneksi internet Anda. Centang “Saya percaya aplikasi ini” lalu pilih OK.
  • Tunggu proses untuk menghubungkan perangkat Android Anda dengan server yang telah dipilih. Jika sudah ada gambar kunci di samping indikator sinyal, maka itu tandanya, Anda sudah berhasil terkoneksi dengan jaringan VPN.

Sebagai catatan, ketiga cara di atas hanya bersifat sementara. Maksudnya, alamat IP yang Anda dapatkan dari ketiga aplikasi tersebut hanya bersifat sementara. Jika Anda memutuskan koneksi atau mematikan aplikasi ini, maka alamat IP di perangkat Android Anda akan kembali seperti semula.

4. Setting Manual

Jika ketiga cara merubah IP Android di atas lebih mengutamakan penggunaan jaringan VPN, cara kali ini Anda akan sedikit mengubah konfigurasi DNS. Dan cara ini diperuntukkan jika Anda menggunakan koneksi wi-fi pada perangkat Android Anda.

Apa itu DNS? DNS adalah sebuah sistem yang menerjemahkan alamat IP menjadi alamat situs yang mudah dikenal oleh orang. Contoh, alamat IP server sebuah website adalah 182.166.33.4. Dengan DNS, alamat IP tersebut bisa diakses jika Anda mengetikkan alamat “www.dosenit.com” di browser perangkat Anda. Jadi, fungsi DNS ini adalah jembatan bagi perangkat jaringan dengan manusia selaku pengguna.

Lalu, bagaimana cara mengubah konfigurasi alamat IP di perangkat Android yang terhubung jaringan wi-fi? Berikut ini langkah-langkahnya:

Pertama-tama buka pengaturan di perangkat Android Anda. Lalu, pilih “WiFi” (aktifkan jika belum). Sentuh agak lama pada SSID atau nama jaringan yang ingin diubah, lalu pilih “Modify network config”.

Bisa dibilang, kali ini Anda akan melakukan cara mengubah IP Address dynamic menjadi static, tapi dilakukan di Android. Jadi, sama halnya ketika mengatur konfigurasi IP Address di Windows, ubahlah pengaturan alamat IP-nya seperti di bawah ini:

Proxy : None
IP Address : sesuaikan dengan jaringan yang Anda gunakan.
Gateway : sesuaikan dengan jaringan Anda
DNS 1 & DNS 2 : 8.8.8.8 / 8.8.8.4 (DNS Google)

Jika sudah, simpan pengaturan tersebut.


Hal yang harus Anda perhatikan, untuk pengisian alamat IP, silahkan sesuaikan dengan jaringan wifi di tempat anda. Contohnya, alamat IP pada laptop Anda adalah 192.168.33.1. Maka untuk Android, Anda bisa mengaturanya menjadi 192.168.53.YYY (ganti YYY dengan angka selain yang ada di alamat IP laptop dan IP lain jika ada perangkat lain yang terhubung lebih dari satu).

Lalu, untuk pengaturan gateway, sesuaikan dengan alamat IP server wifi. Cara mengetahui gateway wifi di Android, bisa Anda perhatikan dari contoh sebelumnya. Dari contoh tersebut, alamat IP server adalah alamat IP laptop (192.168.33.1). Cara cek IP address di Command Prompt adalah dengan perintah ifconfig.

Patut diingat, bahwa semua cara yang telah kami bahas di atas belum tentu dapat mengatasi semua masalah Android yang tidak bisa konek ke hotspot laptop atau tidak bisa mengakses internet. Untuk menentukan alamat IP yang digunakan, Anda bisa tanyakan pada admin jaringan di tempat anda. Atau jika Anda hendak membuat hotspot sendiri di laptop, Ada bisa mengeceknya dengan cara mengetik “ipconfig /all” di Command Prompt (CMD).

Sekian artikel kami seputar cara merubah IP android. Semoga cara kami dapat bermanfaat bagi Anda semua yang memiliki perangkat Android.

, ,
Oleh :
Kategori : Andoid