5 Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Baru Dinyalakan Paling Ampuh

Laptop adalah salah satu barang yang sangat berharga bagi kebanyakan orang. Dari orang dewasa, sampai remaja, saat ini telah menggunakan laptop sebagai salah satu barang sehari-hari yang sangat penting untuk kegiatan mereka sehari-hari. Berbagai pekerjaan dapat dilakukan dengan laptop, ditambah dengan kemudahannya dibawa kemana-mana, membuat laptop menjadi salah satu perangkat yang mustahil untuk dipisahkan dari kehidupan sebagian besar orang dewasa ini.

ads

Apabila laptopmu mengalami hang saat baru dinyalakan, dan hal itu sering sekali terjadi, tentu akan sangat menyebalkan sekaligus dapat menghambat pekerjaan yang harus kamu lakukan. Baik kamu sudah bekerja atau masih berada dalam masa pembelajaran, tentu saja kamu harus mampu mengatasi masalah-masalah ang mungkin akan menimpa laptopmu. Oleh karena itulah, kamu pun harus mengetahui bagaimana cara mengatasi laptop hang saat baru dinyalakan. Dengan mengetahui hal tersebut, pasti kamu mampu mengurangi biaya servis sekaligus mendapatkan wawasan baru yang lebih matang tentang laptopmu dan bagaimana cara untuk merawatnya.

Oleh karena itulah, dalam artikel berikut ini akan kita bahas beberapa cara mengatasi laptop hang saat baru dinyalakan yang bisa kamu lakukan secara mandiri ataupun dengan bantuan beberapa orang seperti adik atau kakakmu untuk membantu membongkar atau mengatasi kerusakan yang dialami oleh laptopmu. Pada dasaranya cara untuk mengatasi laptop hang ini tidak berbeda dengan cara mengatasi laptop error loading operating system atau cara mengatasi laptop restart terus menerus Windows 10, atau bisa juga cara mengatasi laptop mentok di logo. Beberapa cara mengatasi laptop hang saat baru dinyalakan tersebut, antara lain adalah sebagai berikut.

1. Masuk ke safe mode

Apabila sistem operasi yang kamu gunakan di dalam laptopmu adalah sistem operasi Windows, maka salah satu cara untuk mengatasi laptop yang hang ketika baru dinyalakan adalah dengan masuk ke dalam safe mode. Safe mode adalah sebuah opsi menyalakan sistem operasi hanya dengan menggunakan driver dan aplikasi-aplikasi khusus yang dapat kamu gunakan untuk merestorasi atau mengembalikan Windowsmu ke dalam keadaan yang baik. Memasuki safe mode, kadang kala dapat menjadi solusi yang tepat bagimu yang ingin menyelesaikan masalah laptop hang saat baru dinyalakan, khususnya yang disebabkan karena driver yang tidak cocok atau adanya kerusakan pada file Windows yang perlu diperbaiki dengan cara menggantinya dengan file baru.

2. Menguninstall driver yang tidak cocok

Driver yang tidak cocok dengan jenis sistem operasi dan juga perangkat keras yang terinstall di dalam laptopmu dapat menyebabkan masalah hang saat baru dinyalakan. Oleh karena itu, apabila laptopmu hang saat baru dinyalakan disebabkan karena adanya driver yang tidak cocok, maka cara untuk mengatasinya adalah dengan jalan menguninstall driver yang tidak cocok tersebut dari laptopmu. Salah satu hal yang perlu kamu lakukan untuk menghindari masalah ini adalah mengetahui bit laptop yang sesuai dengan driver yang akan kamu instal, atau dengan kata lain mengetahui cara mengetahui bit laptop atau komputer yang benar.


Untuk menemukan driver yang tidak cocok, caranya antara lain adalah dengan melihat pada Device Manager, perangkat apa saja yang terdapat tanda pentung atau tanda silang atau tanda khusus lainnya yang mengisyaratkan bahwa driver yang terinstall tidak cocok atau bahkan tidak ada driver yang terinstall untuk perangkat keras tersebut. Kamu juga bisa mengingat-ingat kira-kira driver apa saja yang kamu install sebelumnya sehingga menyebabkan laptopmu mengalami hang saat baru dinyalakan. Menguninstall driver yang tidak cocok adalah salah satu cara mengatasi laptop hang saat baru dinyalakan yang bisa kamu coba.

3. Menginstall ulang sistem operasi

Apabila laptopmu hang saat baru dinyalakan, dan muncul pesan-pesan error yang pada intinya menunjukkan bahwa Windowsmu mengalami kerusakan karena beberapa file Windows mengalami corrupt dan semacamnya, maka hal tersebut menunjukkan bahwa kamu harus melakukan perbaikan pada file Windows yang rusak tersebut agar Windowsmu bisa berjalan kembali dengan normal.

Masalahnya, tidak jarang restorasi tersebut tidak dapat dilakukan dengan baik, sekalipun berhasil, masih belum bisa mengatasi masalah Windows yang hang saat baru dinyalakan. Oleh karena itulah, cara yang perlu kamu lakukan untuk memperbaiki laptop yang hang saat baru dinyalakan dengan sistem operasi Windows adalah dengan cara melakukan install ulang. Walaupun install ulang cukup lama dan mungkin terkesan ribet, akan tetapi hal tersebut adalah sesuatu yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah laptop yang hang saat baru dinyalakan.

4. Mengganti RAM

RAM atau Random Access Memory adalah salah satu perangkat keras yang dibutuhkan laptopmu agar bisa bekerja dengan maksimal. Kerusakan pada RAM, akan membuat kerja sistem laptopmu menjadi terhambat. Bahkan RAM yang rusak akan membawa banyak masalah, seperti laptop yang sering error, komputer sering hang, dan lain sebagainya. Oleh karena itulah, apabila laptopmu sering hang saat baru dinyalakan, salah satu hal yang mungkin terjadi pada saat itu adalah karena adanya bagian RAM yang mengalami kerusakan, dan ketika diakses atau digunakan oleh prosesormu tidak dapat berjalan dengan baik, sehingga terjadi hang.

Apabila telah pasti bahwa komputermu mengalami kerusakan pada bagian RAMnya, maka hal yang perlu kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan cara mengganti RAM yang terpasang pada laptopmu. Kamu tidak perlu khawatir, karena mengganti atau memasang RAM relatif mudah, sementara harga RAM dewasa ini juga relatif semakin murah. Kamu bisa mempelajarinya sendiri dari berbagai tutorial yang terdapat di internet sesuai dengan jenis laptop yang kamu miliki. Dengan mengganti RAM, maka laptopmu yang hang saat baru dinyalakan, apabila benar-benar disebabkan karena masalah RAM yang mengalami kerusakan, sudah pasti akan mampu berjalan dengan lancar sebagaimana yang kamu harapkan.

5. Mengganti penyimpanan atau storage (HDD/SSD)

Selain masalah RAM, laptop yang sering mengalami error juga dapat disebabkan karena adanya masalah pada penyimpanan data yang dimiliki oleh laptopmu. Penyimpanan data yang dimaksud adalah merujuk pada media penyimpanan berupa hardisk atau SSD yang dewasa ini lazim dipakai pada laptop, termasuk salah satunya mungkin adalah laptopmu. Permasalahan pada salah satu bagian hardisk atau SSD dapat mengakibatkan masalah pada pembacaan data, sehingga pada titik tertentu, masalah tersebut sampai mengakibatkan laptopmu mengalami hang ketika baru dinyalakan.

Untuk memeriksa kesehatan HDD atau SSD yang kamu miliki, kamu bisa menggunakan berbagai macam aplikasi yang tersedia di internet dan dapat kamu unduh kapan saja lalu menggunakannya untuk melihat apakah HDD atau SSDmu mengalami kerusakn atau tidak. Apabila sudah pasti bahwa HDD atau SSDmu mengalami kerusakan, maka hal yang perlu kamu lakukan berikutnya tentu saja adalah menggantinya dengan perangkat penyimpanan yang baru sehingga kamu dapat mengatasi laptopmu yang hang saat baru dinyalakan.

Itulah beberapa cara mengatasi laptop hang saat baru dinyalakan yang bisa kamu lakukan secara mandiri. Tetapi ingatlah apabila yang rusak adalah motherboard, maka kamu harus memperbaikinya dengan cara memperbaiki motherboard laptop yang mati total atau cara memperbaiki motherboard komputer. Dengan menggunakan beberapa cara di atas, maka masalah laptopmu yang hang saat baru dinyalakan tersebut pasti dapat teratasi dengan baik. Selamat memperbaiki laptopmu!

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 31st, October 2017 / 21:19 Oleh :
Kategori : Troubleshooting