5 Cara Memperbaiki Laptop Tidak Ada Suara Paling Ampuh

Sekarang ini, laptop telah menjadi salah satu perangkat gadget atau gawai yang telah dimiliki oleh hampir sebagian besar orang di Indonesia sekalipun. Perangkat yang satu ini memang cenderung dapat dijangkau, karena tersedia berbagai macam variasi produk laptop yang dapat dibeli hanya dengan uang sebesar kurang lebih sekitar dua sampai dengan tiga juta saja. Tentunya dengan fitur-fitur yang terbatas. Apabila para pengguna menginginkan fitur yang lebih baik, tentu saja mereka juga harus rela untuk merogoh kocek yang lebih dalam lagi.

ads

Salah satu masalah yang memungkinkan muncul pada laptop adalah tidak adanya suara pada laptop. Oleh karena itulah, bagi kamu yang memiliki laptop, kamu juga perlu mengetahui cara memperbaiki laptop tidak ada suara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi atau menyelesaikan masalah laptopmu ketika laptopmu suaranya tidak keluar. Ada banyak tips troubleshooting yang perlu kamu kuasai, mulai dari cara mengatasi laptop error loading operating system, cara mengatasi laptop restart terus menerus Windows 10, cara mengatasi laptop mentok di logo, cara mengatasi hilangnya display, dan lain sebagainya.

Mengatasi Masalah Suara Laptop

Mengetahui cara memperbaiki laptop tidak ada suara ini cukup penting karena suara kadang kala menjadi salah satu hal utama yang kamu perlukan. Ketika menonton film, bekerja mengedit film, atau sekedar mendengarkan musik, tentu saja kamu harus mampu mendengar suara yang dikeluarkan oleh laptopmu bukan? Laptop yang tidak mampu mengeluarkan suara apapun tentu tidak akan nyaman digunakan, utamanya apabila kamu sering bekerja dengan memanfaatkan atau menggunakan laptop sembari mendengarkan musik-musik tertentu.

Lantas bagaimana cara untuk memperbaiki laptop tidak ada suara tersebut? Berikut ini kami rangkum beberapa cara memperbaiki laptop tidak ada suara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah laptopmu yang tidak mengeluarkan suara ketika kamu membutuhkannya.

1. Mengganti soundcard atau kartu suara yang dimiliki oleh laptopmu

Suara yang harusnya dikeluarkan oleh komputermu melalui aplikasi-aplikasi tertentu, pada segi fisiknya dikelola oleh perangkat keras yang biasanya disebut dengan istilah soundcard. Soundcard ini menerima instruksi dari prosesor atau pada prinsipnya dari aplikasi komputermu untuk mengeluarkan sebuah suara dengan bunyi tertentu, yang didasarkan pada kode bit tertentu. Dengan kata lain, perangkat ini bertugas untuk mengonversi input data digital menjadi sebuah keluaran suara yang akan dikeluarkan melalui speaker. Ketika perangkat kartu suara ini rusak, tentu saja suara yang harus diproses oleh speaker tidak akan bisa diproses karena kartu suara laptopmu rusak.

Oleh karena itulah, apabila kamu menemui kerusakan pada kartu suaramu, maka mau tidak mau kamu harus menggantinya agar komputermu bisa mengeluarkan suara kembali. Letak dan jenis kartu suara ini sangat berbeda-beda menyesuaikan dengan merk dan tipe laptop yang ada di pasaran. Oleh karena itu kamu harus mengidentifikasi jenis kartu suara apa yang dimiliki oleh laptopmu. Jangan lupa, kamu juga harus melakukan instalasi, salah satunya dengan cara instal driver tanpa CD.


2. Mengganti speaker laptop

Speaker adalah bagian yang bertugas untuk mengeluarkan suara setelah diproses oleh kartu suara yang dimiliki oleh laptopmu. Oleh karena itu ketika laptopmu tidak mengeluarkan suara, bisa jadi penyebabnya adalah adanya kerusakan pada bagian speaker. Setelah kamu memastikan apakah speakermu bermasalah atau tidak, maka langkah berikutnya adalah mengganti speaker tersebut apabila memang sudah bermasalah dan tidak bisa berfungsi dengan benar. Mengganti speaker laptop termasuk hal yang cukup mudah dilakukan apabila kamu mengetahui bagaimana cara untuk melakukannya dengan benar. Dengan mengganti speaker juga bisa menjadi solusi untuk mengatasi headset tidak terdeteksi di laptop mu.

3. Menginstall driver sound card

Permasalahan tidak keluarnya suara dari laptopmu, bisa jadi juga berasal dari adanya driver yang tidak cocok atau malah tidak terdapat driver sama sekali yang sesuai dengan kartu grafis yang kamu miliki. Akibatnya, tentu saja kartu grafis yang kamu miliki tidak akan mampu menangkap dan memproses informasi suara yang berasal dari aplikasi yang kamu jalankan.

Oleh karena itu cara memperbaiki laptop tidak ada suara berikutnya adalah dengan cara memastikan bahwa kamu telah menginstall driver sound card yang kamu miliki dengan benar dan sesuai. Apabila kamu tidak menginstallnya dengan benar, atau mungkin menginstall driver yang keliru, maka sound cardmu tetap tidak akan berfungsi dengan sebagaimana mestinya sehingga laptopmu tidak akan mampu mengeluarkan suara sama sekali. Pastikan kamu menginstall driver sesuai dengan bit laptopmu. Bila kamu tidak tahu berapa bit laptopmu, kamu bisa mencari tahu dengan cara mengetahui bit laptop yang benar.

4. Menginstall kernel yang sesuai

Apabila kamu menjalankan sistem operasi GNU/Linux, apapun itu bentuk distronya, maka salah satu hal yang dapat menjadi penyebab mengapa komputermu tidak bersuara adalah karena kernel yang kamu gunakan tidak cocok dengan sistem operasi yang kamu miliki atau terdapat bug tertentu pada aplikasi tersebut. Oleh karena itu, maka hal yang perlu kamu lakukan untuk memastikan bahwa suara laptopmu bisa keluar dengan baik dan benar adalah dengan cara menginstall kernel yang tepat.

Untuk bisa memilih kernel yang tepat, kamu bisa melakukannya dengan cara mendownload variasi kernel yang sesuai dengan distromu di berbagai repositori online, atau dengan menggunakan sebuah aplikasi yang bernama Ukuu-GTK yang dapat digunakan untuk mengelola kernel yang terinstall di dalam sistem operasi yang kamu miliki.

5. Menginstall Codec

Salah satu hal yang juga bisa menyebabkan suara tidak keluar ketika kamu menggunakan komputermu adalah tidak adanya codec yang tepat untuk membaca atau memutar file suara yang sedang ingin kamu putar. Codec adalah semacam ‘driver’ yang diperlukan oleh aplikasi yang kamu jalankan untuk bisa membaca kodifikasi atau data-data suara yang telah ditulis dalam file, seperti misalnya mp3, mp4, MKV, dan berbagai jenis file lainnya. Walaupun kamu telah menginstall driver yang tepat, apabila kamu tidak memiliki codec yang bisa digunakan untuk membaca file suara yang kamu miliki, maka suara dari aplikasi tersebut tetap tidak akan bisa keluar dan sebagai gantinya malah akan menyebabkan aplikasimu mengalami error.

Untuk bisa menginstall codec, kamu bisa memanfaatkan berbagai macam aplikasi codec seperti misalnya K-Lite Codec Pack, atau aplikasi lainnya yang akan membantumu dalam menginstall codec-codec yang kamu butuhkan sehingga laptopmu akan kembali mampu mengeluarkan suara saat kamu menonton film atau memutar musik tertentu. Menginstall codec juga bisa menjadi solusi dalam cara mengatasi sound PC tidak bunyi pada Windows 7.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara memperbaiki laptop tidak ada suara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah laptopmu yang tidak bersuara. Bila yang menjadi masalah adalah motherboard, maka kamu perlu mengetahui cara memperbaiki motherboard laptop yang mati total untuk mengatasi masalah sound card tersebut. Yang perlu disadari adalah bahwa penyebab laptopmu tidak bersuara bisa saja berasal dari berbagai hal, sehingga kamu pun perlu melakukan banyak hal untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Selamat memperbaiki laptopmu!

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 31st, October 2017 / 21:24 Oleh :
Kategori : Troubleshooting