6 Cara Mengatasi Laptop Error Loading Operating System Paling Mudah

Perangkat apa yang saat ini dimiliki oleh hampir semua orang di seluruh dunia? Telepon genggam? Memang benar sih, tetapi untuk artikel kali ini kita akan memfokuskan diri ke perangkat yang lain, yaitu laptop. Disadari atau tidak, dewasa ini laptop telah menjadi salah satu perangkat keras yang sudah umum dimiliki dan digunakan oleh berbagai macam orang, dari anak kecil, remaja, orang tua, dan tentunya mereka yang menjadi tulang punggung keluarga.

ads

Evolusi dari komputer rumah menjadi laptop dapat dinilai membawa pengaruh yang sangat signifikan pada pola kehidupan dan pola kerja manusia pada umumnya. Laptop menjadi perangkat yang penting dalam dunia kerja, sekolah, dan lain sebagainya. Hampir semua siswa, atau mahasiswa, menggunakan laptop untuk mengerjakan tugas belajar ataupun sekadar untuk belajar bahkan sampai menonton film dan aktivitas refreshing yang lain. Pun demikian, hampir semua orang dewasa menggunakan laptop untuk mengerjakan tugas-tugas mereka.

Atas alasan-alasan di atas, maka setiap orang setidaknya harus memiliki kemampuan untuk mengatasi laptop saat laptop error loading operating system. Mengapa demikian? Karena apabila error itu terjadi maka pekerjaan atau aktivitas apa pun yang menggunakan laptop pasti akan terhambat. Bagaimana tidak, masuk ke sistem operasi saja tidak bisa. Oleh karena itu pada artikel berikut ini akan kita bahas trik atau cara mengatasi laptop error loading operating system yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi masalah not responding pada laptopmu.

Baca juga:

Apa saja cara tersebut? Simak di bawah ini ya!

1. Install ulang Windows

Adanya error loading operating system biasanya disebabkan karena dalam proses membuka atau loading file-file untuk menjalankan sistem operasi terjadi berbagai macam masalah, seperti file corrupt, tidak terdeteksi, rusak, adanya ketidakstabilan HDD dan lain sebagainya. Salah satu solusi yang dapat kamu terapkan ketika mengalami fenomena error loading operating system, dan sudah memastikan kondisi HDD, listrik, RAM dst sudah baik, maka kemungkinan besar file system yang tertulis di HDDmu rusak.

Kerusakan file system itu sendiri dapat terjadi karena banyak hal, baik itu dihapus oleh virus atau malware, terhapus oleh pengguna, dan lain sebagainya. Apapun penyebabnya, bila file system terhapus mau tidak mau kamu harus melakukan restorasi. Apabila restorasi tidak memungkinkan, maka tentu saja jalan yang perlu kamu lakukan adalah dengan menginstall ulang sistem operasi Windows yang kamu miliki.

Menginstall ulang Windows memang membutuhkan waktu tersendiri. Akan tetapi hasil yang akan kamu dapatkan dapat dianggap pantas karena dengan meingstall ulang Windows, masalah error loading operating system dapat teratasi dengan baik.

2. Reset pengaturan BIOS

Kadang kala, pengaturan BIOS dapat mengakibatkan sistem operasi mengalami error saat melakukan loading system. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan ini, kamu perlu mereset pengaturan BIOS laptopmu agar kembali seperti sedia kala.

Untuk melakukan reset pengaturan BIOS, yang perlu dilakukan cukup mudah, dan hampir semua produsen pasti memberikan cara atau panduan untuk melakukan pengaturan BIOS agar kembali ke pengaturan awal. Oleh karena itu kamu tinggal browsing saja di internet.


3. Restart laptop yang kamu miliki

Permasalahan error loading operating system kadang kala dapat kamu atasi dengan cara mereset atau merestart laptop yang kamu miliki. Cara ini mungkin tidak selalu berhasil, yang sebenarnya menjadi tanda bahwa permasalahan sistem error yang dialami oleh laptopmu bisa jadi penyebabnya ada pada HDD. Akan tetapi apabila kamu butuh untuk mengerjakan sesuatu dengan cepat, maka melakukan restart atau reset sistem operasi kadang kala dapat membantu dalam jangka pendek.

Namun perlu kamu sadari bahwa solusi restart ini tidak akan dapat kamu gunakan untuk sepenuhnya mengatasi permasalahan error loading operating system yang dialami oleh laptopmu. Oleh karena itu sebaiknya kamu tidak berhenti menggunakan langkah ini saja.

4. Memperbaiki sistem kelistrikan laptop atau tempat mencolokkan charger laptopmu

Salah satu masalah yang dapat membuat sistem mengalami error saat loading adalah ketika terjadi gangguan arus kelistrikan yang dapat membuat suplai daya ke berbagai perangkat laptop tidak maksimal. Oleh karena itu kamu dapat memeriksa terlebih dahulu apakah tegangan baterai yang kamu miliki stabil, atau tegangan tempatmu untuk mencharger baterai laptopmu stabil. Bila sudah dipastikan tidak stabil maka kamu dapat berpindah pada suplai daya yang lebih stabil atau pada beberapa kasus mungkin mengganti baterai atau jalur listrik yang tertera pada motherboardmu.

Baca juga:

5. Mengganti HDD

HDD memiliki potensi untuk mengalami kerusakan sebagaimana perangkat komputer yang lainnya. Salah satu kerusakan yang dapat dialami pada HDD adalah kerusakan pada partisi atau sektor-sektor penyimpanan yang dimiliki olehnya, atau disebut pula dengan bad sector. Masalah ini dapat menyebabkan laptopmu mengalami berbagai masalah, dari lemot, gampang not responding, dan pada beberapa kasus adalah tidak mampu membuka sistem operasi atau terjadi error loading operating system.

Apabila kamu memiliki laptop yang sudah berumur, terutama HDDnya, tidak ada salahnya untuk mengecek kesehatan hardiskmu dan mengetahui adakah bad sector yang terdapat di HDDmu. Apabila banyak bad sector yang terdeteksi di HDDmu, maka hal itu sudah menjadi pertanda yang jelas bahwa HDDmu harus segera diganti.

Mengganti HDD tentu saja akan membutuhkan uang yang cukup banyak. Akan apabila memang hal itu menjadi problem utama dalam laptopmu sehingga sering terjadi error loading operating system, maka tidak ada salahnya bagimu untuk mulai menabung dari sekarang dan membeli HDD beberapa bulan ke depan. Harga HDD dewasa ini sudah mulai menurun kok, karena sudah terdapat SSD yang jauh lebih tahan lama bila dibandingkan dengan HDD. Kamu juga bisa menggantinya langsung dengan SSD, apabila kamu memang menginginkannya.

Baca juga:

6. Merecovery system dengan recovery console

Langkah recovery system, mungkin dapat membantumu untuk mengatasi masalah error loading operating system apabila disebabkan karena file sistem yang rusak dan masih memiliki potensi untuk disembuhkan dengan cara menimpanya dari sumber instalasi Windowsmu. Akan tetapi tingkat keberhasilan cara ini sangat tergantung pada kesesuaian antara sumber instalasi Windows dengan sistem Windows yang kamu miliki. Berbeda versi Windows meskipun sama-sama Windows 10, misalnya, tidak akan dapat membuatmu merecover file sistem.

Baca juga:

7. Refresh BIOS / cabut pasang kembali HDD

Kadang kala koneksi motherboard ke HDD mengalami permasalahan bukan karena HDD rusak, akan tetapi karena guncangan atau masalah tertentu yang membuat kabel koneksi HDD mengalami pergeseran. Masalah ini dapat mengakibatkan terjadinya error loading operating system. Untuk mengatasi masalah ini kamu dapat merefresh koneksi HDD di BIOS, atau melakukannya secara manual dengan caar membongkar laptopmu kemudian mencabut dan memasang ulang koneksi HDD ke motherboard.


Itulah beberapa cara mengatasi laptop error loading operating system yang dapat kamu lakukan secara mandiri. Semoga dengan melakukan cara di atas kamu dapat menyelesaikan permasalahan errormu ya. Kunjungi terus DosenIT agar kamu dapat pengetahuan baru tentang komputer setiap harinya.

Artikel lain yang bisa kamu baca:

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Tuesday 03rd, October 2017 / 09:02 Oleh :
Kategori : Troubleshooting