Sponsors Link

Cara Mengatasi Not Responding Pada Mozilla Firefox

Kejadian Not Responding merupakan kejadian dimana aplikasi berenti merespons setiap perintah dan event yang dilakukan oleh User, sehingga perintah keyboard maupun mouse tidak bisa difungsikan, biasanya ditandai dengan teks “Not Responding” yang disematkan di title bar aplikasi, meski terkadang not responding juga terjadi tanpa ada indikasi apapun di layar. Begitu juga dengan Firefox, aplikasi web browser yang bisa mengalami kondisi not responding ini.

ads

Baca juga :

Di artikel kalinini akan dibahas hal apa saja yang membuat Firefox mengalami not responding, beserta cara mengatasinya. Selamat membaca.

1. Unresponsive Script
Script web, sebagaimana script bahasa pemrograman umumnya, bisa mengalami masalah pada saat dijalankan. Dengan begitu, saat firefox menjalankan web yang memiliki script yang bermasalah, firefox bisa mengalami crash dan not responding, dengan begitu aktivitas firefox menjadi terhambat.

2. Menutup Tab yang tidak dibutuhkan
Tab yang menumpuk menambah banyak resource memory yang digunakan oleh Firefox, jadi sebaiknya tab yang tidak digunakan ditutup saja agar tidak menambah banyak memory RAM yang digunakan oleh Firefox.

3. Kurangi Multitasking
Firefox merupakan aplikasi web browser yang menggunakan resource memory cukup tinggi, hal ini sejalan dengan kecanggihan rendering webnya. Untuk itu, penggunaan multitasking yang tinggu bersama aplikasi lain bisa berakibat performa firefox melamah bahkan not responding. Untuk itu kurangi aplikasi yang sedang tidak digunakan.

4. Menonaktifkan Addons Firefox
Add Ons merupakan applet yang berfungsi menambah fungsionalitas Firefox. Sayangnya instalasi addons yang korrupt, atau terjadi inkompatibilitas addons yang terinstal dengan versi Firefox bisa menyebabkan sistem Firefox tidak stabil. Untuk menonaktifkan addons caranya klik ikon Settings di Firefox, lalu klik Addons, Pilih Section Extensions, lalu pada panel kanan pilih Addons yang dirasa memberatkan dan klik tombol Disable, lalu restart Firefox untuk melihat perubahan yang ada.

5. Menonaktifkan Tema Firefox
Tema Firefox juga bisa menyebabkan masalah ketika penggunaan tema ini korup atau tidak cocok dengan versi Firefox yang sedang digunakan. Untuk cara menonaktifkannya sama seperti point diatas, hanya saja pada pilih Section, pilih Themes, bukan Extensions.

6. Membersihkan Cache dan Temporary Files
Cache Firefox dan File temporer yang menumpuk bisa menyebabkan aktivitas browsing terhambat, bahkan not responding. Untuk itu pembersihan cache dan temporary files harus dilakukan jika Firefox mengalami not responding. Caranya klik ikon Settings di Firefox, lalu klik section Privacy, klik Clear Your Recent History, pada time range to clear klik Everything, dan klik Clear Now.

7. Menutup paksa Firefox
Firefox yang sudah tidak merespon bisa ditutup dengan menghentikan proses executeable nya menggunakan tool Task Manager, dengan membuka Task Manager melalui kombinasi keyboard CTRL + ALT + DELETE, cari proses firefox.exe, dan klik End Task untuk menutup firefox. Lalu buka kembali program Firefox melalui desktop atau menu start, biasanya Firefox akan otomatis membuka Tab-tab yang sebelumnya belum sempat ditutup.

Baca Juga :

 8. Mengatur Limit Cache Memori
Seperti halnya aplikasi grapis seperti Photoshop atau alternatf GIMP yang mengguanakan cache memoru untuk membantu dalam processing image dan rendering, Firefox pun menggunakan cache memori untuk memuat halaman web pada temporary storage nya. Nah, agar stabilitas Firefox lebih baik, cache memory perlu diatur dan ditingkatkan. Caranya : pada address bar ketik :about:config, lalu ketik lagi : browser.cache.memory.capacity, pada panel kanan klik New > Integer, ketik browser.cache.memory.capacity, kemudian tekan enter. Saat muncul prompt isi : 2048 (sama dengan 2 MB), kemudian Restart Firefox.

9. Menginstal Addons untuk Speed Up Firefox
Di situs addons center firefox, sudah tersedia banyak sekali addons terutama addons yang berfungsi untuk tweak up Firefox. Addons firefox untuk Tweak ini bisa diinstal guna mendapatkan performa terbaik Firefox dengan cara melakukan tweaking dan tuning konfigurasi internal Firefox yang dilakukan oleh addons tersebut. Ada banyak sekali addons tweak Firefox, salah satunya adalah Speedy Fox.

10. Menonaktifkan fitur Hardware Acceleration
Hardware acceleration berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja hardware PC dengan melakukan tweaking clock pada speed hardware, umumnya pada performa grafis. Akan tetapi tidak semua arstektur hardware PC maupun laptop mampu mendukung fitur Firefox ini, sehingga perlu dinonaktifkan. Caranya klik ikon Settings di Firefox, lalu klik section General, dibawah Performance,tandai centang pada Use hardware acceleration when available. Kemudian setelah selesai restart Firefox dan lakukan uji ulang Firefox.

11. Membuat Profile Baru
Masalah pada profil firefox dapat mengakibatkan firefox menjadi crash. Masalah pada profil ini biasanya karena korrup file atau terinfeksi virus. Untuk melakukan perbaikan bisa dilakukan pembuatan ulang profil guna mendapatkan settingann Firefox yang Benar-benar fresh.

12. Menginstal Ulang Firefox
Profile dan sistem file Firefox yang bermasalah, bisa menjadi sebab tidak stabilnya aplikasi Firefox dan mengakibatkan sistem not responding. Untuk mengatasinya bisa melakukan instal ulang aplikasi Firefox, untuk mendapatkan sistem Firefox yang fresh, tentunya instal Firefox versi terbaru melalui website resminya.

13. Upgrade RAM
Penambahan atau upgrade jumlah memori dengan ukuran yang lebih besar meningkatkan kinerja Firefox dan membuat firefox lebih stabil. Umumnya upgrade memori dilakukan dengan menambah 2x jumlah memori yang sudah ada. Selain aplikasi firefox lebih stabil, upgrade memori juga bisa mencegah Firefox untuk mudah mengalami crash dan not responding.

14. Selalu Update Firefox
Firefox yang jarang diupdate juga bisa memicu masalah stabilitas kinerjanya. Untuk itu update rutin diperlukan guna mendapatkan performa terbaik dari aplikasi Firefox ini, disamping itu juga untuk menutup berbagai celah keamanan dan bug yang ada pada versi yang saat ini terinstal.

15. Fragmentasi Disk
Fragmentasi disk bisa menyebabkan file sistem dan windows menjadi unstable karena proses baca/tulis file sistem membutuhkan delay lebih lama akibat terjadinya fragmentasi File-file sistem, termasuk fragmentasi sistem Firefox. Oleh karena itu lakukan fragmentasi disk secara rutin untuk mencegah error.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Saturday 30th, September 2017 / 15:38 Oleh :
Kategori : Browser