6 Cara Instal Driver Tanpa CD Paling Mudah

Bagi komputer dan laptop, tidak peduli apapun sistem operasi komputer yang kamu gunakan, salah satu hal yang paling penting adalah driver. Tanpa driver, maka komputermu tidak akan bisa berfungsi dengan baik sebagaimana yang kamu impikan selama ini. Oleh karena itulah kamu harus mengetahui bagaimana cara mengetahui driver yang belum terinstal di Windows 10 ataupun pada sistem operasi lainnya agar bisa menginstall driver pada laptop atau komputermu.

ads

Masalahnya adalah, bagaimana cara untuk menginstall driver? Pernahkah kamu mencobanya? Bagaimana bisa kamu menginstall driver yang tidak kamu miliki karena CD bawaan dari perangkat keras yang kamu miliki itu hilang dan tidak bisa ditemukan? Bagaimana caranya kamu bisa menginstall driver tanpa CD tersebut?

Penasaran kan ingin mengetahui bagaimana caranya? Mari kita bahas dalam cara instal driver tanpa CD berikut ini ya!

Menginstal Driver Tanpa CD

Berikut ini adalah beberapa cara instal driver tanpa CD yang bisa kamu lakukan mulai dari sekarang. Dengan menggunakan langkah-langkah di bawah ini kamu pasti bisa menginstall driver komputer atau laptop yang kamu perlukan dengan mudah dan cepat. Selamat mencoba!

1. Mengunduh driver yang diperlukan di internet

Walau tanpa memiliki CD driver pun, masih ada banyak jalan agar kamu bisa melakukan instalasi untuk membuat driver yang kamu perlukan bisa terinstall dengan baik pada laptop atau komputermu. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki atau mengatasi masalah instalasi driver, salah satunya adalah dengan jalan mendownloadnya melalui internet.

Dengan mendownload driver melalui internet, tentu saja kamu memerlukan kuota yang cukup agar file-file driver yang kamu butuhkan bisa terdownload dengan baik. Biasanya driver-driver untuk VGA atau kartu grafis memerlukan kuota yang besar karena juga memiliki ukuran yang besar, sementara driver printer ataupun driver keyboard dan lainnya biasanya butuh kuota yang sedikit.

Kamu bisa mengunjungi situs-situs penyedia driver online di internet yang bisa kamu cari alamatnya melalui Google atau situs pencari yang lain. Atau apabila kamu tidak ingin ribet, kamu bisa menggunakan software pencari driver otomatis tanpa koneksi internet. Sesuaikan dengan model perangkat keras dan juga jenis sistem operasimu ya.

2. Mengekstrak driver unduhan

Setelah kamu selesai mengunduh file driver dari internet, biasanya kamu perlu mengekstraknya terlebih dahulu agar kamu bisa memulai instalasi dari file setup yang telah disediakan oleh pembuat driver tersebut. Langkahnya cukup sederhana, kamu hanya perlu menggunakan aplikasi 7zip, WinRAR, dan semacamnya untuk melakukan ekstrak pada file yang kamu unduh.

Pada beberapa kasus, mungkin file yang kamu unduh langsung berbentuk sebagai aplikasi, sehingga kamu hanya tinggal menginstallnya tanpa perlu melakukan ekstrak. Perlu diperhatikan bahwa instalasi driver per OS berbeda, sehingga sebaiknya kamu mengikuti instruksi yang diberikan dalam software supaya kamu bisa menginstalnya dengan baik dan benar.

3. Menginstall driver


Langkah ini adalah langkah yang paling penting, karena tanpa instalasi tentu saja driver tidak terinstal. Untuk menginstall driver, kamu harus mengikuti instruksi yang biasanya telah dicantumkan dalam aplikasi instalasi yang kamu download. Untuk menginstall driver, pada laptop ataupun pada komputer, sebagian besar sangat ditentukan oleh sistem operasi yang kamu miliki.

Pada windows, biasanya menginstall driver tidak ubahnya dengan menginstall aplikasi-aplikasi pada umumnya. Kamu hanya tinggal mengeklik dua kali aplikasi instalasi dan kemudian kamu bisa mengikuti instruksi yang tersedia. Itulah salah satu kelebihan Windows, yang juga termasuk salah satu kelebihan dan kekurangan Windows XP. Sementara itu untuk OS lain selain Windows biasanya harus mengikuti instruksi yang berbeda.

Tidak peduli apapun sistem operasi yang kamu gunakan, pastikan kamu mengikuti instruksi yang sesuai agar kamu bisa menginstall driver perangkat kerasmu dengan baik dan benar.

4. Merestart komputer

Setelah kamu melakukan instalasi driver pada laptop ataupun komputermu, maka langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah melakukan restart pada komputermu supaya driver yang telah kamu install bisa digunakan dengan baik dan benar sesuai dengan kebutuhan yang kamu miliki.

Pada beberapa kasus, memang sering kali laptop atau komputermu tidak perlu direstart agar bisa menggunakan driver tersebut. Akan tetapi, sering kali perangkat keras yang kita miliki membutuhkan restart agar bisa digunakan dengan maksimal. Sebagai bentuk antisipasi, kamu bisa melakukan restart ulang agar bisa memastikan bahwa driver laptopmu bisa digunakan. Cara ini juga efektif untuk mengatasi masalah headset tidak terdeteksi di laptop mu.

5. Mencoba driver

Setelah kamu melakukan restart, maka langkah berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah melakukan uji coba terhadap driver yang kamu miliki. Caranya juga cukup mudah kok. Kamu hanya perlu mencoba untuk menggunakan perangkat keras yang baru kamu miliki. Dengan mencoba itulah kita bisa tahu apakah laptop atau komputermu berfungsi dengan sebagaimana mestinya atau tidak.

Beberapa perangkat keras seperti printer biasanya memerlukan percobaan seperti melakukan head clean, dan lain sebagainya. Sementara itu perangkat keras seperti kartu suara bisa kamu coba dengan cara memutar musik apapun yang kamu inginkan. Selain itu cobalah untuk mengetes dengan musik yang memiliki corak yang berbeda supaya bisa dilihat apakah kartu suaramu bisa memproses semuanya dengan baik. Sementara pada perangkat lainnya bisa kamu sesuaikan sendiri.

6. Menggunakan Driver Pack


Selain menggunakan beberapa cara atau langkah di atas, kamu juga bisa melakukan instalasi driver yang kamu miliki dengan langkah yang relatif lebih sederhana walaupun memakan kuota yang cukup besar. Bagaimana caranya? Kamu bisa memanfaatkan aplikasi driver pack yang banyak tersedia di internet.

Aplikasi driver pack pada dasarnya adalah aplikasi database yang menyediakan ribuan dan mungkin jutaan driver yang bisa kamu gunakan untuk menginstall bermacam-macam driver yang kamu perlukan di internet. Dengan driverpack, langkah-langkah di atas juga sebenarnya kamu terapkan, hanya saja dipermudah dengan adanya bantuan dari aplikasi driver pack yang akan melakukan semuanya untukmu dalam sekali klik (kecuali merestart dan mencoba driver).

Oleh karena itu menggunakan driver pack termasuk salah satu cara instal driver tanpa CD yang patut untuk dipertimbangkan walaupun memerlukan kuota yang sangat besar. Dengan Driver Pack akan ada banyak sekali masalah yang bisa diselesaikan, termasuk dalam cara memperbaiki laptop tidak ada suara.

Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menginstal driver tanpa memerlukan CD driver. Dengan melakukan beberapa langkah di atas, maka kamu bisa melakukan instalasi driver perangkat keras yang kamu miliki tanpa harus mengalami kebingungan dan kesulitan tentang bagaimana caramu menginstall driver. Instalasi driver akan membantumu dalam cara mengatasi sound PC tidak bunyi pada Windows 7 dan juga cara mengatasi layar hitam pada Windows 7 atau masalah terkait dengan driver yang lain.

Dengan langkah-langkah manual ataupun langkah instan menggunakan driver pack, semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pada tanganmulah semua itu diputuskan. Jadi, selamat menginstal driver tanpa CD sesuai dengan langkah-langkah di atas ya!

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 06th, November 2017 / 21:44 Oleh :