Kelebihan dan Kekurangan Windows XP Wajib Diketahui

Ingin menginstall sistem operasi yang baru di laptopmu atau komputermu? Atau mungkin kamu masih bingung sistem operasi apakah yang sebaiknya kamu gunakan di laptop atau komputermu, haruskah kamu mengganti apa yang saat ini telah kamu instal di komputer atau laptopmu? Apabila kamu dibingungkan dengan pertanyaan-pertanyaan seperti di atas, maka artikel kali ini akan menjawab kegelisahanmu tersebut.

ads

Salah satu sistem operasi yang mungkin saat ini mulai banyak jarang digunakan adalah Windows XP. Salah satu sistem operasi tersukses dari Microsoft ini memiliki banyak sekali pengguna pada jaman dahulu, dan mungkin juga sampai saat ini. Kamu pun mungkin telah mengetahui sistem operasi yang satu ini. Oleh karena itu, agar kamu bisa memutuskan apakah kamu harus memilihnya atau tidak, tentu saja kamu perlu mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Windows XP. Apa saja kelebihan dan kekurangan Windows XP? Silakan lanjutkan membaca di bawah ini apabila kamu ingin tahu ya!

Daftar Kelebihan dan Kekurangan pada Windows XP

Buat kamu yang penasaran apa saja kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh Windows XP, berikut ini adalah beberapa bentuk atau jenis kelebihan dan juga kekurangan Windows XP yang bisa kamu gunakan untuk mempertimbangkan apakah kamu ingin menggunakannya atau tidak. Kalau kamu mau membaca artikel yang lain, kamu juga bisa melihat kelebihan dan kekurangan Windows 7 dan kelebihan dan kekurangan Windows 8.

Kelebihan Windows XP

1. Performa booting

Windows XP memiliki kecepatan dan juga kemampuan yang stabil dalam booting ataupun dalam menjalankan aplikasi-aplikasi tertentu. Dengan adanya kecepatan dan kestabilan performa ini pengguna Windows XP bisa merasakan pengalaman yang nyaman dan menarik.

2. Dukungan driver

Windows XP relatif memiliki dukungan driver yang cukup luas dan banyak dari berbagai perusahaan perangkat keras karena masih termasuk salah satu Windows yang laris. Walaupun untuk saat ini mungkin para pengembang mulai beralih ke Windows 7 dan di atasnya.

3. Multitasking

Windows XP juga memiliki performa dalam multitasking atau menjalankan banyak aktivitas di saat yang bersamaan dengan baik dan stabil sehingga para pengguna bisa menjalankan banyak aplikasi sekaligus dengan nyaman tanpa perlu khawatir terjadi error.

4. File sistem kecil

Selain cepat dan stabil, file-file sistem yang dimiliki oleh sistem operasi Windows XP memiliki ukuran dan penggunaan resource yang relatif kecil apabila dibandingkan dengan saat ini. Oleh karena itulah sangat mudah untuk melakukan multitasking dan berbagai pekerajaan yang lain secara bersamaan.


5. GUI relatif baik

Windows XP adalah sistem operasi Windows pertama yang memiliki antarmuka GUI yang relatif baik dan sangat populer digunakan, bahkan masih diminati oleh para pengguna Windows baik pemula sekalipun. Sebagai perbedaannya kamu juga bisa melihat GUI yang telah kita bahas dalam kelebihan dan kekurangan Windows Phone.

6. Dukungan aplikasi yang baik

Selain irit, Windows XP juga memiliki banyak sekali dukungan aplikasi gratis ataupun berbayar yang bisa kamu gunakan untuk berbagai macam hal.

7. Fitur Plug ‘n Play

Windows XP telah memiliki fitur plug ‘n play yang bisa digunakan untuk mempermudah deteksi dan instalasi perangkat keras baru tanpa harus melalui instalasi command prompt dan semacamnya. Dengan demikian perangkat keras baru bisa langsung terdeteksi dan terinstal apabila tersedia drivernya.

Kekurangan Windows XP

1. Support berhenti

Windows XP ini termasuk salah satu versi Windows yang supportnya telah dihentikan oleh Microsoft, sehingga celah bug dan keamanannya relatif sangat besar, terutama bagi kamu yang sering kali menggunakan komputer atau laptopmu untuk aktivitas-aktivitas browsing dan mengkopi file yang seringkali melibatkan banyak flashdisk atau hardisk eksternal.

2. Keamanan browser

Masalah security atau keamanan Windows XP juga terbawa pada saat browsing, terutama apabila kamu menggunakan browser yang masih out-of-date. Oleh karena itulah sebaiknya kamu menggunakan perangkat firewall tambahan atau browser lain yang lebih aman dan handal dalam menangani masalah keamanan terhadap intrusi online. Masalah ini telah kita bahas dalam kelebihan dan kekurangan browser Internet Explorer pada artikel yang lain.

3. Keamanan data

Kekurangan Windows XP berikutnya adalah tidak adanya kemampuan sistem security centre untuk mendeteksi aliran data input-output yang tidak dikenal sehingga membuka celah yang sangat lebar dalam masalah keamanan data. Masalah ini biasanya juga dialami oleh Android dan telah kita bahas dalam kelebihan dan kekurangan OS Android pada artikel sebelumnya.

4. Keamanan Remote Administration

Masalah keamanan pada Windows XP juga terdapat pada bagian Remote Administration yang sangat rawan pada akses hacking karena vulnerability yang cukup banyak. Oleh karena itu sangat disarankan pada orang-orang yang ingin menggunakan fitur ini berada pada jaringan yang benar-benar aman dari potensi gangguan atau aksi peretasan orang lain atau mungkin injeksi malware yang berbahaya.

5. Antarmuka masih kurang bagus

Selain masalah keamanan, Windows XP juga memiliki kekurangan dari segi tampilan antar muka. Kekurangan dari tampilan antarmuka ini adalah pada segi tidak adanya kemampuan Aero yang baru mulai digunakan atau ditampilkan pada Windows Vista. Tentunya kekurangan ini tidak akan terlalu dirasakan pada orang yang tidak terlalu mementingkan tampilan visual. Akan tetapi hal ini pasti akan sangat dirasakan pada orang-orang yang sangat peka terhadap visual.

6. Sistem crash karena software kurang support

Walaupun Windows XP cukup stabil, akan tetapi karena dukungan software yang semakin lama semakin kurang, sering kali akan ditemui sistem crash yang bisa mengganggu aktivitasmu sehari-hari.

7. Keamanan firewall

Lagi-lagi, kelemahan Windows adalah pada segi keamanannya. Firewall yang dimiliki oleh Windows XP cenderung memiliki banyak kelemahan yang tidak bisa mengantisipasi serangan request port atau serangan lain seperti misalnya nmap, etthercap dan lain sebagainya. Oleh karena itulah biasanya disarankan untuk mengatasi masalah jaringan tersebut.

8. Rawan install ulang ketika sistem crash

Masalah berikutnya adalah pada segi rentannya Windows XP untuk mengalami install ulang ketika mengalami masalah corrupt pada salah satu file sistemnya. Sering kali Windows tidak bisa direstore karena file sistem yang telah corrupt tidak bisa lagi dikembalikan pada keadaan semula karena berbagai masalah yang lain.

Kesimpulan

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Windows XP yang bisa kamu ketahui. Dengan beberapa penjelasan di atas semestinya kamu telah mengetahui bahwa Windows XP mungkin cocok untuk mereka yang masih menggunakan komputer sebatas untuk mengerjakan tugas-tugas atau pekerjaan yang tidak banyak memakan waktu untuk online sehingga tidak perlu melakukan transfer data tertentu secara berlebihan. Kamu juga bisa membaca kelebihan dan kekurangan Windows 8 atau mungkin memahami perbedaan Linux dengan Windows supaya kamu bisa menentukan sistem operasi mana yang lebih cocok untukmu.

Jadi, selamat memilih sistem operasi!

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 06th, November 2017 / 15:15 Oleh :
Kategori : Sistem Operasi