Sponsors Link

21 Kelebihan dan Kekurangan Windows 7 Terbaru

Agar bisa berjalan, sebuah computer memerlukan system operasi yang ditanam didalamnya. System operasi merupakan sebuah perangkat lunak (software) yang memiliki tugas untuk mengatur perangkat keras dan perangkat lunak yng ada dalam sebuah komputer. System operasi menjalankan operasi dasar pada komputer, menyajikan tampilan, dan mengkoordinasikan kerja perangkat komputer. Tanpa sistem operasi, kita tidak akan dapat menjalankan berbagai aplikasi pada komputer.

ads

Windows merupakan salah satu sistem operasi yang banyak digunakan di seluruh dunia. Versi terbaru dari system operasi buatan Microsoft  hingga saat artikel ini ditulis adalan Windows 10. Memang sistem operasi terbaru merupakan hasi pengembangan dan perbaikan dari system operasi sebelumnya, namun dalam penggunaannya setiap versi sistem operasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Performa sebuah sistem operasi juga sangat dipengaruhi oleh spesifikasi komputer yang menjalankannya. Biasanya vendor akan menuliskan syarat khusus agar system operasi berjalan dengan baik. Misalnya untuk komputer lama dengan spesifikasi low-end (dual core, ram 2 GB), sebaiknya menggunakan windows 7. Berikut ini akan dosenIT paparkan kelebihan dan kekurangan windows 7.

Baca juga:

Pengertian Windows 7

Windows 7 yang diriliris untuk public pada tanggal 22 Oktober 2009, merupakan versi windows terakhir yang menpgunakan menu start untuk menampilkan program-program aplikasi yang terinstall di dalam komputer.  Windows 7 disebut sebagai windows yang memiliki kompromi terbaik dalam segi kestabilan dan kesederhanaan User Interfacenya.

Spesifikasi perangkat keras minimum yang dibutuhkan untuk menjalankan  Windows 7 antara lain:

  1. Kecepatan processor: 1 GHz 32-bit (x86) atau 1 GHz 64-bit (x64)
  2. Kapasitas RAM: 1 GB (32-bit) atau 2 GB (64-bit)
  3. Kapasitas Harddisk: minimal 16 GB (32-bit) atau 20 GB (64-bit)
  4. Unit Pengolah Grafis: DirectX 9 graphics device with WDDM 1.0

Windows 7 juga membatasi penggunaan memori (RAM) pada komputer, berdasarkan arsitektur yang digunakan serta versi windows yang dipakai (baca juga: fungsi virtual memory). Berikut lebih jelasnya:

  1. Windows 7 ultimate: 4GB (32-bit) atau 192 GB (64-bit)
  2. Windows 7 Enterprise: 4GB (32-bit) atau 192 GB (64-bit)
  3. Windows 7 Professional: 4GB (32-bit) atau 192 GB (64-bit)
  4. Windows 7 Home Premium: 4 GB (32-bit) atau 16 GB (64-bit)
  5. Windows 7 Basic : 4GB (32-bit) atau 8 GB (64-bit)
  6. Windows 7 Starter: 2 GB (32-bit) dan tidak ada 64-bit

Untuk jumlah inti prosessor, windows 7 membatasi penggunaan hingga 32 inti prosessor untuk 332-bit, dan 256 inti prosessor untuk 64-bit.  Sedangkan untuk jumlah maksimal penggunaan prosessor (fisik) yang didukung pada windows 7 Proffesional, Enterprise, dan Ultimate adalah sebanyak 2 buah prosessor. Untuk Windows 7 Stater, Home Basic, dan Home Premuim hanya mendukun penggunaan satu buah processor saja.

Baca juga:

Kelebihan Windows 7

Windows 7 merupakan perbaikan dari windows vista, sehingga hampir semua kelebihan yang dimiliki oleh windows  7. Jika dibandingkan dengan system operasi lainnya, Windows 7 memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut:

  1. Dibandingkan dengan pendahulunya, waktu booting windows 7 lebih cepat. Demikian pula waktu shut downnya. Pada menu power windows 7 juga terdapat tambahan opsi ‘hibernate’, yaitu mematikan laptop atau PC namun tetap menyimpan data kegiatan yang sebelumnya. Berbeda dengan sleep, hibernate tidak membutuhkan daya, sebab komputer benar-benar mati.
  2. Tampilan windows 7 lebih menarik dan lebih menonjolkan segi 3 dimensinya disbanding pendahulunya (baca juga: penyebab teknologi komputer berkembang cepat).
  3. Meskipun tampilannya lebih memukau, namun Windows 7 menggunakan sumber daya (daya listrik, ruang memori pada hardisk dan ram) yang lebih sedikit disbanding pendahulunya. Sehingga windows 7 lebih hemat daya.
  4. Windows 7 mengoptimasi prefetching; sehingga proses load data HD atau SSD menjadi lebih cepat.
  5. Fitur keamanannya lebih ketat dan kuat disbanding pendahulunya.
  6. Memiliki fitur show desktop. Dengan fitur ini kita dapat melihat desktop tanpa perlu meminimize jendela aplikasi satu persatu. Hanya dengan mengklik icon show desktop (kotak bujur sangkar di bagian kanan bawah display komputer), seluruh program yang aktif akan diminimize secara otomatis.
  7. Tampian device storage pada windows 7 lebih detail dan teratur.
  8. Pengaturan taskbar pada windows 7 lebih baik
  9. Help Tool yang lebih baik (baca juga: cara mengubah bahasa di laptop).
  10. Proses pencarian file atau data pada windows 7 lebih cepat.
  11. Windows 7 telah menggunakan Direct X 11
  12. Hampir semua driver yang digunakan di windows Vista dapat digunakan di windows 7
  13. Windows 7 telah mendukung teknologi layar sentuh, dengan fitur Windows Touch dan Fitur Aero yang lebih baik dari pendahulunya.
  14. Fitur parental control pada windows 7 menmungkinkan orang tua untuk dapat membatasi hak akses anak-anak, misalnya pengaturan waktu dan lama akses.
  15. Internet explore 8 yang merupakan bawaan Windows 7 lebih aman, cepat, dan lebih mudah digunakan. Tambahan teknologi SmartScreen juga membuat keamanan dan privasi pengguna internet explorer 8 lebih terjamin (baca juga: cara mencegah cybercrime).

Baca juga:

Baca juga:

Kekurangan Windows 7

Meskipun memiliki berbagai kelebihan seperti yang dipaparkan diatas, windows 7 tetap saja memiliki beberapa kekurangn sebagai berikut:

  1. Terdapat bug pada windows player 12
  2. Tidak semua aplikasi mensupport windows 7, masih ada beberapa aplikasi yang tidak dapat dijalankan pada windows 7. Beberapa aplikasi yang dapat dipaksakan berjalan di windows Vista, tidak dapat dipaksakan berjalan di Windows 7.
  3. Beberapa harDware yang dapat langsung dikenali pada windows vista malah tidak dapat langsung dikenali di windows 7 (baca juga: manfaat komputer dalam bidang industri).
  4. Jika dijalankan pada netbook, windows 7 Atarter Edition akan memblokir end-user sehingga tidak dapat merubah wallpaper, warna, dan skema suara yang disediakan window 7. Original Equipment Manufacturer (OEM) juga tidak dapat melakukan personalisasi. Sehingga penggunanya harus puas menerima default background system bawaan.
  5. Terdapat sangat banyak perbedaan antara windows 7 starter dan ultimate.
  6. harga lisensi windows 7 relatif mahal, apaalagi jika dibandingkan dengan OS beerbasis opes source seperti linux.

Baca juga:

Demikian artikel mengenai kelebihan dan kekurangan windows 7 ini. Windows 7 memiliki berbagai kelebihan seperti waktu booting dan shutdown yang lebih cepat, tampilan yang lebih menarik, menghemat penggunaan daya, dan lainnya. Namun juga memiliki kelemahan seperti tidak didukung oleh beberapa aplikasi.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang anda butuhkan. Jika ada pertanyaan, pemambahan, atau komentar yang membangun, silahkan tinggalkan pesan, dan jangan lupa berbagi ya jika anda merasa artikel ini bermanfaat. Sekian dan Terimakasih.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Thursday 07th, September 2017 / 09:03 Oleh :
Kategori : Windows