3 Cara Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi di Laptop dengan Mudah

Buat kamu yang banyak bekerja dengan mendengarkan musik, atau perlu mendengarkan musik yang keluar dari laptopmu, tentu saja kamu perlu mengetahui bagaimana cara untuk mengatasi berbagai macam permasalahan yang bisa terjadi pada laptop atau komputermu yang berkaitan dengan permasalahan suara dan yang terkait dengan hal tersebut. Salah satu jenis masalah yang mungkin kamu alami adalah tidak terdeteksinya headset di laptopmu sehingga kamu tidak bisa mendengarkan musik atau suara dari komputer dan laptopmu dengan mudah.

ads

Mendengarkan suara musik atau suara yang lain dengan headset memang merupakan salah satu hal yang harus kamu lakukan terutama apabila kamu bekerja di tengah perusahaan atau kantor tertentu yang mengharuskan antara satu pegawai dengan pegawai yang lainnya untuk saling menjaga kondusivitas lingkungan kerja. Dengan mendengarkan musik hanya dengan headsetmu sajalah kamu bisa menjaga agar orang lain baik itu rekan kerjamu ataupun klien tidak terganggu dengan musik yang kamu dengarkan atau kamu putar.

Tetapi semuanya menjadi masalah apabila tiba-tiba headsset yang kamu miliki tidak bisa dideteksi oleh laptopmu sehingga sekalipun headsetmu kamu tancapkan dengan sempurna ke jack laptop atau komputermu, tetapi suara yang keluar tetap berasal dari speaker laptop. Artinya, mau ada atau tidak headset tersebut tidak berpengaruh apa-apa. Lalu bagaimana caranya supaya kamu bisa mengatasi masalah itu?

Tentu saja kamu harus mengetahui bagaimana cara mengatasi headset tidak terdeteksi di laptop yang akan kita bahas di bawah ini. Perlu diketahui sebelumnya bahwa teknik-teknik atau cara-cara di bawah ini mungkin tidak akan langsung bisa menyelesaikan masalahmu karena penyebab headset tidak terdeteksi di laptop itu sebenarnya sangat beragam. Oleh karena itu jangan pernah menyerah untuk mengatasinya dan apabila kamu kehabisan waktu dan ingin cepat menyelesaikan masalah itu, apabila kamu terpaksa menyewa jasa dari orang lain, pilihlah orang yang bisa dipercaya dan memang memiliki kemampuan yang bisa dibuktikan sehingga kamu tidak akan membuang waktu menanti hasil pekerjaanmu selesai padahal kamu dia tidak bisa menyelesaikan permasalahan tersebut.

1. Mengganti soundcard atau kartu suara

Seperti yang telah kita bahas pada artikel sebelumnya, suara atau bunyi yang dikeluarkan oleh komputer kita dikelola oleh perangkat keras yang sering kali disebut dengan istilah soundcard atau kartu suara. Soundcard adalah sebuah perangkat keras yang akan menerima instruksi dari prosesor atau dari aplikasi yang kamu jalankan di PC-mu atau dari Windowsmu yang kemudian akan diproses untuk menghasilkan suara tertentu yang telah dikodifikasi dalam angka-angka digital atau dalam bahasa lain dengan bit tertentu.

Berdasarkan pemaparan di atas, maka secara singkat dapat kita simpulkan bahwa soundcard memiliki tugas untuk mengubah input data digital menjadi data suara yang akan digunakan sebagai masukan bagi perangkat pengeluaran suara seperti speaker, headset, atau perangkat keras pengeluaran suara yang lain. Oleh karena itulah, apabila perangkat kartu suara tidak berfungsi dengan baik, tentu saja suara tidak akan bisa dikeluarkan oleh komputer atau laptop yang kamu miliki terlepas apakah sistem operasi yang diinstal di dalamnya adalah Windows 7, Windows 8, ataupun GNU/Linux atau MacOS.


Berdasarkan pemaparan di atas, maka dapat kita simpulkan bahwa apabila kartu suara komputer kita mengalami kerusakan, maka hal yang harus dilakukan adalah menggantinya dengan perangkat kartu suara yang lain atau apabila memungkinkan diperbaiki salah satu bagian yang rusak (cenderung sulit kalau tidak memiliki pengetahuan elektronika dan peralatan yang tepat). Selain itu perangkat keras yang rusak juga bisa menjadi penyebab RAM berkurang. Oleh karena itu, sebaiknya kamu memastikan terlebih dahulu apakah perangkat suara yang kamu miliki benar-benar rusak atau tidak.

Untuk memastikan kondisi kartu suaramu, maka kamu bisa mencoba untuk mengecek kondisinya dengan menginstall pada komputer yang lain atau dengan menggunakan sistem operasi lainnya untuk mencoba apakah kartu suara tersebut dapat memproses instruksi atau tidak sama sekali, termasuk dalam hal mendeteksi apakah ada headset yang masuk atau kamu tancapkan ke dalamnya.

2. Menginstall driver sound card

Tidak terdeteksinya headsetmu, selain bisa disebabkan karena masalah kartu suara yang rusak, juga bisa disebabkan karena tidak adanya driver atau pengelola perangkat yang terinstall dengan benar pada sistem operasi yang kamu miliki. Hal ini biasanya akan terlihat jelas apabila kamu menginstall sistem operasi Windows yang biasanya akan menunjukkan bahwa ada perangkat keras tertentu yang belum memiliki driver atau drivernya tidak sesuai sehingga kamu perlu melakukan instalasi driver pada perangkat keras yang belum memiliki driver tersebut.

Dengan demikian kamu harus melakukan instalasi driver kartu suara yang sesuai dengan model kartu suara yang kamu miliki dan juga sesuai dengan jenis kartu suara yang kamu miliki supaya kamu bisa menggunakan kartu suara yang kamu miliki tersebut dengan sebagaimana mestinya. Caranya juga cukup sederhana, kamu hanya perlu mendownload atau membuka driver yang sesuai apabila telah disediakan oleh pabrik yang mengeluarkan laptopmu (biasanya include saat pembelian laptop atau komputer). Setelah itu silakan diinstall sampai muncul keterangan bahwa driver telah terinstall dengan benar. Setelah itu kamu hanya perlu merestart komputermu dan lihatlah apakah driver tersebut bisa bekerja dengan baik atau tidak.

Driver yang cocok seharusnya bisa membuat kartu suaramu mengeluarkan kemampuan dan juga menyalakan fitur yang paling baik dari yang dimiliki oleh kartu suaramu tersebut. Sementara driver yang tidak cocok bisa menjadi salah satu penyebab laptop lemot. Dengan kata lain, kamu pasti akan mendapatkan seluruh fitur bisa berfungsi dengan baik termasuk masalah headset apabila kamu menancapkan headsetmu ke laptop.

3. Tancapkan ulang dan ganti headset

Cara ini mungkin terkesan agak simpel, tetapi memang pada kenyataannya kadang kala kamu perlu mencabut dan menancapkan kembali headset yang kamu miliki supaya dia bisa terdeteksi di laptopmu. Apabila kamu sering mengalami hal ini, cobalah periksa jack input headsetmu dan lubang headset yang ada di laptopmu, siapa tau terlalu kotor atau sudah mulai muncul lapisan tertentu yang menghalangi koneksi antara headsetmu dan kartu suara yang dimiliki oleh laptopmu.

Dan sebagai solusi terakhir, cara untuk mengatasi headset yang tidak terdeteksi adalah dengan mengganti headset yang kamu miliki apabila dia memang telah mengalami kerusakan, seperti misalnya jack patah, atau jack tidak bisa lagi terhubung dengan baik dan benar.

Selain masalah sound ini, jangan lupa untuk mempelajari cara mengatasi laptop hang saat baru dinyalakan, penyebab laptop cepat panas, cara mengatasi layar hitam pada laptop Windows 7, dan beberapa artikel yang lain supaya kamu bisa mengatasi berbagai macam permasalahan laptopmu dengan baik dan benar.

Itulah beberapa cara mengatasi headset tidak terdeteksi di laptop. Semoga dengan cara di atas kamu bisa menyelesaikan masalahmu ya. Sampai ketemu di artikel berikutnya!

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Saturday 04th, November 2017 / 00:07 Oleh :