4 Cara Mengembalikan Mozilla Firefox yang Terhapus Dengan Mudah

Internet dewasa ini tidak bisa dilepaskan dari kehidupan kia sehari-hari. Jaringan komputer yang paling luas ini memungkinkan kita untuk berinteraksi dan mengakses informasi dari berbagai sumber yang tidak pernah kita duga sebelumnya. Hanya dengan beberapa klik dan pulsa atau biaya yang relatif sangat murah apabila dibandingkan dengan zaman dulu, tidak pelak lagi internet telah menjadi sesuatu yang bersifat primer.

ads

Selain mengetahui bagaimaan cara membagi bandwidth wifi router untuk memanejemen akses internet, kita juga perlu mengetahui cara mengatasi masalah beberapa aplikasi tertentu yang bisa digunakan untuk membaca dan mengakses situs-situs tertentu, yang lebih dikenal dengan nama browser atau web browser. Ada banyak sekali web browser di luar sana, mulai dari yang gratis sampai dengan yang berbayar, mulai dari yang menawarkan berbagai macam fitur sampai yang menawarkan keamanan dalam berselancar di internet.

Di antara beberapa browser tersebut, salah satu browser yang banyak digunakan oleh berbagai macam orang mungkin adalah sebuah browser yang dibuat di bawah tim Mozilla, yaitu Firefox. Web browser yang satu ini merupakan salah satu ‘raja’ web browser dunia saat ini dengan jumlah pengguna yang sangat besar dan berasal, dari berbagai macam belahan dunia. Para pengguna Firefox memilih browser yang satu ini karena telah terkenal kemampuannya dalam mengakses situs web.

Masalah Mozilla Firefox yang Terhapus

Salah satu masalah yang mungkin terjadi pada salah satu web browsemu, adalah secara tidak sengaja data atau mungkin aplikasi browsermu sendiri terhapus sehingga kamu tidak bisa mengakses bookmark, atau bahkan tidak bisa mengakses web browsermu tersebut secara keseluruhan. Tentu saja hal itu adalah sesuatu yang menyebalkan dan juga merepotkan apabila tiba-tiba kamu lupa situs-situs penting yang belum sempat kamu hafalkan. Apalagi kalau penyebab Mozilla not responding kemudian terhapusnya adalah sesuatu yang remeh.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Bagaimana cara mengembalikan Mozilla Firefox yang terhapus? Tentu saja kamu perlu tau hal tersebut bukan? Beruntung bagimu karena kali ini kita akan mempelajarinya!

Lahkan-langkah Mengembalikan Mozilla Firefox

Berikut ini beberapa cara mengembalikan Mozilla Firefox yang terhapus dan bisa kamu lakukan sekarang juga di laptop atau komputermu sendiri!

1. Menggunakan system restore

Cara pertama yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan Mozilla Firefox yang terhapus adalah dengan cara menggunakan system restore yang bisa membantumu mengembalikan sistem operasimu ke dalam masa sebelumnya. Dengan kata lain, dengan menggunakan system restore ini kamu bisa mengembalikan kondisi sistem operasimu ke saat ketika Mozilla Firefox masih terpasang dengan nyaman di komputer atau laptopmu.

Akan tetapi cara ini agaknya terlalu ribet untuk dilakukan, terlebih kadang kala banyak orang yang tidak mengaktifkan fitur ini karena memakan terlalu banyak space storage system yang mereka miliki. Selain itu, cara ini juga biasanya hanya bisa digunakan pada sistem operasi tertentu dan tidak banyak yang menggunakannya. Di sisi yang lain, apabila kamu memang ingin mereset Firefoxmu, kamu bisa melakukannya dengan cara reset browser Mozilla Firefox ke pengaturan semula.


2. Menginstall ulang

Cara mengembalikan Mozilla Firefox yang terhapus berikutnya adalah dengan cara melakukan instalasi Firefox kembali. Cara ini adalah cara yang pasti bisa mengembalikan program Firefox yang tidak secara sengaja terhapus dari komputermu. Apabila data yang kamu inginkan adalah data khusus dari Firefox seperti data bookmark tertentu, maka mungkin cara ini tidak akan langsung berhasil mengembalikannya. Akan tetapi kamu harus melakukan cara ini apabila kamu ingin mendapatkan kembali Firefox yang sempat terhapus dari laptop atau komputer kesayanganmu. Setelahnya baru kamu bisa mengembalikan data-data Firefox yang kamu butuhkan (tidak seluruhnya, tergantung kondisi).

Menginstall ulang termasuk salah satu cara mengatasi not responding pada Mozilla Firefox yang mudah dilakukan. Aapbila Mozilla Firefoxmu sering not responding karena masalah virus, cobalah untuk mengatasiya dengan cara menghapus virus browser.

3. Melakukan sinkronisasi ulang

Cara ini bisa mengembalikan bookmark dan data-data lain yang kamu perlukan seperti misalnya plugins atau addons yang sebelumnya telah kamu install di Firefox kesayanganmu. Hanya saja, syarat dari langkah yang satu ini adalah kamu harus memiliki akun Firefox sebelumnya dan telah mengaktifkan fitur sinkronisasi yang memungkinkan Firefox melakukan restorasi data dari data yang telah disimpan secara online di server Firefox. Apabila saat sinkronisasi tidak berhasil karena server not found, kamu bisa mencoba cara memperbaiki Mozilla Firefox server not found yang telah kita bahas sebelumnya.

Apabila kamu belum mengaktifkan fitur sinkronisasi tersebut, tentu saja kamu tidak bisa melakukan sinkronisasi ulang dan artinya kamu tidak bisa melakukan sinkronisasi ulang dengan langkah yang satu ini untuk mengembalikan data-data yang sebelumnya ada di Firefoxmu. Oleh karena itu, ada baiknya kamu telah mengaktifkan fitur sinkronisasi pada Firefoxmu supaya setiap saat, kapan saja dan di mana saja kamu bisa mengembalikan data-data yang kamu butuhkan.

4. Mengembalikan backup dari local backup

Cara ini bisa kamu lakukan untuk mengembalikan data-data bookmark Firefox yang telah terbackup pada storage lokal yang kamu miliki. Caranya adalah kamu harus mencari file-file backup tersebut melalui folder profiles Firefox yang terhidden pada direktori AppData. Biasanya lokasinya adalah seperti ini C:/Documents and Settings/[nama akun sistem operasimu]/Application Data/Mozilla/Firefox/profiles/[huruf dan angka acak].default/bookmarksbackups. Dari direktori tersebut kamu bisa memilih bookmark mana saja yang ingin kamu kembalikan ke Firefox yang kamu miliki.

Cara untuk melakukan restorasi bookmark ini juga sederhana. Kamu hanya perlu membuka Firefoxmu, kemudian bukalah menu bookmark dan pilih Organize Bookmark lalu Import and Backup dan kemudian pilih restore. Pilihlah bookmark mana yang kamu inginkan untuk dikembalikan dan setelah itu kamu bisa kembali melihat bookmark yang sebelumnya telah terhapus secara tidak sengaja. Perlu diingat bahwa fitur ini hanya bisa dilakukan apabila tersedia data backup pada folder yang telah disebutkan sebelumnya.

Itulah beberapa cara untuk mengembalikan Mozilla Firefox yang bisa kamu lakukan mulai dari sekarang dengan mudah dan tentunya juga cepat. Dengan berbekal sedikit pengetahuan tentang instalasi software dan pengaturan software kita sudah bisa melakukan pengembalian terhadap bookmark yang kita miliki atau bahkan mengembalikan aplikasi Firefox secara keseluruhan. Patut diingat bahwa sebaiknya kamu melakukan sinkronisasi secara online untuk memudahkan pengembalian data-data atau preferensi penting yang kamu inginkan sehingga kamu tidak perlu dipusingkan dengan terus menghafal atau mengingat situs dan plugins yang kamu butuhkan ketika kamu sedang berselancar di internet.

Apabila kamu ingin menyelesaikan masalah laptopmu yang lain, silakan kamu baca cara mengatasi laptop hang saat baru dinyalakan, penyebab laptop cepat panas, cara mengatasi layar hitam pada laptop Windows 7, dan beberapa aritkel lainnya supaya kamu semakin ahli dalam mengatasi masalah laptopmu.

Sampai bertemu di artikel yang lain ya!

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 04th, November 2017 / 00:01 Oleh :