Inilah 7 Cara Reset Browser Mozilla Firefox ke Pengaturan Semula

Browser adalah salah satu software yang digunakan untuk mengakses internet selain software chatting (pesan instan), game online, dan lainnya. Salah satu jenis browser yang beredar di duni adalah Mozilla Firefox. Mozilla Firefox adalah salah satu browser terbaik keluaran Mozilla Inc. yang sering dipakai oleh banyak orang sekarang ini selain Google Chrome dan Opera. Browser yang mengusung prinsip open source ini memang sedikit berbeda dengan browser biasa. Contohnya seperti fitur add ons, dimana pengguna bisa menambahkan add ons tertentu untuk memperkaya fitur yang ada pada browser, kustomisasi tampilan, serta memakan memori yang lebih sedikit ketimbang Google Chrome.

ads

Walaupun memiliki kelebihan, ternyata sering kali pengguna browser Mozilla Firefox menemukan beberapa kekurangan pada browser tersebut ketika digunakan. Mulai dari kerentanan terhadap kode-kode jahat yang menggunakan pemrograman Flash atau Java, serta waktu muncul program yang kadang lama. Tak jarang, banyak pengguna yang mencari cara untuk menambal kekurangan-kekurangan yang dimiliki oleh browser Mozilla Firefox, salah satunya adalah mengakses alamat “about:config”, alamat khusus pada browser Mozilla Firefox untuk mengubah beberapa pengaturan paramater sistem pada browser.

Kadang, suatu “bug” pada website atau kesalahan paramater yang diatur pada “about:config” malah berakibat semakin buruk pada browser Mozilla Firefox ketika dijalankan. Hal tersebut seringkali menjadi penyebab Mozilla not responding. Bagi pengguna, terlebih yang masih awam dengan komputer, hal tersebut jelas menimbulkan kepanikan.

Namun Anda tak perlu khawatir jika suatu saat browser Mozilla Firefox yang Anda gunakan mengalami masalah, mulai dari sering not responding, mulai menampakkan ciri-ciri browser kena virus, dan lainnya. Anda hanya perlu untuk melakukan reset browser Mozilla Firefox untuk mengembalikan pengaturannya ke pengaturan awal ketika browser Mozilla Firefox pertama kali Anda pasang di komputer Anda.

Pada artikel kami kali ini, kami akan membahas mengenai cara reset browser Mozilla Firefox ke pengaturan semula. Tentu saja, ada konsekuensi yang harus Anda ambil jika melakukan reset browser Mozilla Firefox Anda. Walaupun sebenarnya konsekuensi tersebut tidak terlalu berarti ketika Anda menggunakan kembali browser Mozilla Firefox setelah di-reset. Data-data Anda di browser Mozilla Firefox seperti riwayat unduhan (download), fitur search engine yang ditambahkan, dan lainnya akan terhapus. Jika Anda sudah yakin dengan konsekuensi yang didapat setelah reset browser Mozilla Firefox ke pengaturan awal, kita mulai pembahasan mengenai cara reset browser Mozilla Firefox ke pengaturan semula.

  1. Di bagian atas jendela Mozilla Firefox, klik tombol Firefox (yang berwarna jingga). Atau jika Anda menggunakan Mozilla Firefox versi terbaru, klik pada ikon tiga garis horizontal di sudut kanan atas jendela Mozilla Firefox.
  2. Seret pointer mouse ke menu “Bantuan” (Help), lalu pilih “Informasi Pemecahan Masalah” (Troubleshooting Information). Jika Anda menggunakan Mozilla Firefox versi terbaru, klik pada ikon tanda tanya yang berada di bagian bawah untuk memilih menu Bantuan, lalu pilih “Informasi Pemecahan Masalah” (Troubleshooting Information).
  3. Klik tombol “Setel Ulang Firefox” (Reset Firefox) di bagian kanan atas laman web Informasi Pemecahan Masalah. Jika Anda menggunakan versi terbaru, klik tombol “Segarkan Firefox” (Refresh Firefox).
  4. Jika Anda yakin untuk melanjutkan proses reset browser, klik “Setel Ulang Firefox” (Reset Firefox) atau “Segarkan Firefox” (Refresh Firefox) di versi terbaru pada jendela konfirmasi yang muncul pada layar.
  5. Setelah tombol diklik, maka selanjutnya browser Mozilla Firefox akan tertutup dengan sendirinya untuk diatur ulang atau reset pengaturan. Pada proses ini, tunggulah beberapa saat.

  6. Setelah proses reset selesai, Mozilla Firefox akan kembali terbuka dengan menampilkan data-data pengguna yang diimpor dari pengaturan sebelumnya. Biasanya yang diimpor dari pengaturan sebelumnya adalah data pribadi pengguna browser Mozilla Firefox.
  7. Jika sudah, klik Selesai dan browser Mozilla Firefox akan terbuka dengan tampilan seperti saat dipasang pertama kali.

Mungkin Anda penasaran, apa saja yang di-reset oleh Mozilla Firefox ketika proses reset pengaturan awal dilakukan? Dari informasi bantuan yang dijelaskan oleh Mozilla di situsnya, saat Anda melakukan reset browser Mozilla FIrefox ke pengaturan semula, semua pengaturan di Mozilla Firefox beserta informasi pribadi Anda akan tersimpan di folder profil, dengan cara membuat folder profil baru untuk Anda sambil menyimpan data-data penting yang Anda miliki.

Sedangkan add ons yang dipasang secara normal di browser Mozilla Firefox Anda, seperti extensions (ekstensi) dan themes (tema tampilan), akan dihapus. Untuk add ons yang disimpan di lokasi lain, seperti plugins (biasanya muncul ketika Anda memasang sebuah software yang fungsinya bisa dilakukan melalui Mozilla Firefox), tidak akan dihapus. Meskipun begitu, pengaturan yang telah dimodifikasi (seperti plugin yang telah dinonaktifkan) akan direset ke pengaturan semula.

Selain hal-hal tersebut, menurut situs yang sama, hal-hal dan pengaturan berikut akan terhapus saat Anda merest browser Mozilla Firefox Anda ke pengaturan semula:

  • Extensions (ekstensi eksternal)
  • Themes (Tema tampilan browser)
  • Perijinan situs (hal ini untuk mengatur suatu website untuk mengakses data tertentu di komputer Anda)
  • perubahan pengaturan
  • Search Engine / Mesin Pencari yang ditambahkan (di luar mesin pencari default yang disediakan oleh Mozilla Firefox). Pastikan Anda mengetahui terlebih dahulu perbedaan browser dan search engine agar tidak salah memahami poin ini.
  • Riwayat unduhan (download history)
  • penyimpanan DOM
  • sertifikat keamanan
  • pengaturan perangkat
  • aksi unduhan (untuk mengatur hal yang dilakukan setelah unduhan selesai dilakukan)
  • pengaturan plugin
  • kustomisasi toolbar

Lalu, apakah data-data penting Anda akan ikut terhapus juga setelah reset browser Mozilla Firefox? Anda tak perlu khawatir. Menurut situs yang sama, Mozilla Firefox akan menyimpan data-data penting dari pengguna setelah browser direset ke pengaturan semula, seperti:

  • Markah (Bookmark)
  • Riwayat Penjelajahan (History)
  • Password yang tersimpan
  • Tab yang terbuka
  • Cookies
  • Informasi formulir web otomatis-isi (fitur untuk mengisi isian suatu form secara otomatis)
  • Kamus pribadi (biasanya untuk menerjemahkan beberapa konten dalam website)


Ada catatan khusus yang patut Anda perhatikan ketika melakukan reset browser Mozilla Firefox ke pengaturan semula:

  • Langkah reset browser ini sebaiknya dilakukan jika Anda sudah melakukan cara menghapus virus browser, namun browser Mozilla Firefox Anda masih menunjukkan adanya virus.
  • Jika Anda pernah melakukan update versi Mozilla Firefox Anda dari versi lama ke versi baru. maka profil Firefox versi lama Anda akan tersimpan pada folder bernama “Berkas Lawas Firefox.” Jika reset browser ternyata tidak menyelesaikan masalah pada Mozilla Firefox Anda, Anda masih bisa mengembalikan beberapa data yang tidak tersimpan dengan cara mengkopi data profil lama Anda ke profil baru yang sudah dibuat. Jika Anda sudah tidak membutuhkan folder tersebut, sebaiknya Anda menghapus folder tersebut karena adanya informasi sensitif yang tersimpan dalam folder tersebut.
  • Khusus bagi Anda yang menggunakan Mozilla Firefox versi terbaru, Anda akan melihat pilihan tombol lain selain “Refresh Firefox” / “Segarkan Firefox”, yaitu “Restart with Add-Ons Disabled” / “Mulai Ulang dengan Pengaya Dinonaktifkan”. Tombol ini adalah pilihan bagi Anda yang ingin bermain aman ketika hendak melakukan reset browser. Hal tersebut didasari dari temuan beberapa masalah yang terjadi pada Mozilla Firefox yang disebabkan oleh berjalannya suatu add ons tertentu. Dimana add ons tersebut ternyata tidak cocok dengan versi Mozilla Firefox yang dipasang di komputer pengguna.
  • Sebaiknya, sebelum Anda melakukan reset, jika masalah browser Mozilla Firefox Anda sering not responding, simak beberapa cara mengatasi not responding pada Mozilla Firefox yang telah kami bahas di situs ini.

Bagaimana penjelasan kami mengenai Cara reset browser Mozilla Firefox ke pengaturan semula yang sudah Anda baca di atas? Semoga penjelasan kami tersebut dapat mengatasi masalah yang terjadi pada browser Mozilla Firefox Anda.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 01st, November 2017 / 13:13 Oleh :
Kategori : Browser