Sponsors Link

5 Cara Menghapus Virus Browser di PC Paling Mudah

Virus merupakan sekumpulan kode instruksi yang membentuk suatu perintah atau procedure dengan tujuan mengeksploitasi sstem yang dijagkiti, dan bersifat resistant serta mampu mengembangkan dirinya. Saat ini, virus bukan hanya saja mampu menginfeksi sistem dari OS yang dijangkiti, tetapi juga ternyata ia mampu menjangkiti aplikasi browser atau biasa kita sebut Web Browser, dengan media internet, mengingat kenyataaanya web browser merupakan sebuah aplikasi desktop-based yang paling banyak berinteraksi dengan dunia luar “internet” sehingga kemungkinan virus untuk menjangkati aplikasi browser tida bisa dianggap remeh. Media penyebaran virus melalui web browser ini beragam, beberapa diantaranya bisa melalui skrip HTML, addons, applet, dan lain sebagainya.

ads

Baca Juga :

1. Hapus URL Web Browser yang me-redirect ke homepage

Cara ini dilakukan dengan menghapus link redirect ke alamat tertentu yang diarahkan dengan memanfaatkan ikon shortcut web browser di Desktop, start Menu, ataupun System Taskbar. Sehingga apabila user membuka aplikasi web browser melalui shortcut di desktop yang settingan path locationnya sudah dibubuhi URL dari web yang mencurigakan, bukan tidak mungkin saat web page di-load, applet atau program malicious secara Sembunyi-sembunyi masuk kedalam sistem dan menjangkiti browser.

Cara melakukan penghapusan redirect :

  1. Klik kanan ikon web browser di desktop;
  2. Klik pada tab Shortcut, dan pada bagian target, setelah path .exe (misal : exe), cek apakah ada URL yang disisipin di bagian akhir teks, jika ada, hapus URLnya;
  3. Simpan perubahan dengan mengklik Apply, kemudian OK.

2. Hapus Homepage dari Web Browser

Sama seperti langkah diatas, penghapusan ini dilakukan dengan cara menghapus homepage dari web browser agar saat web browser dibuka, tidak mengakses halaman yang dicurigai tersebut. Tiap browser memiliki settingan yang berbeda untuk homepage, tetapi umumnya settingan homepage ditempatkan diawal dari window Pengaturan browser terkait.

Unuk Browser Chrome, langkahnya sbb :

  1. Klik ikon titik 3 pada pojok kanan atas web browser;
  2. Klik menu Settings;
  3. Pada section On Startup, klik Manage On Startup Pages;
  4. Pada Page to Open On Startup, klik dan pilih Open the New Tab Page;
  5. Restart web browser untuk melihat perubahan.

Baca juga :

3. Pengecekan Module Web Browser (Plugin, Extensions, atau Addons)

Langkah berikutnya adalah melakukan pengecekan ekstensi web browser, dengan cara masuk ke settings dari web browser, kemudian memilih pengaturan untuk addons.

Caranya sbb :

3.1 Untuk Browser Chrome, langkahnya sbb :

3.1.1    Klik ikon titik 3 pada pojok kanan atas web browser;

3.1.2    Arahkan pada More Tools, dan klik Extensions;
3.1.3    Cek untuk Extensi yang dirasa mencurigai atau Kita tidak pernah instal sebelumnya, dan klik ikon Trash di sebelah kanan nama extension untuk menghapus Extension
3.3.4    Restart Chrome untuk melihat perubahannya.

3.2 Untuk Browser Firefox, langkahnya sbb :

  1. Klik ikon garis 3 pada pojok kanan atas web browser;
  2. Klik menu Add-Ons;
  3. Dipanel kiri, klik Extensions, lalu dipanel kanan cek untuk extension yang dicurigai atau Kita tidak pernah menginstalnya, lalu klik tombol Uninstall;
  4. Lakukan untuk ekstensi lainnya yang dirasa aneh dan mencurigai;
  5. Lakukan restart Firefox;

4. Cek Software yang Terinstall

Software malicious atau mencurigakan yang terinstal otomatis saat Kita menjelajah Internet menggunakan web browser bisa saja menyebabkan web browser terjangkiti virus atau jenis dari malware sehingga berdampak pada penggunaan browser dan resource system yang ada.

Pengecekan perlu dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  1. Klik menu Start;
  2. Klik Control Panel;
  3. Cari entry add / Remove Programs;
  4. Klik pada header kolom installer On untuk melakukan sorting berdasarkan tanggal terbaru software yang diinstal;
  5. Cek program atau software yang mencurigakan, kemudian lakukan Uninstal program tersebut dengan cara klik kanan pada nama program, dan klik Uninstall;
  6. Ikuti tahap uninstal software hingga selesai;
  7. Restart PC untuk melihat perubahannya.
  8. Lakukan untuk program atau software lain yang dianggap mencurigai.

Baca Juga :

5. Melakukan setting Ulang browser

Setting ulang browser dilakukan untuk menghapus addons, extensions, theme, dan berbagai pengaturan terkait browser. Dengan demikian, seluruh addons, serta pengaturan browser akan dihapus dan konfigurasi browser akan dikembalikan ke awas seperti saat web browser pertama kali diinstal. Cara ini bisa dibilang cukup efektif untuk me-remove virus yang menginfeksi browser.

Caranya sbb :

5.1 Untuk Browser Chrome, langkahnya sbb :

5.1.1    Klik ikon titik 3 pada pojok kanan atas web browser;
5.1.2    Klik menu Settings;
5.1.3    Pada bagan pengaturan yang muncul, scroll halaman hingga bagian paling bawah dan klik pada button atau link Reset;
5.1.4    Lakukan konfirmasi dengan mengklik tombol Reset;
5.1.5    Tunggu hingga proses selesai, restart Chrome;

Langkah diatas akan menghapus seluruh ekstensi atau addons, tema, cookie dan data website, setelan konten privacy, dan settingan search engine. Yang telah terinstal sebelumnya di Chrome.

5.2 Untuk Browser Firefox, langkahnya sbb :

5.2.1    Klik ikon garis 3 pada pojok kanan atas web browser;
5.2.2    Klik ikon help dibagian bawah menu yang muncul, disamping menu Customize;
5.2.3.   Pada submenu yang muncul, pilih Troubleshooting Information;
5.2.4    Pada halaman webpage yang muncul, klik tombol  Refresh Firefox dibawah keterangan Give Firefox a tune up;
5.2.5    Konfirmasikan reset dengan mengklik Setel Ulang Firefox;
5.2.6    Firefox akan merestart otomatis setelah proses reset selesai;

Langkah diatas akan menghapus seluruh ekstensi atau addons, tema, cookie dan data website, setelan konten privacy, dan settingan search engine. Yang telah terinstal sebelumnya di Firefox.

Tips Mengamankan Browser

Untuk mengamankan browser dari virus, malicious software dan malware dari penyebarannya, perlu perhatikan beberapa Hal-hal berikut :

1. Selalu lakukan scanning virus;
2. Update secara kontinue Windows, dan juga Antivirus yang terpasang;
3. Jika memungkinkan, gunakan antivirus internet security yang memang ditujukan untuk penggunaan keamanan di dunia maya. Jika tidak memungkinkan untuk membeli sebuah software antivirus yang biaya lisensinya cukup mahal, gunakan yang versi freeware;
4. Selektif dalam melakukan instalasi addons, extensions, atau theme untuk browser. Sebaiknya menginstal hanya dari fasilitas store manager yang disediakan oleh Masing-masing browser.

Demikian artikel dari cara menghapus virus browser, semoga dapat memberi manfaat terutama dalam troubleshooting menangani virus pada web browser. Semoag bermanfaat.

 

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Sunday 08th, October 2017 / 09:19 Oleh :
Kategori : Browser