Home » Hardware » Ram » 6 Penyebab RAM Berkurang Pada Laptop dan PC

6 Penyebab RAM Berkurang Pada Laptop dan PC

by ivonny

RAM merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah unit komputer. Fungsi RAM adalah untuk penyimpanan data sementara ketika komputer sedang bekerja. Kapasitas RAM komputer yang rendah, bisa membuat komputer menjadi lemot. Apalagi jika komputer digunakan untuk memainkan game atau program grafis yang memerlukan kapasitas RAM cukup besar.

Mungkin anda pernah mengalami, ketika menambahkan RAM pada PC/ Laptop anda, kapasitas RAM yang terdeteksi tidak sesuai atau berukurang dari ukuran aslinya. Misalnya RAM anda 8 GB tapi saat di cek dikomputer, ukurannya hanya 3.2 GB. Ada beberapa hal yang menyebabkan hal tersebut terjadi, kali ini dosenIT akan mengulas beberapa penyebab RAM berkurang , dan mencoba mengatasinya supaya kapasitas RAM anda tidak mubazir. (Baca juga:Perbedaan RAM Dan ROM , Cara Mengatasi Komputer Tidak Bisa Booting)

1. Limit Support RAM pada Komputer

Setiap komputer memiliki limit suport RAM yang berbeda-beda, sesuai spesifikasi PC/ Laptop tersebut. Misalnya ketika saya memasang RAM berukuran 4 GB pada netbook axioo PJM lama saya yang limit support RAMnya hanya 2 GB, maka kapasitas yang terbaca dan bisa dipakai hanya 2 GB. Hal yang sama akan terjadi jika anda memasang RAM yang melebihi kapasitas yang disupport mainboard komputer anda. (Baca Juga: Cara Mempercepat Startup Komputer , Cara menjaga Laptop tidak mudah rusak)

RAM yang anda upgrade tidak akan bisa melebihi jumlah maksimum RAM yang tertera pada spesifikasi komputer tersebut. Jika anda memang sangat memerlukan komputer dengan kapasitas RAM yang cukup besar, cara terbaik adalah dengan mengganti komputer anda. (Baca juga: Tips Membeli Kapasitas Ram Yang Sesuai Kebutuhan , Jenis sistem operasi komputer)

2. Limit Support RAM pada Sistem Operasi yang digunakan

Selain spesifikasi hardware komputer anda, Sistem Operasi juga memiliki batasan maksimum RAM yang disupport. Contohnya system Operasi Windows 7 32 Bit, batas maksimum memori yang disupport adalah 4 GB, namun itu juga tidak penuh karena masih dikurangi dengan pemakaian oleh herware lain seperti VGA atau PCI bus, jadi kapasitas memori yang tampil hanya 3,2 – 3,6 GB. (baca juga: Jenis-Jenis Port Pada Komputer , Jenis-Jenis Modem)

Jika anda ingin mengupgrade kapasitas RAM anda komputer anda menjadi 8 GB dan spesifikasi komputer anda support untuk penambahan kapasitas RAM yang anda lakukan tersebut, namun anda memakai Win 32 bit, maka anda harus mengganti Sistem Operasi tersebut terlebih dahulu. Misalnya menjadi Windows 64 bit. Bergantung versi, Windows 64 bit mensupport lebih dari 8 GB RAM. Versi Windows 7 ultimate 64 bit bahkan mensupport hingga 192 GB RAM. Anda bisa melihat di situs resmi microsoft untuk mengetahui batasan maksimum RAM yang di support. (Baca juga: Perbedaan Windows 32-bit Dengan 64-bit , Kapasitas RAM Terbesar Saat Ini)

3. Ram Digunakan untuk VGA Card (Shared Memory)

Rata – rata VGA onboard merupakan VGA dengan shared memory, atau bisa dibilang menggunakan kapasitas memori dari RAM untuk keperluan VGA tersebut. Oleh sebab itu, jika tipe VGA pada komputer anda adalah VGA dengan shared memory, kapasitas RAM yang bisa anda pakai akan  berkurang. Anda tidak bisa melalukan apa – apa soal ini, karena untuk mengganti tipe VGA Onboard tidak bisa/ sangat sulit dilakukan. Baca juga: Penyebab RAM PC Penuh , Ciri-Ciri VGA Rusak)

4. Ram Kotor

Jika spesifikasi komputer anda mendukung, system operasi juga mendukung, serta VGA anda bukan VGA dengan shared memory, tapi kapasitas RAM anda terlihat berkurang banyak dari yang seharusnya; sepertinya anda perlu mengecek fisik RAM pada komputer anda. (Baca Juga: Penyebab Komputer sering hang , Fungsi Cmos pada motherboard)

RAM yang kotor bisa menyembabkan kurang baiknya akses data dari RAM, sehinga kapasitas yang bisa digunakan pada RAM tentu menjadi berkurang. Untuk itu sebaiknya anda cek RAM anda, dengan membuka/ melepasnya dari slot RAM, kemudian membersihkan RAM tersebut. Selain membersihkan debu yang menempel, sebaiknya bersihkan juga pin pada RAM dengan menggunakan penghapus. Setelah itu pasang kembali pada slot yang tersedia dengan benar. (Baca juga: Cara membedakan RAM DDR 1 DDR2 DDR 3)

5. Ram Rusak

Jika setelah dibersihkan, kapasitas RAM yang digunakan komputer tetap tidak sesuai dengan kapasitas aslinya, kemungkinan RAM tersebut rusak. anda bisa membaca ciri -ciri ram komputer rusak sebagai refensi anda. Untuk meyakinkannya anda bisa menggantinya dengan RAM lain yang kondisinya baik, lalu lihat kapasitas yang tertera pada komputer. Jika benar RAM anda rusak. Sebaiknya anda segera menggantinya, sebelum kerusakan RAM bertambah parah dan komputer anda malah jadi tidak bisa hidup/ mati dan membuat anda lebih repot lagi. (Baca juga: Penyebab Kerusakan RAM pada Laptop , Cara Menghidupkan dan Mematikan Komputer dengan Benar)

6. Menggunakan Dua Module Ram, dimana salah satu module RAM yang dipasang rusak/ mati

Beberapa mainrboard pada PC/ Laptop menyediakan dua slot RAM untuk anda gunakan. Jika anda memasang dua module RAM dan salah satu module RAM mati/ rusak, hal ini akan mengakibatkan kapasitas RAM yang satunya hanya akan terbaca setengahnya (meskipun RAM tersebut dalam keadaan baik). Untuk mengeceknya, anda perlu melepas salah satu RAM secara bergantian untuk mengetahui RAM mana yang rusak. Kedua slot pun perlu di periksa, karna bisa saja slotnya yang rusak.

Baca juga:

Jika benar salah satu RAM rusak. Sebaiknya lepas RAM yang rusak tersebut, sehingga kapasitas RAM yang baik (tidak rusak) bisa di gunakan secara maksimal, tidak hanya setengahnya seperti sebelumnya. Satu lagi mengenai RAM, jika anda memasang dua module, usahakan kedua RAM berukuran sama. Misalnya RAM dengan kapasitas 2 GB dislot satu dan 2 GB pula dislot yang kedua, sehingga yang terbaca 2 GB + 2 GB atau total 4 GB. Karena jika anda memasang RAM 2 GB dislot pertama, dan 1 GB di slot kedua. RAM yang terbaca hanya 1 GB + 1 GB atau total 2 GB. Karena pada dua module RAM, RAM yang akan terbaca mengikuti RAM terendah. (Baca juga: pengaruh RAM terhadap kerja komputer , Cara Meningkatkan Kinerja Laptop yang Lemot)

Demikian ulasan beberapa penyebab RAM pada komputer berkurang. Spesifikasi komputer, yang menentukan limit support RAM yang dipasang; versi sistem operasi yang dipakai, VGA dengan shared memori, serta kondisi RAM yang rusak/ kotor bisa menyebabkan berkurangnya kapasitas RAM yang digunakan. Setelah anda mengetahui penyebabnya, segeralah lakukan tindakan agak RAM anda tidak lagi mubazir..

Akhirkata, semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang anda butuhkan. Jika ada pertanyaan, pemambahan, atau komentar yang membangun, silahkan tinggalkan pesan, dan jangan lupa berbagi ya jika anda merasa artikel ini bermanfaat. Sekian dan Terimakasih.

You may also like