Home » Hardware » Ram » 11 Cara Memperbaiki Slot RAM Motherboard yang Rusak pada Laptop

11 Cara Memperbaiki Slot RAM Motherboard yang Rusak pada Laptop

by Elang Hendy Subrata

Masalah laptop yang cukup sering terjadi adalah pada bagian RAM komputer. Seperti yang kita ketahui bahwa fungsi RAM adalah salah satu komponen komputer yang memiliki fungsi  sebagai penyimpanan memori sementara di dalam komputer pada saat aplikasi maupun software dijalankan. Pada umumnya masalah yag menimpa pada RAM adalah jumlah memorinya berkurang dari biasanya.

Contohnya, jika laptop memiliki dua slot RAM yang diisi masing-masing 2GB, maka total memori yang digunakan adalah 4GB. Nah, pada suatu saat, ternyata memori RAM yang digunakan malah berkurang menjadi 2GB saja. Nah, dari sini sudah terlihat bahwa ada masalah yang terjadi pada bagian RAM. Jika kamu udah mengganti RAM baru namun tidak ada perubahan, maka masalah yang terjadi bisa jadi ada pada bagian Slotnya.

Jika kerusakan yang terjadi ada pada bagian Slot RAM motherboard, maka cara memperbaikinya adalah sebagai berikut.

  1. Pertama-tama buka terlebih dahulu tempat penyimpanan memori RAM pada laptop, biasanya penyimpanannya ada dibagian belakang. Bukalah sekrupnya menggunakan obeng.
  2. Untuk mengetahui slot mana yang mengalami kerusakan, maka pertama-tama kamu harus melepas salah satu memori kemudian nyalakan laptop.
  3. Setelah laptop dinyalakan, langsung masuk pada bagian BIOS.
  4. Lihatlah pada bagian memori yang digunakan. Jika memori muncul angka-angkanya maka slot pada memori tersebut masih berfungsi dengan baik,
  5. Nah, pada bagian awal ini kita fokus untuk mencari bagian mana yang mengalami kerusakan dengan cara mengeceknya melalui BIOS. Ketika dicek dan tidak ada jumlah memori pada saat penegecekan di BIOS, maka bisa dipastikan slot tersebut mengalami kerusakan.
  6. Jika sudah ditemukan slot mana yang mengalami kerusakan, langkah selanjutnya adalah bersihkan pin RAM terlebih dahulu, bisa jadi kerusakan yang terjadi pada bagian slot disebabkan RAM laptop yang berbeda sehingga hal tersebut menyebabkan terjadinya kerusakan. Perlu kamu ketahui bahwa RAM komputer maupun laptop memiliki perbedaan. Jika kamu belum tahu, kamu lebih baik pelajari cara mengetahui RAM laptop DDR2 atau DDR3 sehingga tidak ada komponen yang rusak baik itu slot RAM maupun RAM itu sendiri.
  7. Berikutnya, bersihkan juga bagian Slot RAMnya. Perlu diketahui bahwa slot memori yang rusak bisa jadi karena beberapa faktor seperti adaya kotoran pada bagian slot, atau ada sedikit lecet karena paksa memori RAM pada bagian slot memori RAM. Oleh karena itu, cobalah untuk membersihkannya dengan menggunakan lap atau sapu kecil. Pastikan juga lap yang digunakan berbahan lembut dan juga dalam keadaan kering.
  8. Jika sudah pasang kembali RAM pada bagian slot memori yang sudah dibersihkan tadi. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa gunakan memori RAM yang sesuai dengan bagian slotnya.
  9. Masukan secara perlahan-lahan dan sedikit ditekan agar bagian pin RAM dapat tersambung secara sempurna pada bagian slot memorinya.
  10. Jika sudah, tutup kembali pelindung mmemori RAM dan jalankan komputer.
  11. Selesai.

Pada dasarnya slot memori RAM sudah menyatu dengan bagian motherboard. Jika cara-cara di atas masih belum berhasil, maka kamu harus mengganti slot memorinya. Dengan kata lain, kamu harus mengganti semua komponen yang ada di motherboard. Sebab, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa slot memori RAM sudah menyatu dengan bagian motherboard. Oleh sebab itu, ketika ada bagian komponen motherboard yang mengalami kerusakan, maka komponen motherboardnya harus ada yang diganti.

Jika kamu belum ahli dalam memperbaiki motherboard, lebih baik kamu membawa laptop tersebut ke tempat servis komputer dan laptop. Atau jika laptop kamu masih memiliki garansi, maka hal tersebut jauh lebih baik karena laptopmu dapat diperbaiki secara gratis. Semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk kamu dan pembaca semua.

You may also like