3 Perbedaan RAM Dan ROM

RAM dan ROM merupakan perangkat keras komputer sebagai memori yang bertugas untuk media penyimpanan pada PC, Laptop, gadget dan lainnya. Meskipun sama-sama media penyimpanan, RAM dan ROM memiliki beberapa perbedaan yang harus kita ketahui, namun sebelum membahas tentang perbedaan antara keduanya, alangkah baiknya kita mengetahui pengertian RAM dan ROM.

ads

Pengertian RAM

RAM atau Random Acces Memory merupakan penyimpanan data sementara program dalam komputer yang masih aktif. Fungsi RAM pada komputer sendiri adalah otak dari jalannya sebuah komputer maupun pada perangkat selular smartphone.

RAM ini bekerja saat komputer maupun smartphone sedang bekerja, sebagai memori sementara untuk memperlancar kinerja dari processor dalam membaca perintah dari user. Terlebih penggunaan terhadap kapasitas RAM terbesar untuk melakukan multitasking program yang dilakukan oleh user. Oleh karenanya pengaruh RAM terhadap kinerja komputer sangatlah penting bahkan lebih penting dari hardware lainnya.

Pengertian ROM

Sedangkan ROM atau Read Only Memory merupakan ruang atau tempat pada komputer, laptop, gadget dan sejenisnya yang berfungsi untuk menyimpan file, seperti musik, gambar dan lainnya.

Berikut ini adalah perbedaan RAM dan ROM;

1. Kapasitas

RAM umumnya memiliki besaran MB dan GB dengan kecepatan yang cukup tinggi, selain itu RAM juga bisa ditingkatkan kapasitasnya, berbeda dengan ROM yang tidak bisa ditingkatkan kapasitasnya atau di kreasikan sendiri karena ROM diisi oleh pabrik pembuatannya sendiri. (baca juga: tips membeeli kapasitas RAM yang sesuai kebutuhan)


2. Keamanan Data Yang Disimpan

Data yang tersimpan dalam ROM tidak mudah hilang dan bersifat permanen karena pada saat proses penyimpanan ROM tidak membutuhkan daya. Sedangkan data yang tersimpan dalam RAM rentan hilang saat komputer mendadak mati atau dimatikan, hal ini dikarenakan dalam proses penyimpanan Ram membutuhkan daya tambahan.

3. Jenis Produk

Jenis dari ROM meliputi PROM (Programmable Read Only Memory) yang diproduksi sebagai memori kosong. Contohnya CD-ROM, EPROM, dan EEPROM. Pada PROM, pengisian datanya ditulis secara elektris, sedangkan EPROM dapat mempertahankan informasi serta data dalam waktu yang cukup lama. Selain itu EEPROM pengisiannya dapat dilakukan kapan saja tanpa harus menghapus isi sebelumnya dari EEPROM tersebut.

Sedangkan RAM memiliki dua jenis yaitu DRAM dan SRAM. Untuk DRAM sudah menjadi jenis yang umum dikarenakan biasanya dijadikan satu paket dengan sistem hardware standart. Untuk segi kecepatan SRAM lebih cepat daripada DRAM, karena DRAM memerlukan refresh ribuan kali, kecepatannya biasanya 60 nanodetik sedangkan SRAM tidak perlu hal tersebut dan kecepatannya mencapai 10 nanodetik.

Itulah beberapa perbedaan yang dimiliki oleh Ram dan ROM, meskipun sama-sama memori namun keduanya memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Anda harus mengetahui hal ini agar tidak salah presepsi dan untuk menambah wawasan.

artikel terkait lainnya:

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 23rd, February 2016 / 09:28 Oleh :
Kategori : Ram