2 Cara Efektif Menambah RAM Windows 7 32 bit

Komponen-komponen komputer merupakan satuan unit yang saling terhubung satu sama lain. Setiap unit memiliki fungsinya masing-masing sehingga hal tersebut akan terbentuk komputer secara sempurna. Komponen komputer yang selama ini dianggap penting adalah processor. Padahal, seperti yang sudah disebutkan kalau semua komponen memiliki tugas dan fungsinya masing-masing. Salah satu komponen yang tidak kalah pentingnya adalah RAM.

ads

RAM merupakan kepanjangan dari Random Access Memori. Fungsi RAM yang paling utama adalah untuk menyimpan sementara memori yang dipakai ketika kamu akan membuka sebuah aplikasi. Permasalahan klasik yang terjadi mengenai RAM adalah kesulitan dalam membuka aplikasi, game, maupun software yang disebabkan memorinya penuh.

Contohnya saja, aplikasi grafis menuntut komputer maupun laptop harus memiliki RAM yang cukup besar. Sebab, aplikasi grafis harus memuat video dan gambar sampai resolusi tinggi sehingga tentu saja menjadi penyebab RAM cepat penuh. Contoh lainnya bisa kamu lihat jika ingin bermain sebuah game. Game yang memiliki kualitas visual yang termasuk HD, pasti membutuhkan memori RAM yang besar juga, Meskipun memori hardisk sudah besar namun memori RAM masih kecil, tetap saja game tidak akan bisa dijalankan dengan baik.

Itu pun belum ditambah dengan sistem operasinya. Saat ini, sistem operasi minimal yang dapat menggunakan sebuah game maupun aplikasi lainnya adalah Windows 7 32bit. Untuk kamu yang memiliki komputer atau laptop yang mempunyai sistem operasi  Windows 7 32bit dan memori RaM kecil, berikut ada tips cara menambah RAM PC dan laptop agar dapat menjalankan game, aplikasi dan software dengan lancar.

1. Menambah RAM Secara Fisik

Cara yang pertama adalah dengan menambah RAM pada komputer maupun laptop. Khusus untuk menambah RAM, ada beberapa pertimbangan yang harus kamu perhatikan. Pertimbangan tersebut antara lain sebagai berikut.

  • Slot Kosong

Pada beberapa laptop biasanya sudah dipasang dua slot RAM. Tujuannya adalah kita dapat menambah memori RAM sendiri jika dibutuhkan. Akan tetapi, apabila slot memori RAM hanya satu saja atau dua-duanya sudah terpasang, maka kamu tinggal mengganti saja kartu memori RAM-nya dengan RAM yang diinginkan.

  • Cek Jenisnya

Berhubungan dengan poin sebelumnya, kamu harus mengetahui ukuran memori RAM itu sendiri. Sebab, jenis RAM pada komputer dan laptop itu berbeda-beda, ada yang DDR2, DDR3, DDR4, dan lain sebagainya. Di bagian ini harusnya kamu sudah paham cara membedakan RAM DDR1, DDR2, DDR3. Sebab, tempat slot memori RAM pada komputer maupun laptop sudah didesain sesuai dengan jenisnya masing-masing. Dengan begitu jenis memori yang berbeda dengan slotnya akan susah dimasukan. untuk kasus ini, kamu juga perlu mempelajari cara mengetahui max RAM support Motherboard.

  • Cek Ukurannya

Jika sudah mengetahui jenis memori RAM yang digunakan, selanjutnya adalah mengecek ukuran memori RAM yang dibutuhkan. Apabila memori RAM sebelumnya sudah dipasang sebesar 2GB, sebaiknya dipasang juga dengan ukuran yang sama yakni 2GB. Kalau misalkan kamu membutuhkan memori RAM sebesar 4 GB dengan cara 1GB ditambah 3GB, hal ini bisa juga diterapkan. Akan tetapi, performanya lebih menurun dibandingkan menggunakan memori RAM yang dipasangkan kapasitas sama besar.

  • Cek Kecepatan Transfernya

Berikutnya adalah mengecek kecepatan transfer pada memori RAM. Setiap memori RAM mempunyai kecepatan transfer rate yang berbeda-beda. Bisa kamu lihat pada bagian kodenya seperti PC 1900, PC 5000, PC 18050, dan lain-lainnya. Nah, perhatikanlah pada angkanya! Jika angkanya semakin besar, maka kecepatan rate-nya juga semakin kencang.


Cobalah lihat kecepatan rate pada memori RAM di laptop atau komputer. Usahakan kecepatan rate kedua memori RAM harus sama. Jika kecepatannya berat sebelah, komputer akan membaca kecepatan rate memori RAM yang paling kecil. Dengan begitu kamu akan sia-sia menambah memori RAM yang baru.

2. Menggunakan Virtual Memory

Jika kamu tidak ingin menambah atau pun mengganti memori RAM secara fisik, maka kamu bisa menggunakan cara virtual memori. Virtual memori sendiri adalah memori yang yang ditambahkan pada RAM dengan menggunakan sisa memori yang ada pada hardisk. Dengan kata lain, memori RAM akan “bertambah” dengan ditambahkan memori pada hardisk komputer maupun laptop. Caranya sendiri ikutilah langkah-langkah berikut.

  1. Pertama-tama bukalah Windows Explorer.
  2. Setelah itu, sorot kursor pada bagian My Computer lalu klik kanan dan pilih Properties.
  3. Setelah itu, sorot kursor pada menu Advanced System Settings lalu klik.
  4. Nanti akan terbuka sebuah pop up Advanced, lalu klik properties bada bagian kolom performance.
  5. Setelah terbuka, pilih tab Advanced kemudian klik Change.
  6. Akan terbuka tab virtual memory. Di sinilah kamu hilangkan ceklist pada bagian “Automatically manage paging file size for all drives” yang posisinya paling awal.
  7.  Jika sudah diklik, pilih memori harddisk mana yang akan dibuat partisinya.
  8. Setelah itu, klik “Costum Size” lalu masukan pada kolom “Initial Size” dengan jumlah memori yang ingin digunakan. Tentunya dalam satuan MB. Contohnya, kamu membutuhkan 5GB, maka kamu tulis 5000 MB.
  9. Isi juga pada bagian “Maximum Size” yakni batas memori yang digunakan. Contohnya batasnya sampai 9GB, maka kamu tulis 9000MB.
  10. Jika semuanya sudah selesai, klik OK dan restart komputer atau laptop.
  11. Memori RAM otomatis bertambah.

Namun, sebelum kamu menggunakan virtual memori ini, kamu harus mengetahui dulu bahwa memori Harddisk yang digunakan pada memori RAM otomatis akan berkurang. Tentunya kamu sudah mempersiapkan risikonya ya.

Itulah cara menambah RAM Windows 7 32bit. Jika kamu ingin membeli RAM yang baru. cobalah baca referensi tips membeli kapasitas RAM yang sesuai kebutuhan. Semoga pembahasan ini memberikan manfaat.

, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Ram