20 Cara Menambah RAM PC – Fisik, Harddisk, Flashdisk

RAM Komputer (Random Access Memory) merupakan salah satu perangkat tempat penyimpanan data pada komputer. Namun sifatnya hanya sementara, hanya ketika processor komputer bekerja. Fungsi RAM adalah untuk menyimpan data/ instruksi hasil olahan  processor. Pengaruh ram terhadap kerja komputer sangat penting. Jika kapasitas RAM kurang apalagi jika RAM mengalami kerusakan, tentu akan menyebabkan komputer tidak dapat berjalan dengan baik, bahkan mati (baca: penyebab laptop mati total , penyebab ram berkurang)

ads

Komputer akan terasa lemot jika kapasitas RAM yang dibutuhkan tidak terpenuhi. Karena ruang memori pada RAM akan menjadi terlalu penuh sehingga kinerja processor menjadi terhambat. Untuk mengatasi hal ini, anda harus menambah kapasitas RAM komputer (PC) anda. Anda bisa melakukannya dengan mengupgrade fisik RAM anda, atau bisa juga dengan bantuan Virtual Memory. Berikut ini akan dosenIT jabarkan langkah – langkahnya. (Baca Juga: ciri-ciri ram komputer rusak , penyebab ram pc penuh)

Menambah RAM Secara Fisik

Cara termudah untuk menambah kapasitas RAM adalah mengupgrade kartu memori PC anda. Namun untuk melakukan hal ini anda harus siap merogoh saku anda. sebelum membeli RAM pastikan untuk mengecek beberapa hal seperti tipe RAM, kapasitas RAM yang didukung motherboard komputer, dkk dan menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan anda. saya sarankan untuk membaca tips membeli kapasitas ram yang sesuai kebutuhan untuk memutuskan kapasitas RAM yang anda beli. (Baca Juga: Perbedaan RAM dan Hardisk , Pengertian Algoritma Pemrograman)

Berikut langkah – langkah mengupgrade kartu memori (RAM) anda:

  1. Lakukan pengecekan terhadap beberapa hal berikut:


Spesifikasi motherboard

Spesifikasi motherboard tentu berbeda – beda, salah satunya kapasitas RAM yang didukungnya. Jika Motherboard pada PC anda hanya mendukung kapasitas RAM hingga 8 GB saja, maka Kapasitas RAM yang terbaca dan bisa dipakai hanya 8 GB saja, meskipun anda memasang RAM berukuran 16 GB pada PC anda.


Tipe/ Jenis RAM

Anda beberapa tipes RAM yang dipakai pada PC di pasaran, yaitu DDR1, DDR2, atau DDR 3. Jenis RAM baru yang akan anda gunakan harus sama dengan jenis RAM lama anda, agar kompatibel dengan motherboard PC anda. Anda bisa membaca panduan cara membedakan ram ddr1 ddr2 ddr3 sebagai referensi.

Jumlah Slot RAM pada motherdoard komputer

Rata-rata motherboard pada PC menyediakan 2 slot RAM; namun beberapa motherboard hanya menyediakan satu slot saja, walau ada juga yang lebih dari 2. Jika slot RAM pada PC anda hanya satu, maka anda harus membeli RAM pengganti dengan kapasitas yang lebih besar. Misalnya RAM lama anda adalah 4 GB, anda harus membeli RAM dengan kapasitas 8GB agar kapasitas RAM PC anda menjadi 8 GB. –  Jika terdapat dua slot, anda bisa membeli kapasitas RAM yang sama dengan RAM lama anda. misalnya, RAM lama anda kapasitasnya 4GB, anda hanya perlu membeli satu lagi RAM berukuran 4GB agar kapasitas RAM anda menjadi 8 GB. (Baca juga: perbedaan RAM dan ROM)


Kapasitas RAM lama anda

Sebelum memutuskan membeli RAM yang baru, ada harus mengecek kapasitas RAM lama anda. untuk menentukan kapasitas yang harus anda beli atau untuk memutuskan perlukan membeli RAM lagi. Jika kapasitas RAM anda ternyata sudah sampai pada batas maksimum kapasitas RAM yang didukung oleh motherboard, tidak ada gunanya membeli RAM yang lebih tinggi. Anda bisa membaca cara cek ram laptop sebagai referensi.



  1. Putuskan PC dari aliran listrik/ sumberdaya lain
  2. Buka casing CPU PC anda, lakukan perlahan dan simpan bautnya dengan baik agar tidak hilang.
  3. Hilangkan listrik statis dari tubuh anda dengan menyentuh benda yang terbuat dari logam
  4. Lepaskan RAM lama jika anda ingin menggantinya. Abaikan jika tidak. (Baca Juga: Fungsi Flowchart dalam Pemrograman)
  5. Pasang RAM pada slot yang kosong. Pastikan anda memasangnya dengan benar.
  6. Pasang RAM secara berpasangan. Jika PC anda memiliki 2 slot RAM, sebaiknya gunakan kedua slot tersebut. Namun ukuran kedua RAM yang anda pakai harus sama, jika tidak, ukuran paling rendahlah  yang akan di gunakan (baca juga: kapasitas ram terbesar saat ini).
  7. Sebelum kembali menutup casing, periksa dahulu apakah anda telah memasangnya dengan benar dan tidak ada kendala yang terjadi dengan menghidupkan PC.
  8. Jika PC bisa berjalan dengan normal, tidak ada keanehan yang perlu di kuatirkan, barulah anda pasang kembali casing PC anda. sebaiknya putuskan semua sumber daya PC sebelum memasang casing. (Baca Juga: Bahasa Pemrograman Web Paling Populer)

Menambah RAM dengan  Hardisk (Virtual Memory)

Menggunakan virtual memory adalah cara kedua yang bisa nada lakukan untJuk menambah kapasitas RAM anda. Cara ini dilakukan dengan “meminjam” kapasitas memory hardisk anda, dan mentransfer data dari RAM ke ruang memori pada hardisk tersebut. Sehingga tentu akan sedikit mengurangi kapasitas hardisk yang terpasang pada PC anda (baca juga: harddisk eksternal terbaik , fungsi virtual memory)

Berikut langkah-langkah membuat Virtual Memory untuk menambah RAM

  1. Buka menu Start, lalu klik kanan pada My Computer > pilih opsi Properties (Baca Juga: Penyebab Laptop Restart Sendiri)
  2. Buka menu Advanced system setting > Settings
  3. Pada pilih opsi Change pada Tab Advance
  4. Uncheck opsi Automatically manage paging file size for all drives
  5. Pilih drive yang anda gunakan untuk membuat virtual memory. sebaiknya pilih drive C, atau partisi tempat file sistem operasi tersimpan (baca juga: cara mengubah bahasa di laptop)
  6. Atur ukuran virtual memory yang ingin anda buat pada opsi Costum size. Pada initial size, saya sarankan isi dengan 2 kali kapasitas RAM fisik yang terpasang pada PC anda. Sedangkan pada maksimum size, isikan 4 kalinya.
  7. Klik Ok untuk menyimpan pengaturan yang telah anda buat, lalu restart komputer. (Baca Juga: Cara Mengatasi Komputer Restart Sendiri)

Menambah RAM dengan Flashdisk (ReadyBoost)

Selain ‘meminjam’ memori dari hardisk, anda juga bisa ‘meminjam’ memori dari flashdisk atau memori eksternal lain. Ini sangat berguna jika hardisk pada PC anda sudah terlulu penuh oleh data yang anda simpan, dan anda memiliki flashdisk nganggur. Minimal gunakan flasdisk berukuran 2 GB atau setidaknya setara dengan kapasitas RAM  fisik anda. lebih besar, lebih baik (baca juga: penyebab kerusakan ram pada laptop , Cara Bootable Flashdisk)

Berikut langkah – langkah menambah memory RAM menggunakan flashdisk:

  1. Siapkan flashdisk dan hubungkan ke PC anda
  2. Pilih opsi Speed up my system saat autoplay flashdisk muncul. Jika autoplay tidak tampil anda bisa mengaksesnya dengan mengklik kanan pada flashdisk lalu pilih opsi Properties > Tab ReadyBoost
  3. Ada 3 opsi pada kotak dialog yang muncul yang bisa anda pilih:
    • Do not use this device: posisi default. Tidak menggunakan fitur ReadyBoost pada flashdisk.
    • Dedicate this device to ReadyBoost: untuk menggunakan seluruh kapasitas flasdisk sebagai ReadyBoost (baca juga: cara mengatasi laptop blank saat dinyalakan).
    • Use thi device: jika anda tidak ingin menggunakan seluruh kapasitas flashdisk untuk ReadyBoost. Anda bisa mengatur kapasitas yang anda inginkan dengan menggeser slide dibawah opsi ini (baca juga: cara menghapus virus trojan di android).
  4. Klik OK untuk menyimpan pengaturan, lalu restart komputer anda.

Demikian artikel mengenai cara menambah RAM PC yang bisa anda lakukan, menupgrade RAM secara fisik, menggunakan Virtual Memory, atau fitur  ReadyBoost. Penambahan RAM merupakan salahsatu cara agar komputer tidak lemot. Semoga bermanfaat..

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 14th, April 2017 / 10:39 Oleh :
Kategori : Ram