Sponsors Link

4 Cara Menambah VGA Laptop dengan Software

VGA merupakan standar tampilan komputer analog. Standar yang dipasarkan pertama kali pada tahun 1987 oleh IBM ini sebenarnya sudah diganti dengan standar baru yang lebih uptodate. Namun VGA masih tetap diimpelementasikan pada Personal Computer (PC).

ads

Fungsi VGA card adalah mengolah data grafis yang ditampilkan pada monitor. Kartu VGA menerjemahkan sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada monitor. Jenis-jenis VGA Card yang digunakan pada komputer ada beberapa macam, yaitu kartu VGA ISA, kartu VGA EISA, kartu VGA PCI, kartu VGA AGP, dan kartu VGA PCIe.

Program – program yang membutuhkan kualitas display tinggi seperti beberapa jenis game dan program desain grafis, bisa membuat laptop terasa lemot ketika dijalankan. Salah satu penyebab hal tersebut terjadi adalah karena kapasitas kartu grafis (VGA) anda kurang , sehingga ruang memori VGA menjadi terlalu penuh dan menyebabkan kinerja processor terhambat. (baca juga: cara cek vga laptop , Ciri-Ciri VGA Rusak)

Salah satu cara meningkatkan kinerja laptop yang lemot yang disebabkan rendahnya kualitas VGA card adalah dengan meningkatkan kapasitas VGA. Namun untuk mengupgrade VGA Card Laptop yang pada umumnya bersifat onboard sulit dilakukan. Cara alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan menambah VGA menggunakan bantuan software. Berikut ini akan dosenIT paparkan cara menambah VGA laptop dengan software. (Baca Juga: Cara Mengatasi Laptop Blank)

1. 3D Analize

3D analyze merupakan program emulator pixel shader yang sering digunakan para pencinta game untuk membantu me-render environment game yang dimainkannya. 3D analize bekerja sebagai VGA Virtual dengan ‘meminjam’ sebagian ruang memori RAM (baca juga: fungsi virtual memory, Aplikasi Pembuat Animasi 3D)

Dengan bantuan program 3D analize ini, pekerjaan VGA ketika menjalankan program yang berat akan berkurang, sehingga laptop tidak akan lemot lagi. Berikut cara menggunakan 3D analize:

  1. Pastikan kapasitas RAM anda cukup besar, sehingga bisa ‘dipinjam’ untuk VGA virtual.
  2. Download dan Install 3D Analize (baca juga: ciri ciri lcd laptop rusak).
  3. Jalankan 3D Analize VGA Virtual. Anda bisa memilik program yang akan dijalankan pada kolom select pada kotak dialog (baca juga: cara mengatasi komputer no signal).
  4. Anda akan menemukan panel – panel di kolom bagian kanan kotak dialog. Sesuaikan panel – panel tersebut dengan kebutuhan anda. Sebagai acuan anda bisa melihat grafik VGA.
  5. Klik Run setelah pengaturan selesai dilakukan (baca juga: cara mengembalikan layar laptop terbalik).

2. IDAMT

IDAMT merupakan singkatan dari ‘Intel Display Adapter Management Tool’. IDAMT dapat digunakan untuk menambah memory VGA, namun pengunaannya khusus hanya untuk laptop dengan VGA Intel saja.  Sama seperti 3D analyzer, IDAMT melakukan share memory RAM ke VGA. Untuk itu anda harus memastikan kapasitas RAM anda cukup besar. (baca juga: fungsi control panel , Cara Membedakan RAM DDR 1, DDR 2, DDR 3)

Jika kapasitas RAM anda pas-pasan, anda bisa mengupgrade RAM anda terlebih dahulu. Upgrade fisik RAM cenderung lebih mudah dilakukan karena pada umumnya RAM bersifat add-on sehingga bisa dibongkar pasang dengan mudah. Bahkan kebanyakan motherboard menyediakan dua slot RAM. Selain mengupgrade fisik kartu memori (RAM), anda juga menggunakan virtual memori untuk semambah kapasitas RAM. (Baca Juga: Cara Menambah RAM PC , Perbedaan RAM dan Hardisk)


IDAMT mengubah Vertex Processing Mode, sehingga dilakukan pembagian pekerjaan. Sebagian processing dijalankan oleh memory pada aplikasi (game/ lainnya), tidak sepenuhnya oleh VGA (baca juga: fungsi cmos , Bahaya Main Game Online di Laptop)

Berikut cara menggunakan IDAMT:

  1. Download lalu ekstrak file program IDAMT.
  2. Jalankan Intel Display Adapter Management Tool yang berekstensi exe (baca juga: jenis-jenis bios)
  3. Buka Tab Vertex Processing Modes For Selected Executables (Intel Only), lalu klik Add Executable.
  4. Pilih game atau aplikasi lainnya yang memerlukan kualitas display tinggi, lalu klik Open.
  5. Lalu klik Change Vertex Processing Mode (baca juga: fungsi vpn)
  6. IDAMT akan bekerja ketika game/ aplikasi yang anda pilih dijalankan.

3. PHDGD Now

PHGD Now  bekerja dengan merubah settingan GPU. PHGD Now meningkatkan kinerja dengan mengurangi kualitas grafis dan meningkatkan ruang memori VRAM. Besar peningkatan VRAM bergantung seri GPU yang digunakan laptop anda. (baca Juga: dampak pengaruh cpu usage 100 , Penyebab RAM Berkurang)

Sayangnya aplikasi ini hanya mensupport beberapa VGA, diantaranya Intel HD generasi 1, 2, 3 dan 4, Graphic Media Acelerelator 41, 43, 45, 965, 3150, dan 3600. (Baca Juga: Penyebab Komputer Mati Sendiri , Perbedaan Bitmap dan Vektor)

Berikut cara menggunakan PHGD Now:

  1. Download, lalu install dan jalankan software program PHGD Now
  2. Klik Get Started
  3. Pada opsi Graphic Processor, pilih Graphic Processor yang digunakan oleh laptop anda
  4. Klik Grab It! (Baca juga: penyebab laptop mati total).
  5. Pilih sistem operasi yang digunakan laptop anda.
  6. Download file program dari link yang dimunculkan. File tersebut merupakan file program yang sesuai dengan spesifikasi laptop yang sebelumnya anda masukkan.
  7. Setelah download selesai dilakukan, install program tersebut.
  8. Restart Laptop anda. (Baca juga: penyebab laptop mati tiba-tiba).

4. Swiftshader

Sama seperti 3D analizer, Swiftshader merupakan program emulator pixel shader. Swiftshader dapat membantu meringankan kinerja komputer ketika menjalankan program aplikasi yang berat seperti game atau lainnya dengan melakukan pekerjaan kartu grafis dalam merender gambar dalam game atau aplikasi lainnya (baca juga: ciri ciri vga rusak , macam-macam software utility)


Cara menggunakan Swiftshader:

  1. Download Swiftshader lalu ekstrak fille tersebut. Simpan dalam satu folder.
  2. Copy paste file dll, d3d9.dll, dan swiftshader.ini ke folder tempat file executable game yang akan menggunakan fitur swiftshader. (Baca Juga: Penyebab Monitor Berkedip)
  3. Pada ini ada bisa melakukan pengeditan pengaturan kemampuan pixel shader, sesuaikan kebutuhan anda. Simpan jika ada perubahan yang dillakukan.
  4. Swiftshader akan bekerja saat anda menjalankan aplikasi game tersebut. (Baca juga: fungsi registry pada windows).

Demikian artikel mengenai cara menambah VGA laptop dengan software 3D Analize, IDAMT (Intel Display Adapter Management Tool), PHGD Now, atau Swiftshader. Menambah VGA dengan bantuan software merupakan salah satu cara agar komputer tidak lemot ketika menjalankan software dengan kualitas display yang tinggi pada spesifikasi laptop standar. Namun perlu diketahui cara ini akan mengurangi ruang memori RAM anda, sehingga jika RAM anda standar saja, sebaiknya terlebih dahulu lakukan upgrade RAM anda. (Baca Juga: Perbedaan RAM Dan ROM , Cara Menyambungkan Wifi Ke Laptop)

Akhir kata, semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang anda butuhkan. Jika ada pertanyaan, pemambahan, atau komentar yang membangun, silahkan tinggalkan pesan, dan jangan lupa berbagi ya jika anda merasa artikel ini bermanfaat. Sekian dan Terimakasih..

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Sunday 16th, April 2017 / 00:39 Oleh :
Kategori : VGA