Dampak Pengaruh CPU Usage 100% atau Lebih Tinggi

Saat ini, penggunaan komputer oleh user sudah semakin bervariasi. Banyak yang menggunakan komputer hanya untuk kepentingan office semata, seperti mengetik dan juga membuat neraca keuangan, ada juga yang menggunakan komputer untuk kepentingan hiburan, seperti menonton, mendengarkan lagu dan juga untuk bermain game. Penggunaan komputer yang bervariasi ini terkadang juga memberikan dampak yang bervarasi pula bagi sistem di dalam komputer itu sendiri. Salah satu hal yang patut untuk disoroti mengenai penggunaan komputer adalah CPU Usage.

ads

Fungsi CPU

Sebelum mengetahui apa dampak ketika CPU tinggi, kita harus mengetahui beberapa fungsi CPU :

  1. Melakukan pemrosesan informasi berupa menerima dan melaksanakan perintah dari device input
  2. Mengatur kinerja software dan hardware pada komputer
  3. mengelola algoritma pada saat pemrosesan data

Apa itu CPU Usage

CPU usage secara harafiah perarti kapasitas dari penggunaan komputer. CPU usage dapat kita deteksi melalui menu task manager, yang mana penggunaan dari CPU itu sendiri nantinya akan dinyatakan dalam bentuk persen (%). Apabila dalam keadaan normal, CPU usage akan menunjukkan angka 1% hingga 10% dalam kedaan standby dengan beberapa program yang berjalan. Ketika kita sebagai user mulai mengunakan komputer untuk keperluan yang berat, seperti bermain game, maka CPU usage akan naik, bahkan hingga mencapai 100%.

Penggunaan dari CPU usage hingga 100% ini ternyata memiliki dampak dan pengaruh yang tidak baik bagi kesehatan komputer kita. Apa saja dampak dari CPU Usage 100%? berikut ini adalah beberapa dampak dari CPU usage 100% :

  1. CPU dan keseluruhan komputer akan menjadi sangat panas

Dampak yang paling terasa ketka anda menemukan kondisi CPU usage sebesar 100 % adalah CPU dan juga keseluruhan sistem komputer anda akan menjadi sangat panas. Hal ini tentu saja dikarenakan karena penggunaan CPU yang berlebihan dan juga terlalu berat, seingga hal ini menyebabkan CPu menjadi panas. CPU yang menjadi panas akan berefek pada meningkatnya suhu dari komponen hardware lain, yang pada akhirnya akan menyebabkan suhu keseluruhan dari komputer anda menjadi sangat tinggi dan jug panas.


  1. Meningkatkan kemungkinan kompter mati sendiri secara mendadak

Dengan meningkatnya suhu dari komputer anda, maka hal ini juga dapat menyebabkan terjadinya gangguan lain, salah satunya adalah komputer yangbisa mengalami mati mendadak. Hal ini dikarenakan kondisi CPU yang menjadi sangat panas, dan tidak kuat untuk berjaan secara normal. Karena terlalu panas, maka CPU akan memberikan respon berupa mematikan komputer secara mendadak, yang tentunya meningkatkan resiko kerusakan hardware.

  1. Komputer menjadi lemot dan lambat

Selain dapat membuat suhu dari komputer menjadi lebih tinggi dan sangat panas, kondisi CPU usage 100% juga dapat menyebabkan komputer anda menjadi lemot alias lambat dalam menrespon yang akhirnya menjadi komputer sering hang. Hal ini dapat terjadi karena CPU sudah berada pada batas maksimalnya dalam menjalankan satu program. Apabila batas maksimal ini telah tercapai , maka CPU secara otomatis akan mengalami penurunan performa dalam menjalankan aplikasi lainnya, yang kemudian menyebabkan CPU dan juga keseluruhan komputer anda menjadi sangat lambat alias lemot.

  1. Banyak aplikasi dan software yang tidak berfungsi optimal

CPU Usage 100% juga berdampak pada sistem software anda. Dengan adanya CPU Usage 100%, maka hal ini dapat meningkatkan resiko software dan juga program yang sedang anda jalankan tidak akan berjalan secara optimal. Program dan juga software akan mengalami banyak gangguan, berupa lembat dalam merespon, sering mengalami force close, dan masih banyak lagi gangguan software yang muncul ketika CPU Usage sudah mencapai 100 %.


  1. Bisa berujung pada kerusakan hardware

Apabila dibiarkan terus menerus, kondisi CPU usage 100% akan merembet ke hardware. Hardware yang mungkin akan terkena dampak dari CPU Usage 100% pertama kali mungkin adalah CPU itu sendiri, dimana CPU mungkin saja akan mengalami kerusakan fisik karena terlalu banyak menanggung beban, yang menimbulkan komponen tersebut mengalami korsleting ataupun terbakar. Ketika komponen bagian dalam komputer sudah terbakar, maka dapat dipastikan anda membutuhkan biaya besar untuk memperbaikinya, karena bisa jadi komponen seperti Motherboard juga akan terkena dampaknya.

Itulah beberapa dampak dari CPU Usage 100%. Pergunakanlah komputer anda dengan bijak, jangan gunakan secara berlebihan (Baca : Perbedaan komputer server dengan komputer client biasa). Hindari penggunaan CPU hingga 100% dalam jangka waktu yang lama dan juga intensitas yang sering, karena hal ini dapat menyebabkan kerusakan parah pada komputer anda.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 09th, September 2015 / 14:32 Oleh :
Kategori : CPU