Home » Hardware » VGA » Inilah 6 Ciri Ciri VGA bekas Mining Wajib Dipahami Sebelum Membelinya

Inilah 6 Ciri Ciri VGA bekas Mining Wajib Dipahami Sebelum Membelinya

by Elang Hendy Subrata

Bitcoin, sebuah uang virtual yang yang cukup menarik perhatian beberapa orang. aktivitas menambang bitcoin pun menjadi cukup fenomenal dalam beberapa tahun terakhir ini. satu hal yang memberikan ketertarikan banyak orang untuk melakukannya adalah dari sisi nilai tukarnya yang terus menerus meningkat setiap harinya. Dengan kata lain, semakin banyak bitcoin yang didapat, maka semakin berpeluang mendapatkan pundi-pundi  keuangan yang cukup besar juga. Bitcoin sendiri bisa digunakan sebagai alat berbelanja di toko online, bermain game online, dan berbagai transaksi online lainnya.

Agar bitcoin bisa terus bertambah, tentunya diperlukan bitcoin mining atau jika diterjemahkan sama dengan menambang bitcoin. Untuk dapat melakukan penambangan bitcoin, maka diperlukan beberapa hal yang harus disiapkan dengan matang. Pertama perangkat komputer, aplikasi penambang bitcoin, dan jaringan internet.

Khusus pada perangkat komputer, ada satu perangkat yang dapat memengaruhi pendapatan dari bitcoin yakni VGA, khususnya adalah VGA card. Fungsi VGA card yang sebenarnya adalah sebagai komponen komputer untuk menampilkan graphic  aplikasi maupun software semaksimal mungkin. Contohnya saja, ketika kamu bermain sebuah game atau membuka software yang berhubungan dengan grafis, maka tampilannya akan lebih bagus dan lancar digunakan jika menggunakan VGA card yang terbaik.

Nah, selain digunakan untuk itu, VGA card juga dapat digunakan sebagai media untuk bitcoin mining. Sebab, banyak yang meyakini bahwa menggunakan VGA card adalah metode terbaik untuk melakukan bitcoin mining. Akan tetapi, karena kegiatan mining bitcoin sangat membutuhkan waktu yang tidak sedikit otomatis kinerja komputer pun harus terus di pacu bahkan bisa sampai 24 jam nonstop. Hal itulah yang menjadi salah satu penyebab VGA rusak mudah ditemukan.

Buat kamu yang ingin membeli VGA bekas, kamu perlu mewaspadai adanya VGA bekas mining.  Sebab, VGA bekas mining memiliki kualitas yang lebih rendah dan berpotensi akan mudah rusak. Oleh karena itu, untuk mengetahuinya, berikut ciri-ciri VGA bekas mining yang perlu kamu ketahui.

1.Cek VGA card secara langsung

Jika kamu lebih memilih untuk membeli VGA bekas secara online, maka pastikan kamu melakukan transaksi secara COD atau Cash in Delivery. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa VGA card bekas mining harus dilhat secara langsung dan diperiksa juga secara langsung. Ceklah di tempat apakah kondisi VGA card masih mulus atau ada beberapa bagian yang sudah lecet.

2.VGA card cepat panas dan lambat

Masih berhubungan dengan poin pertama, akan lebih baik jika kamu untuk menggunakan VGA card tersebut saat masih bersama penjualnya. Cobalah gunakan VGA tersebut apakah cepat panas atau tidak. Setelah itu, lihatlah kinerjanya apakah berjalan lambat atau masih tetap menunjukan kecepatan yang maksimal. Jika VGA card cepat panas serta lambat, maka bisa dipastikan VGA tersebut bekas mining.

3.BIOS dalam keadaan modding mining

Perhatikan juga bagian BIOS pada graphic cardnya. Pastikanlah BIOS pada VGA Card keadaannya masih dalam taraf normal. Jika pada bagian graphic cardnya terdapat modding mining pada bagian BIOS, maka bisa jadi VGA tersebut merupakan bekas mining.

4.Ada beberapa alur sirkuit yang menggembung

Coba juga untuk mengecek pada bagian PCB VGA-nya apakah terdapat beberapa alur sirkuit yang menggembung atau tidak. Pada VGA card yang sering melakukan mining akan sangat terlihat terdapat gelembung pada bagian sirkuitnya. Gelembung tersebut didapatkan karena efek panas terlalu sering digunakan untuk melakukan mining.

5.Socket pin power terdapat lelehan

Hal ini juga harus diteliti secara seksama oleh kamu. Cobalah untuk mengecek pada bagian socket pin power-nya. jika tidak memahami socketnya, bisa dilihat pada bagian enam atau delapan pin yang terdapat pada VGA. Ceklah dengan seksama apakah terdapat bekas lelehan atau tidak. Lelehan terjadi karena arus panas yang diakibatkan kegiatan mining.

6.Terdapat tanda artifak grafik

Untuk bagian ini, harus dilakukan pengecekan langsung pada komputer. Untuk melakukannya, maka kamu harus melakukan benchmark serta tes stres pada VGA card selama setengah jam lamanya. Tujuannya adalah mengetahui apakah ada tanda artifak grafik atau tidak pada VGA card tersebut. Apabila ada, maka VGA tersebut pernah digunakan untuk mining.

Memang untuk membeli sebuah barang apalagi bekas perlu perhatian serta ketelitian yang ekstra. Jika kamu sampai salah dalam membeli barang-barang apapun, maka kamu akan mendapatkan kerugian yang besar.

Oleh sebab itu, jika kamu ingin membeli jenis-jenis VGA card yang baik dan berkualitas tinggi, kamu harus memahami ciri-ciri VGA rusak agar kamu tidak sampai tertipu oleh harga yang murah saja. hal ini tidak hanya berlaku untuk barang bekas saja. Barang baru pun juga harus diperhatikan juga secara teliti. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk kamu semua.

You may also like