8 Cara Memperbaiki VGA Onboard yang Rusak dan Bermasalah

Dalam pembahasan artikel ini, saya akan membagikan cara memperbaiki VGA Onboard yang bermasalah. VGA on-board merupakan VGA yang telah terintegrasikan secara langsung dengan motherboard komputer, hal ini membuat VGA jenis ini tidak bisa dilepaskan dari motherboard tempatnya terpasang. Perlu diketahui juga VGA on-board merupakan VGA yang cukup sulit untuk diperbaiki secara hardware.

ads

Kebanyakan tukang service komputer yang dihadapkan dengan tugas memperbaiki VGA on-board akan memberikan solusi terhadap hal tersebut dengan saran untuk mengganti motherboard ataupun membeli VGA tambahan untuk mengatasi permasalahan yang ada pada VGA yang terpasang. Dalam kemungkinan terburuk dimana anda harus mengganti VGA yang ada pada terpasang pada komputer, anda harus mengetahui jenis VGA yang cocok dengan komputer anda. Untuk dapat melakukan hal tersebut anda dapat melakukan cara cek VGA laptop atau komputer untuk mengetahui VGA yang cocok dengan komputer anda.

Seperti yang sudah dibahas pada pembahasan artikel lainnya. Kerusakan pada VGA dimulai dari permasalahan ringan seperti tampilan artifak pada layar monitor hingga permasalahan berat dimana layar komputer tidak dapat digunakan kembali karena VGA telah mati total. Biasanya komputer anda akan menunjukkan tanda ciri-ciri VGA rusak ketika VGA anda mulai mengalami permasalahan. Sebelum mencoba untuk  memperbaikinya anda perlu menganalisa kerusakan pada VGA anda. Informasi tersebut nantinya bisa membantu memberikan gambaran umum dan membantu anda mencarikan solusi terbaik tentang VGA anda.

Sebelum kita melanjutkan pembahasan mengenai cara memperbaiki VGA onboard yang bermasalah. Mari kita kenali lebih lanjut dahulu tentang apa itu VGA onboard.

VGA Onboard pada Komputer

VGA Onboard merupakan istilah teknis dari VGA yang terintegrasikan secara langsung pada sistem komputer motherboard. VGA ini merupakan salah satu jenis dari VGA yang umum ditemukan pada komputer.

Secara keseluruhan VGA merupakan salah satu perangkat keras komputer yang digunakan untuk menerjemahkan data sinyal digital dari CPU agar bisa ditampilkan ke dalam monitor komputer. VGA Onboard dan VGA card adalah dua dari jenis – jenis VGA card yang umum ditemukan saat ini.

Perbedaan antara VGA Onboard dan VGA card terletak dari performa yang dimilikinya. VGA onboard tidak memiliki sistem akselerasi secara hardware sedangkan VGA card memiliki hal tersebut. Tentu ini akan mempengaruhi performa dari tampilan display komputer anda. Bila dibandingkan VGA onboard fungsi VGA card lebih cenderung pada penggunaan komputer yang memerlukan performa grafis yang tinggi.

Keadaan performa dari VGA pada suatu komputer bagi sebagian orang menjadi salah satu faktor penentu yang membuat suatu komputer dapat digunakan atau tidak. Performa yang baik dari VGA card tentu akan menunjang pekerjaan ataupun aktivitas yang berkaitan dengan pekerjaan yang membutuhkan performa grafis yang tinggi.


Secara keseluruhan bila dilihat dari performanya VGA onboard tidak dapat menjalankan semua fungsi yang dimiliki oleh VGA card. VGA onboard hanya bisa menjalankan fungsi – fungsi dasar seperti menerjemahkan tampilan sinyal digital ke sinyal grafis pada layar komputer. Meskipun hanya bisa menjalankan fungsi – fungsi dasar, VGA onboard masih dapat menerima jumlah RAM dengan kapasitas yang cukup besar untuk dapat menerjemahkan informasi digital ke sinyal grafis pada komputer. Akan tetapi tetap tidak melebihi apa yang dimiliki oleh VGA card.

Oleh karena itu VGA onboard tidaklah cocok jika digunakan untuk bermain video game ataupun untuk menjalankan macam – macam software 3d serta untuk  melakukan pengerjaan visual grafis yang memerlukan performa VGA yang tinggi. Saat ini pada sebagian besar komputer yang digunakan oleh banyak orang, penggunanya dapat memilih untuk menonaktifkan fungsi VGA onboard dan hanya menggunakan VGA card untuk mendapatkan performa yang lebih baik.

Setelah mengenali lebih lanjut mengenai VGA onboard mari kita memasuki ke pembahasan selanjutnya yakni cara memperbaiki VGA onboard.

Memperbaiki VGA On-board yang bermasalah

Ada tiga permasalahan yang umumnya dapat menyebabkan kegagalan VGA onboard untuk melakukan tugasnya. Permasalahan yang dimaksud disini merupakan kegagalan pada sub sistem tampilan grafis yang dikarenakan VGA onboard tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Tiga permasalahan tersebut adalah permasalahan hardware, software dan pengaturan kontrol BIOS.

Dalam kasus permasalahan secara hardware, seperti yang sudah disebutkan pada pembahasan awal. Jika VGA Onboard mengalami kerusakan tidak akan ada perbaikan yang dapat dilakukan secara efektif, bahkan bagi seorang ahli sekalipun. Umumnya ada dua hal yang dapat anda lakukan ketika anda menyadari VGA onboard anda bermasalah secara hardware. Hal tersebut adalah mengembalikan motherboard dimana VGA onboard yang bermasalah tadi terpasang kepada pembuatnya atau menginstall VGA card tambahan.

Permasalahan dalam hal software dapat diperbaiki oleh pengguna komputer pada umumnya. Biasanya ini dapat terjadi karena adanya kesalahan dalam pengaturan BIOS yang ada pada suatu komputer.

Untuk dapat memperbaiki permasalahan yang ada pada VGA on-board akibat kesalahan pengaturan BIOS anda dapat mencoba untuk mereset CMOS pada VGA Onboard yang anda gunakan. CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor) adalah sebuah komponen perangkat dari bagian motherboard yang ditanamkan pada setiap motherboard komputer. CMOS berfungsi sebagai sebuah RAM yang berfungsi secara khusus yang juga berukuran kecil dengan kapasitas hanya 64 byte. CMOS ini digunakan untuk menyimpan pengaturan yang ada pada BIOS ketika komputer dimatikan.

Dalam komputer, CMOS digunakan untuk menyimpan informasi dasar seperti informasi mengenai program konfigurasi, program diagnosa, dan pengaturan informasi tanggal dan waktu yang tidak akan hilang meskipun komputer anda dimatikan.

Perlu untuk dipahami ketika anda membersihkan atau mereset kembali CMOS, pengaturan BIOS pada komputer anda akan kembali seperti semula. Selain itu penting juga untuk  dipahami bahwa ketika membersihkan atau mereset kembali CMOS pada VGA Onboard anda akan mengembalikan kode BIOS ke keadaan originalnya. Keadaan dimana sebelum proses konfigurasi dari pabrikannya dilakukan.


Berikut merupakan cara yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki VGA onboard anda yang bermasalah secara software.

  1. Seperti biasa ketika anda ingin bekerja dengan komponen yang ada didalam sebuah perangkat sistem komputer, pastikan bahwa sumber daya listrik yang ada pada komputer telah menghilang. Ini dapat dilakukan dengan mencabut semua kabel sumber daya yang terhubung dengan komputer.
  2. Jika anda sudah melakukannya, buka panel penutup dari case CPU anda.
  3. Tandai lokasi/ tempat dari tiga jumper yang digunakan untuk mereset kembali CMOS apda motherboard.
  4. Motherboard anda akan memiliki dua pin shorting jumper yang biasanya dilabeli dalam situasi yang normal.
  5. Lepaskan pin jumper shorting satu dan dua, kemudian gantikan jumper tadi pada pin dua dan tiga.
  6. Setelah itu tekan kembali tombol power pada komputer. Nantinya ini akan membuat sistem pada komputer anda tidak akan menyala.
  7. Lepaskan jumper yang hendak direset dari pin dua dan pin tiga, kemudian gantikan pin tersebut pada pin satu dan dua.
  8. Sistem komputer anda akan meminta anda memasukkan setup dan pengaturan default dari komputer anda. Pastikan bahwa setup, tanggal, dan waktu yang anda masukkan adalah informasi yang benar karena nantinya ini akan digunakan secara otomatis untuk melakukan proses pengaturan lainnya yang berhubungan dengan BIOS anda.

Jika mereset kembali CMOS anda tidak memberikan efek pada komputer anda, anda tidak akan melihat apapun pada layar monitor komputer anda ketika anda menyalakannya kembali.

Itu tadi pembahasan mengenai cara memperbaiki VGA Onboard yang bermasalah. Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya.

, , ,
Oleh :
Kategori : VGA