Home » Hardware » VGA » 13 Cara Cek VGA Laptop Paling Mudah

13 Cara Cek VGA Laptop Paling Mudah

by Dadan Abdullah, S.Kom.

Video Graphic Adapter (VGA), memang memegang peranan penting dalam pengoperasian perangkat komputer, baik komputer desktop, laptop dan notebook, bahkan spesifikasi VGA saat ini menjadi pertimbangan utama dalam membeli laptop atau notebook untuk sebagian orang. (Baca juga : Jenis-jenis VGA Card , Cara Menggunakan Komputer Sesuai dengan Prosedur yang Benar)

Memang umumnya kita (terutama Saya), mempertimbangkan kualitas kinerja suatu laptop atau notebook dari processor dan RAM, namun untuk orang yang menginginkan performa dibidang grafis seperti para desainer grafis, video editor, photo editor, dan lain sebagainya akan lebih mempertimbangkan spesfikasi VGA. (Baca juga : Ciri-ciri VGA Rusak , Macam Software Grafis)

Lalu, bagaimana kalau ternyata laptop kita memiliki VGA yang mumpuni namun fungsinya tidak optimal karena drivernya belum terinstall, tentu saja kita sebaiknya mencari driver yang sesuai agar fungsi VGA pada laptop optimal. (Baca juga : Fungsi VGA Card , Cara Mengatasi Sound PC Tidak Bunyi)

Oleh karena itu, mengecek VGA (dan perangkat keras lainnya) pada laptop akan sangat berguna dalam hal (salah satunya) pencarian driver yang sesuai, berikut ulasan Cara Cek VGA Laptop :

  1. Lihat stiker pada laptop

Pada laptop biasanya terdapat stiker yang menunjukkan spesifikasi laptop tersebut, misalnya ukuran RAM, Hard Disk Drive, ukuran Layar (LCD/LED), processor, dan informasi lain termasuk VGA yang digunakan.

Namun tidak semua laptop menampilkan spesifikasi VGA pada stiker laptop, atau memang stikernya sudah rusak dan lepas karena suatu alasan sehingga informasi mengenai spesifikasi VGA tidak ada pada stiker. (Baca juga : Cara Meningkatkan Kinerja Laptop Yang Lemot , Ciri Ciri LCD Laptop Rusak)

  1. Lihat pada BIOS

Basic Input Output System (BIOS) merupakan salah satu memory pada komputer yang bersifat read-only (hanya dapat dibaca saja), itulah sebabnya BIOS juga disebut ROM (Read Only Memory).

Didalamnya terdapat berbagai informasi termasuk spesifikasi perangkat keras apa saja yang terhubung ke komputer, misalnya VGA, pada BIOS kita dapat melihat spesifikasi VGA yang terdapat pada komputer PC Desktop maupun Laptop, namun spesifikasi yang ditampilkan pada BIOS sangat terbatas. (Baca juga : Jenis-jenis BIOS , Penyebab Laptop Susah Dihidupkan)

  1. Lihat pada DirectX Diagnostic Tool (sistem operasi Windows)

DirectX Diagnostic Tool menampilkan informasi mengenai komponen DirectX dan Driver yang terinstall pada komputer dengan sistem operasi Windows, perangkat lunak ini merupakan perangkat lunak bawaan sistem operasi Windows.

Anda dapat membuka perangkat lunak ini melalui layanan RUN (dengan menekan tombolWinkey + R) lalu mengetik “dxdiag” (tanpa tanda petik) kemudian menekan ENTER atau klik Ok, klik Yes jika muncul kotak dialog. (Baca juga : Fungsi Registry Pada Windows , Perbedaan Windows 32 Bit dengan 64 Bit)

  1. Lihat pada Device Manager (sistem operasi Windows)

Seperti namanya, Device Manager merupakan perangkat lunak bawaan Windows yang berguna untuk mengelola perangkat keras (device) yang terhubung ke komputer, pada perangkat lunak tersebut kita dapat mengetahui berbagai spesifikasi laptop termasuk VGA. (Baca juga : Fungsi Control Panel , Cara Merubah IP Address Dynamic Menjadi Static)

  1. Menggunakan perangkat lunak CPU-Z

Perangkat lunak ini menampilkan informasi rinci mengenai perangkat keras utama pada komputer, perangkat keras tersebut termasuk Processor, Memory, Motherboard (Chipset, BIOS, dan lain sebagainya), juga yang tak kalah lengkap yaitu informasi mengenai VGA. (Baca juga : Penyebab RAM Berkurang , Dampak Pengaruh CPU Usage 100)

  1. Menggunakan perangkat lunak Speccy

Seperti halnya CPU-Z, Speccy juga mampu menampilkan informasi perangkat lunak yang terhubung ke komputer secara rinci, bahkan informasi yang ditampilkan pada perangkat lunak Speccy lebih lengkap dari perangkat lunak CPU-Z.

Speccy menampilkan informasi dengan tampilan yang sedikit berbeda, dalap Speccy, informasi diklasifikasi (dikelompokkan) menjadi informasi utama hingga detail dari sistem operasi, Processor, RAM, motherboard, Audio, Hard Disk Drive, Optical Disc Drive, peripheral, NIC, dan VGA. (Baca juga : Macam-macam Software Jaringan , Penyebab Kerusakan Hard Disk)

  1. Menggunakan perangkat lunak HWiNFO

HWiNFO merupakan perangkat lunak tingkat professional yang dapat digunakan untuk mengumpulkan informasi mengenai perangkat keras komputer, perangkat lunak ini mampu mengetahui perangkat lunak terbaru sekalipun.

Oleh karena itu perangkat lunak ini cocok digunakan untuk mencari driver untuk perangkat keras yang spesifik dan akurat. (Baca juga : Jenis Motherboard, Macam-macam Software Utility)

  1. Menggunakan perangkat lunak PC Wizard

Perangkat lunak ini dikembangkan oleh pengembang CPU-Z, namun PC Wizard lebih ditujukan untuk keperluan professional, perangkat lunak ini bisa mengekstrak informasi lebih banyak dari CPU-Z. (Baca juga : Penyebab Kerusakan Motherboard , Fungsi VPN)

  1. Menggunakan perangkat lunak Sandra Lite

Tidak seperti namanya, Sandra Lite bukanlah nama seorang perempuan melainkan nama suatu perangkat lunak seperti CPU-Z, Sandra Lite dapat mengekstrak informasi mengenai perangkat keras yang terhubung pada suatu komputer.

Perangkat lunak ini gratis untuk penggunaan secara pribadi pada satu komputer, untuk mendeteksi perangkat keras dan terhubung pada komputer dalam suatu jaringan, Anda diharuskan menggunakan versi pro (komersil). (Baca juga : Penyebab Motherboard Mati Total)

  1. Menggunakan perangkat lunak WinAudit

WinAudit pada dasarnya sama dengan CPU-Z, menyajikan informasi mengenai daftar perangkat lunak yang terhubung ke komputer, namun kelebihan perangkat lunak ini adalah mampu menampilkan lisensi, konfigurasi keamanan, jaringan informasi dan inforamsi lainnya dan dapat diekspor dalam file teks / PDF / XML / HTML. (Baca juga : Fungsi CMOS , Perbedaan HTTP dan HTTPS)

  1. Menggunakan perangkat lunak BlackBox

Fungsi utama dari BlackBox adalah untuk menampilkan rincian yang tepat mengenai komponen inti dari perangkat keras yang ada pada komputer Anda.

BlackBox tidak hanya menampilkan informasi rinci tentang komponen inti, namun juga menunjukkan informasi rinci tentang perangkat keras lain yang dipasang pada komputer, BlackBox mirip dengan CPU-Z dalam cara penyajian informasi dan bahkan antarmuka pengguna. (Baca juga : Cara Mengatasi Komputer Restart Sendiri , Perangkat Lunak Jaringan Komputer)

  1. Menggunakan perangkat lunak Flitskikker Info Tool

Flitskikker Info tool dapat menjadi perangkat lunak yang berguna jika Anda ingin membagikan (sharing) informasi mengenai spesifikasi perangkat keras komputer Anda dengan orang lain secara online, karena perangkat lunak  ini tidak hanya mengumpulkan informasi perangkat keras pada komputer, tetapi juga menyimpannya dalam sebuah file teks.

Perangkat lunak ini akan memberikan informasi tentang komponen perangkat keras utama termasuk Motherboard, Processor, Memory, Hard Disk Drives, Sound Card, VGA, Display, Mouse, Keyboard, Kartu Jaringan, DirectX, Sistem Operasi dan lain sebagainya. (Baca juga : Jenis-jenis Harddisk , Fungsi Virtual Memory)

  1. Menggunakan perangkat lunak Smart System Informer

Smart System Informer adalah perangkat lunak kecil yang dapat dengan cepat menampilkan informasi umum tentang perangkat keras suatu komputer dan software yang terinstall didalamnya, Smart System Informer  akan menampilkan informasi seperti ID komputer, prosesor, BIOS, memori (RAM), hard disk drive, VGA, motherboard, startup komputer, program yang diinstal dan lain sebagainya. (Baca juga : Penyebab Laptop Susah Dihidupkan , Bahaya Laptop Sering diinstal Ulang)

Demikian ulasan mengenai cara cek VGA laptop, perangkat lunak diatas tidak hanya dapat digunakan untuk mengecek VGA saja namun hampir semua perangkat keras yang ada pada komputer, keep learning.

You may also like