Home » Hardware » VGA » 4 Perbedaan VGA Card dengan VGA Onboard di dalam komputer

4 Perbedaan VGA Card dengan VGA Onboard di dalam komputer

by Elang Hendy Subrata

VGA merupakan salah satu komponen-komponen komputer yang perlu ada dalam CPU. VGA merupakan singkatan dari Video Graphics Accelerator yang biasanya sudah satu paket dengan motherboard. Kehadiran VGA tentu sangat penting karena memiliki fungsi sebagai pengolah gambar yang nantinya akan muncul di layar monitor.

VGA sendiri memiliki processornya sendiri yang bernama GPU. GPU adalah singkatan dari Graphics Processing Unit yang didalamnya sudah ada memori dan penyimpanan data sendiri. Hal tersebut juga sudah ada di dalam motherboard. Dengan begitu, kita tida perlu repot-repot lagi membeli VGA ketika akan merakit komputer.

Namun, pada dasarnya, di dalam CPU sudah disediakan slot untuk menggunakan VGA card. Sedangkan VGA yang tadi dibahas adalah VGA onboard atau biasa juga disebut VGA internal. Meskipun fungsi VGA Card dan VGA Onboard hampir sama, akan tetapi ada beberapa perbedaan yang bisa menjadi pertimbangan untuk kamu. Berikut perbedaan VGA Card dengan VGA Onboard di dalam komputer.

1. Sisi Kinerja

Jika kita melihat dari sisi kinerja yang dibebankan pada kedua VGA tersebut, ternyata memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Pada VGA Onboard, dapat berjalan untuk aktivitas yang terbilang ringan, seperti membuka aplikasi-aplikasi yang ukurannya kecil, membuka aplikasi-aplikasi office, dan berbagai aktivitas-aktivitas yang umum dilakukan di depan komputer.

Sedangkan pada VGA Card, fungsinya adalah dapat memaksimalkan komputer saat membuka  aplikasi maupun software yang sangat memerlukan kinerja grafis yang tinggi. Contohnya seperti software edit foto, video, dan juga untuk bermain game. Perlu diketahui bahwa saat ini game-game komputer sudah banyak menggunakan grafis yang sangat tinggi. Hal ini juga membutuhkan VGA dengan kulaitas terbaik. VGA dengan kualitas terbaik dapat didapatkan melalui VGA Card.

2. Sisi Memori

Jika kita melihat dari sisi memori yang digunakan, ada perbedaan yang terlihat dari kedua VGA tersebut. Pertama dari VGA Onboard. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa VGA Onboard memiliki memori sendiri yang terdapat pada GPU. Meskipun begitu, ada juga VGA yang sangat bergantung pada memori di RAM Komputer. Oleh sebab itu, ketika ada aplikasi, software, maupun game di dalam komputer sangat berjalan lambat, maka kapsitas memori pada RAM tidak mencukupi atau pas-pasan karena sudah “dimakan” oleh beberapa memori di VGA Onboard.

Hal ini berbeda dengan VGA Card yang memiliki memori sendiri juga namun dengan kapasitas yang lebih besar dibandingkan dengan VGA Onboard. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa VGA Card lebih fokus untuk memaksimalkan kinerja komputer saat membuka aplikasi, software, maupun game yang memerlukan kualitas grafis yang terbaik. Oleh sebab itu, ketika aplikasi, game, dan software menggunakan VGA card, maka kinerjanya akan jauh lebih maksimal sebab, semua memori sudah dipindahkan ke VGA card dan tidak mengganggu VGA onboard.

3. Sisi Ukuran

Perbedaan berikutnya adalah pada bagian ukurannya sendiri. Pada VGA Onboard, ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan VGA Card. Salah satu alasannya adalah VGA Onboard sudah “menyatu” dengan motherboard sehingga ukurannya perlu disesuaikan agar dapat masuk ke dalam slot motherboard yang sudah disediakan.

Sedangkan pada VGA Card, bentuknya lebih mirip dengan motherboard tapi versi yang lebih ramping. Karena VGA Card ini terpisah dari motherboard, maka socket yang dibutuhkan pun tertentu bahkan, VGA card ini dapat bekerja sendiri tanpa harus bergantung dengan RAM komputer lagi.

4. Sisi Fitur tambahan

Dari sisi fitur tambahan, sangat jelas kalau VGA Card dan VGA Onboard memiliki keunggulannya masing-masing. Pada VGA Onboard, tidak memiliki fitur tambahan karena fungsinya sendiri sebagai alat untuk dapat mengoperasikan kebutuhan standar yang ada di komputer.   

Sedangkan pada VGA Card, terdapat sebuah sistem pendingin yang memiliki fungsi untuk mendinginkan komponen yang ada di dalam VGA Card. Karena VGA Card lebih khusus menjalankan aplikasi, software, dan game yang terbilang cukup berat dijalankan, maka perlu adanya sistem pendingin ini.

Itulah 4 perbedaan VGA Card dengan VGA Onboard di dalam komputer. Jika diarik kesimpulan, baik VGA card dan VGA Onboard memiliki kelebihannya masing-masing. Jika kamu membutuhkan kinerja komputer yang biasa-biasa saja, VGA Onboard sudah cukup memenuhi kebutuhanmu.

Akan tetapi, jika kamu membutuhkan kinerja komputer yang dapat menjalankan program-program berat seperti game, software edit foto atau video, macam-macam software grafis, dan dapat memutarkan fiilm dengan resolusi tinggi maka VGA card bisa menjadi pilhanmu.

Hanya saja, tentunya kamu harus merogoh kocek yang dalam karena VGA Card rata-rata memiliki harga yang terbilang tinggi. Selain itu, kamu juga harus mengecek CPU yang kamu gunakan apakah dapat mendukung tambahan slot VGA card atau tidak. Perlu kamu ketahui bahwa tidak semua komputer mendukung adanya VGA card.

Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk kamu semua.

You may also like