6 Penyebab VGA Rusak Paling Sering Ditemukan

VGA (Video Graphic Array) merupakan perangkat keras (hardware) yang sangat berperan penting dalam memberikan tampilan visual grafis pada sebuah layar komputer. Fungsi VGA card yang mengubah sinyal digital pada komputer menjadi informasi tampilan grafis pada layar monitor sangatlah penting bagi bagi pengguna komputer.

ads

Sama seperti perangkat elektronik dan juga perangkat keras lainnya, jenis – jenis VGA card pada umumnya tidak selamanya luput dari kerusakan. Faktor – faktor umum seperti kurangnya perawatan, dan penggunaan yang tidak tepat menjadi penyebab VGA rusak yang umum ditemukan.

Gejala VGA yang rusak pada suatu komputer dapat dilihat dari layar komputer yang memiliki bintik – bintik, garis horizontal, ataupun tampilan grafis yang aneh yang tidak semestinya terjadi. Kesalahan gambar/ display yang disebabkan oleh kerusakan kartu grafis/ VGA dikenal dengan sebutan artifak. Umumnya keadaan VGA artifak dapat disebabkan oleh berbagai permasalahan baik itu faktor – faktor permasalahan hardware ataupun software/ driver.

Permasalahan yang disebabkan artifak rusak dapat diidentifikasi dengan cara berikut.

  • Jika tampilan artifak pada layar monitor telah ada sebelum OS berhasil dimuat/ saat komputer masih berada dalam tahap BIOS, dapat dipastikan bahwa permasalahan VGA berasal bukan dari permasalahan driver/ software melainkan dari permasalahan hardware. Ini merupakan salah satu tanda ciri – ciri VGA rusak.
  • Jika tampilan artifak hanya muncul ketika komputer menjalankan salah satu program, terdapat kemungkinan bahwa VGA memiliki permasalahan dengan kompatibilitas program/ software tertentu. Hal ini mengakibatkan munculnya tampilan visual artifak pada layar monitor.
  • Jika tampilan artifak muncul setelah OS termuat dan ketika menjalankan beberapa program, permasalahan yang ada dapat  berasal dari Driver ataupun dari segi softwarenya.

Semua orang berharap bahwa VGA ataupun perangkat keras dari komputer yang mereka miliki akan dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama dan juga dapat digunakan tanpa harus sering diperbaiki. Untuk dapat mencapai hal tersebut anda tentu haruslah dapat merawat VGA anda dan berusaha menghindari penyebab – penyebab yang dapat membuat VGA menjadi rusak. Untuk itu dalam pembahasan selanjutnya saya akan membagikan penyebab – penyebab umum yang dapat membuat VGA menjadi rusak.

Penyebab VGA Rusak yang Umum Ditemukan Secara Hardware.

Berikut merupakan penyebab – penyebab yang dapat membuat VGA menjadi rusak.

1. Overheating.

Overheating secara umum dapat menjadi penyebab VGA menjadi rusak. Faktor ini merupakan salah satu penyebab utama yang dapat membuat VGA menjadi rusak atau menghasilkan tampilan visual yang artifak. Banyak faktor yang membuat overheating mulai dari sistem pendingin yang tidak bekerja dengan baik, hingga beban komputer yang cukup berat ketika menjalankan program – program yang membutuhkan sumber daya kartu grafis yang tinggi secara berlebihan.

Suhu yang ada pada VGA sebenarnya merupakan respon dari jenis program apa yang dijalankan komputer. Temperatur yang dihasilkan oleh VGA akan relatif cukup normal ketika sedang bekerja dengan program 2D. Namun ketika sedang menjalankan program 3D yang memerlukan tampilan visual yang cukup tinggi (HD), ini dapat membuat VGA menghasilkan temperatur yang cukup tinggi.


Untuk dapat mengurangi dampak overheating pada VGA suatu komputer anda bisa memanfaatkan sistem pendingin yang cukup baik agar bisa mengurangi panas dalam suatu laptop ataupun dalam suatu komputer. Jangan lupa untuk membatasi penggunaan komputer untuk bekerja dengan tampilan HD dalam jangka waktu tertentu, usahakan untuk tidak melebihi 5 sampai 10 jam perhari tanpa mengistirahatkan komputer dari pekerjaan berat seperti rendering visual grafis, ataupun bermain game HD.

Perhatikan juga debu dan sirkulasi pada heat sink, dan ingat untuk selalu mengganti thermal paste pada papan VGA selama beberapa bulan sekali untuk membuat VGA menjadi lebih awet.

2. Sering Melakukan Overclock

Overclock yang dilakukan secara terus menerus dapat menjadi salah satu penyebab VGA rusak. Memaksa suatu kartu grafis/ VGA untuk melakukan pekerjaan dengan performa yang melebihi performa yang biasa dilakukannya akan membuat VGA menjadi cepat rusak.

Hal ini dikarenakan proses overclock pada komponen yang ada di komputer akan membuat  bagian dalam dari komputer menjadi panas dengan temperatur yang tinggi. Seiring berjalannya waktu, beban dan kerusakan yang dialami VGA akan berkumpul secara kumulatif hingga pada akhirnya menjadi rusak, dan memberikan hasil tampilan artifak.

Tampilan artifak ini akan menjadi semakin buruk hingga sampai ke keadaan dimana VGA tidak dapat digunnakan lagi. Melakukan overclock pada suatu komputer merupakan hal yang wajar, hanya saja pastikan anda tidak melakukan hal tersebut terlalu sering.

3. Kualitas Ram yang  Buruk

Kualitas RAM yang buruk adalah salah satu penyebab kerusakan VGA. Hal ini dapat terjadi karena terlalu seringnya kegagalan transfer informasi data yang berasal dari RAM. Faktor ini nantinya akan mempengaruhi performa dari VGA yang terpasang pada suatu komputer.

4. Kesalahan Instalasi Video Card pada Motherboard

Kesalahan Instalasi dari Video Card atau VGA dapat menjadi salah satu penyebab tidak dapat berfungsinya VGA sebagaimana mestinya. Jika tidak dipasang dengan baik selain tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya, ini juga dapat menjadi faktor penyebab VGA yang rusak. Kesalahan instalasi dari Video Card akan membuat kinerja dari Motherboard tempat VGA terpasang tidak dapat bekerja dengan maksimal.

5. Permasalahan Sumber Daya/ Tegangan Listrik pada VGA

Permasalahan sumber daya/ tegangan listrik pada VGA dapat menjadi salah satu penyebab VGA menjadi rusak. Power Supply yang buruk pada komputer merupakan permasalahan umum dari  permasalahan sumber daya yang dapat menyebabkan kerusakan pada VGA. Selain hal tersebut tegangan listrik yang kurang serta komputer yang sering mati secara tiba – tiba akan menjadi permasalahan yang dapat membuat VGA card pada komputer tidak dapat bekerja dengan maksimal dan seiring berjalannya waktu dapat menjadi penyebab kerusakan VGA card.

6. Kumpulan Debu pada bagian dalam komputer

Kumpulan debu yang ada pada komputer dapat menghalangi kinerja dari VGA. Dengan bertumpuknya debu dalam suatu perangkat komputer, komponen – komponen yang ada didalamnya akan menghasilkan panas yang lebih tinggi daripada biasanya. Beban panas ini pada akhirnya yang akan menjadi penyebab VGA menjadi rusak. Selain itu kumpulan debu yang ada pada bagian komputer dapat menjadi penyebab ram berkurang.

Itu tadi penyebab VGA menjadi rusak. Sebagai salah satu perangkat komputer dari komputer dan fungsinya yang sangat penting untuk dapat menerjemahkan tampilan grafis pada layar monitor komputer, maka sudah seharusnya anda mencoba untuk menghindari penyebab – penyebab VGA rusak yang sudah disebutkan sebelumnya. Dengan melakukan hal tersebut maka anda dapat membuat VGA anda menjadi lebih awet. Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya.

, ,
Oleh :
Kategori : VGA