Cara Menyambungkan Wifi Ke Laptop Paling Mudah

Kata wifi pasti tidak asing bagi para pengguna internet. Dan ketika mendengar kata wifi, sebagian besar orang pasti akan memikirkan internet. Ya, wifi yang merupakan singkatan dari Wireless Fidelity merupakan jaringan komputer tanpa kabel yang sering kita gunakan untuk mendapatkan akses internet. Seperti makna katanya, wireless = tanpa kabel, dengan jaringan wifi, kita tidak perlu direpotkan dengan kabel saat ingin mengkoneksikan laptop/ PC kita ke jaringan internet.  Jangkauannya juga cukup luas, bergantung router. Jauh lebih hemat dan praktis dibanding jika menggunakan kabel LAN. Baca juga: perangkat untuk mengakses internet dan fungsinya.

ads

Sebenarnya wifi bukan hanya bisa digunakan untuk mengakses internet saja, tapi juga komunikasi data yang lain, seperti transfer data antar perangkat. Transfer data dari smartphone ke Laptop misalnya, akan lebih praktis dan cepat jika menggukanan wifi dibanding dengan menggunakan kabel. Kita tidak perlu direpotkan dengan kabel yang lupa disimpan dimana. Transfer data antar perangkat smartphone pun jauh lebih cepat bila menggunakan wifi, alih alih menggunakan Bluetooth. Apalagi jika data yang di transfer berukuran hingga angka Giga Byte (baca juga: perangkat keras jaringan komputer).

Kali ini dosenIT akan membahas mengenai wifi. Bagi anda yang sedang mencari tahu bagaimana cara menyambungkan wifi untuk mendapatkan akses internet, anda perlu membaca artikel ini sampai selesai. Karena pada artikel kali ini, dosenIT akan menjabarkan langkah-langkah cara mendapatkan akses internet dengan menghubungkan laptop anda ke jaringan wifi dalam beberapa cara. Selain itu akan dibahas juga mengenai troubleshooting permasalahan yang anda temui. Ketika anda tidak berhasil menyambungkan wifi ke laptop anda. Baca juga: masalah yang sering terjadi pada jaringan lan.

Berikut ini cara menyambungkan wifi paling mudah :

Hidupkan wifi pada laptop

Wifi pada laptop biasanya bisa di hidupkan atau dimatikan. Jika wifi pada laptop anda mati alias tidak dihidupkan, niscaya laptop tidak akan bisa menangkap signal wifi yang ada disekitar laptop anda. Untuk itu anda harus menghidupkan wifi pada laptop anda terlebih dahulu (baca juga: perbedaan modem dan router).

Namun sebelumnya anda harus memastikan pula, bahwa laptop anda memiliki fasilits wifi. laptop keluaran sekarang memang memiliki fasilitas wifi, namun pada  laptop jadul fasilitas wifi jarang ditemui. Berikut beberapa cara untuk menghidupkan wifi pada laptop anda:


Menggunakan tombol Wifi

Pada beberapa Laptop, biasanya ditambahkan tombol khusus untuk menghidupkan atau mematikan wifi pada laptop. Jika wifi pada laptop mati, coba cari tombol tersebut. Lalu ubah posisi tombol yang tadi nya mati, menjadi hidup agar fasilitas wifi pada laptop anda bisa digunakan. Biasanya terdapat lampu indikator wifi pada laptop, yang akan menyala ketika wifi dalam keadaan hidup. jadi anda bisa mengecek apakah wifi anda telah menyala atau mati berdasarkan nyala lampu indikator wifi tersebut (baca juga: fungsi modem ADSL).

Menekan tombol Fn + tombol fungsi pada Keyboard

Jika tidak menemukan tombol fisik untuk menghidupkan atau mematikan wifi pada laptop anda, anda juga bisa menghidupkan wifi melalui tombol pada keyboard laptop anda.  Keyboard laptop pada umumnya memiliki tombol Fn, untuk mengaktifkan fungsi tertentu pada laptop. Seperti fungsi untuk mengatur kecerahan layar, mengatur tampilan layar ketika terhubung pada proyektor, dan banyak lagi fungsi lain termasuk fungsi untuk menghidupkan wifi laptop. Baca juga: fungsi tombol keyboard.

Untuk menghidupkan wifi pada laptop Axioo saya, saya harus menekan tombol Fn + F11. Sedangkan pada laptop merek lain berbeda lagi, ada yang harus menekan Fn + F2, ada pula yang harus menekan tombol Fn + F12. Jadi tombol mana yang anda tekan bergantung jenis laptop yang anda miliki. Untuk mengetahuinya mudah saja, anda tinggal mencari tombol bergambar seperti gambar sinyal.


Melalui Control panel

Jika anda kesulitan untuk menemukan tombol untuk menghidupkan wifi pada keyboard, atau jika tombol Fn pada kerboard anda tidak bisa berfungsi/ rusak, anda bisa menghidupkan wifi melalui control panel. Caranya sebagai berikut:

  1. Buka menu Control Panel. Jika anda menggunakan Windows 7, anda bisa mengaksesnya melalui Start Menu > Control Panel. Sedangkan pada Windows 8 keatas, anda dapat mengaksesnya melalui Charm Bar Setting > Control Panel.
  2. Pada menu Control Panel, buka opsi Network and Internet > Networking and Sharing Center
  3. Klik opsi Change Adapter Setting yang terdapat di sebelah kiri dalam jendela Networking and Sharing Center.
  4. Anda akan menemukan beberapa icon, seperti icon LAN ( Local Area Connection) , juga ikon Wireless Network Connection.
  5. Klik kanan pada ikon Wireless Network Connection.
  6. Akan muncul beberapa opsi, klik Enable untuk menghidupkan wifi

Untuk mematikan kembali wifi, anda bisa melakukan hal yang sama, lalu klik opsi Disable. Baca juga: prinsip kerja jaringan komputer itu sendiri.



Koneksikan wifi

Setelah wifi pada laptop anda dihidupkan, maka anda harus menyambung/ mengkoneksikan wifi laptop anda ke salah satu  hotspot wifi yang tersedia agar laptop anda bisa terkoneksi dengan internet. Baca juga: jenis jenis jaringan komputer. Untuk mengkoneksikan wifi, anda bisa melakukan cara berikut:


Melalui Task Bar

  1. Pada ujung kanan Taks Bar biasanya terdapat ikon wifi, klik ikon tersebut.
  2. Lalu akan muncul jendela wireless.
  3. Jika belum terhubung, maka di atas ikon wirelees bertuliskan Connection are avaliable, akan muncul tulisan Not Connected .
  4. DIbawah ikon tersebut akan muncul opsi hotspot disekitar anda yang terjangkau oleh wifi laptop.
  5. Klik hotspot yang akan anda hubungkan dengan wifi laptop anda
  6. Akan muncul opsi Connect, klik opsi tersebut.
  7. Jika Wifi menggunakan Password, akan muncul kotak dialog Security Key
  8. Masukkan Password wifi pada kolom yang tersedia. Lalu klik OK.
  9. Sistem akan bekerja. Tunggu beberapa saat, wifi anda akan segera terkoneksi.

Melalui Control Panel

Jika anda tidak menemukan ikon wireless pada taskbar anda, anda bisa membukan jendela Wireless dan mengkoneksikan wifi melalu Control Panel. Berikut cara mengkoneksikannya:

  1. Buka menu Control Panel. Jika anda menggunakan Windows 7, anda bisa mengaksesnya melalui Start Menu > Control Panel. Sedangkan pada Windows 8 keatas, anda dapat mengaksesnya melalui Charm Bar Setting > Control Panel.
  2. Pada menu Control Panel, buka opsi Network and Internet > Networking and Sharing Center
  3. Klik opsi Change Adapter Setting yang terdapat di sebelah kiri dalam jendela Networking and Sharing Center.
  4. Anda akan menemukan beberapa icon, seperti icon LAN ( Local Area Connection) , juga ikon Wireless Network Connection.
  5. Klik kanan pada ikon Wireless Network Connection.
  6. Akan muncul beberapa opsi, klik Connet/ Disconnet untuk menampilkan jendela wireless
  7. Setelah jendela wire muncul, anda akan menemukan opsi hostspot yang terjangkau oleh laptop anda.
  8. Klik hotspot yang akan anda hubungkan dengan wifi laptop anda
  9. Akan muncul opsi Connect, klik opsi tersebut.
  10. Jika Wifi menggunakan Password, akan muncul kotak dialog Security Key
  11. Masukkan Password wifi pada kolom yang tersedia. Lalu klik OK.
  12. Sistem akan bekerja. Tunggu beberapa saat, wifi anda akan segera terkoneksi.


Selain dua cara yang telah disebutkan diatas, anda juga bisa mengakses jendela menu Wireless dengan menekan tombol Fn adan tombol fungsi (F2/ F11/ F6/..) pada keyboard. Memang tombol tersebut berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan wifi, namun ketika menghidupkan wifi melalui tombol tersebut, secara otomatis jendela menu wirelees akan muncul (baca juga:  jenis jenis keyboard komputer

Troubleshooting

Jika wifi pada laptop anda masih tetap tidak bisa terhubung meskipun wifi telah nyala, kemungkinan ada permasalahan yang terjadi pada wifi di laptop anda, atau pada router penyedia hotspot wifi. berikut beberapa penyebab yang mungkin bisa terjadi pada laptop anda (baca juga: Perangkat untuk mengakses internet).



Driver Wifi

Ketika menginstalasi laptop dengan Windows 7 keatas, biasanya kita tidak perlu lagi menginstall driver hardware pendukung kopmputer, seperti Sound, VGA, TouchPad, dan lain – lain termasuk driver Wifi. Namun pada beberapa kasus, driver bawaan Windows tidak benar sesuai dengan hardware. Untuk itu anda tetap harus menginstall driver Wifi bawaan laptop anda, yang biasanya disertakan dalam bentuk CD saat pembelian laptop.

Selain itu driver yang mengalami corrupt juga bisa menyebabkan wifi anda tidak bisa terkoneksi, untuk itu anda perlu merepairnya, atau menginstall ulang driver wifi pada laptop anda (baca juga: cara memilih komputer server).

Router

Jika anda yakin bahwa laptop anda tidak bermasalah, bisa jadi Fungsi routerlah yang bermasalah. Untuk memastikannya, anda bisa mengkoneksikan wifi anda ke hotspot dari router lain, atau hotspot dari smartphone anda misalnya. Jika bisa terkoneksi dengan baik pada hotspot selain hotspot dari router tersebut, maka memang router bermasalah. Baca juga:  Perbedaan router dan switch.

Setting IP addres

Kadang kala IP Addres yang anda gunakan saat terkoneksi dengan suatu hotspot wifi mengalami konflik, sehingga wifi laptop anda tidak bisa terkoneksi dengan baik. Untu itu anda perlu mengatur ulang IP Address dan DNS Server pada laptop anda. Anda bisa mengaksesnya melalui Control Panel > Network and Internet > Networking and Sharing Center >  Change Adapter >

Wireless Network Connection > Properties. Jika belum terbiasa, anda harus sangat hati – hati untuk melakukan perubahan pada IP Addres tersebut. Baca juga: fungsi router mikrotikfungsi vpn.

Virus

Laptop yang terkena virus/ malware bisa menyebabkan laptop anda tidak bisa terkoneksi dengan wifi.  Untuk mengatasinya anda harus melakukan Winsock Reset. Caranya dengan mengetik Run pada Start menu, lalu ketik cmd untuk membuka Command Prompt. Setetah itu ketikan netsh winsock reset pada command prompt lalu restart laptop anda.


Demikian artikel menegenai cara menyambungkan wifi ke laptop ini, anda perlu menghidupkan wifi laptop terlebih dahulu melalui tombol wifi, tombol Fn + tombol Fungsi pada keyboard, serta Control Panel. Setelah itu anda baru bisa mengkoneksikan wifi laptop anda, melaui task bar atau control panel. (Baca juga:  cara kerja fiber optik sebagai media transmisi)

Akhir kata, semoga artikel ini bisa membantu anda dalam mendapatkan informasi yang anda butuhkan. Jika ada pertanyaan, penambahan cara, atau komentar yang membangun, jangan ragu untuk ,meninggalkan pesan. Jangan lupa berbagi ya jika anda merasa artikel ini bermanfaat. Sekian dan Terimakasih..

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Monday 13th, March 2017 / 07:26 Oleh :
Kategori : Internet