Fungsi Modem ADSL Pada Jaringan Komputer

Modem ADSL sama seperti beberapa jenis modem pada umumnya, yaitu memiliki fungsi utama untuk menyambungkan komputer ke router atau pun sambungan telepon yang kemudian dapat menyambungkan komputer dengan internet dan berbagai jenis jenis jaringan komputer lainnya.

ads

ADSL

ADSL sendiri merupakan kependekan dari Asychronus Digital Subscriber Line, yang apabila diartikan secara harfiah ke dalam bahasa Indonesia merupakan penerima jaringan digital secara asimetris. ADSL merupakan bentuk dari perkembangan DSL atau Digital Subscriber Line. Perebedaannya adalah, pentransferan data yang dilakukan oleh modem ADSL ini bersifat asimetrik, yang berarti memiliki kecepatan transfer data yang berbeda – beda dari satu sisi ke sisi yang lainnya.

Dengan adanya modem ADSL ini, maka dapat dimungkinkan untuk melakukan splitter, dimana pembicaraan telepon bisa tetap berjalan ketika modem sedang terhubung jg ake dalam jaringan internet. Jarak pancar dari ADLS ini cenderung sempit, dimana hanya berada pada rentang kira – kira 4 kilometer saja, dan biasanya digunakan di dalam area perkantoran.

Pada awalnya, modem ADSL masih menggunakan kabel telepon biasa, yang kemudian pada saat ini sudah bisa diaplikasikan dengan menggunakan kabel yang terbuat dari serat optik, yang lebih efisien dan juga cepat dalam menghantarkan sinyal dan juga paket data.

Sejarah Singkat ADSL

Fungsi modem adslSebelum ADSL terbentuk, pada awalnya sudah ada sistem yang kita kenal dengan nama dial-up, dimana telepon berfungsi langsung sebagai penghubung antara komputer dengan jaringan internet. Namun demikian, ternyata sistem dial up dengan menggunakan kabel telepon ini memiliki banyak kekurangan, seperti kecepatan yang rendah dan juga tidak berfungsinya sistem telekomunikasi menggunakan telpon.

Modem ADSL pun kemudian dikembangkan untuk mendukung dan juga menutupi kekurangan yang muncul pada koneksi dial up konvensional. Berada di bawah naungan modem DSL, modem ADLS kemudian diperkenalkan ke masyarakat, dan menjadi pilihan yang banyak digunakan pada saat itu, dimana ISP belum banyak terbentuk.

Di Indonesia sendiri, modem ADSL diperkenalkan oleh PT telkom untuk mendukung ISP bentukan telkom, yaitu Speedy yang menggunakan jaringan telepon rumah untuk bisa melakukan koneksi dengan dunia internet. Dalam penggunaanya, mungkin saat in imodem ADSL sudah jarang digunakan, mengingat sudah banyak ISP yang menggunakan pemancaran sinyal secara wireless dan juga tidak perlu menggunakan telepon rumah dalam mengaplikasikannya untuk melakukan koneksi terhadap internet.


Fungsi

Modem ADSL sendiri memiliki beberapa fungsi utama, berdasarkan pengaplikasiannya di masyarakat luas. Berikut in iadalah fungsi dari modem ADSL

  1. Membagi penghantaran frekuensi

Fungsi modem ADLS yang pertama adalah dapat membagi penghantar frekuensi. Ketika melakukan koneksi dial up, maka frekuensi yang diterima tidak dapat terbagi, sehingga menyebabkan percakapan melalui telepon tidak dapat dilakukan ketika sedang melakukan koneksi internet.

Namun demikian, berkat adanya modem ADSL ini, frekuensi bisa terbagi menjadi 2, yaitu frekuensi tinggi yang digunakan untuk menghantarkan data dan melakukan koneksi internet, serta frekuensi rendah untuk percakapan melalui telepon dan juga Fax. Dengan menggunakan modem ADSL ini, maka anda sekarang sudah bisa melakukan percakapan sambil melakukan koneksi internet dengan menggunakan telepon anda secara bersamaan.

  1. Memberikan koneksi internet menggunakan telepon rumah

Sebagai perangkat keras jaringan komputer, Fungsi kedua adalah memberi kepraktisan bagi user. Hampir semua rumah memiliki jaringan kabel telepon rumah, yang nantinya bisa dikoneksikan ke dalam internet. Jaringan ini dengan menggunakan modem ADSL membuat pemilik rumah dapat dengan mudah melakukan koneksi internet, tanpa perlu repot melakukan setting. Karena biasanya, ketika seseorang akan berlangganan,modem ADSL sudah termasuk di dalam paket sehingga tidak perlu melakukan instalasi sendiri.

Kelebihan dan juga kekurangan modem ADSL

Sama halnya dengan fungsi router, modem ADSL juga memiliki beberapa kelebihan dan juga kekurangan. Yang pertama, adalah kelebihannya. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari modem ADSL :

Kelebihan 

  • Bisa melakukan panggilan telepon sambil melakukan koneksi internet
  • Memiliki pembagian frekuensi data dan juga suara
  • Tidak membutuhkan instalasi kabel yang baru

Beberapa kelebihan dari modem ADSL tersebut membuat para penggunanya menjadi lebih nyaman dalam melakukan koneksi ke dalam jaringan internet, sehingga tidak perlu khawatir mengeai gangguan pada telepon rumah mereka ketika sedang melakukan koneksi internet. Namun demikian, ada beberapa kekurangan yang ternyata menyebabkan koneksi dengan menggunakan modem ADSL saat ini sudah tidak populer dan umum digunakan.


Kekurangan

Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari modem ADSL :

  • Belum mendukung penggunaan serat fiber
  • Dipengaruhi oleh jarak antara telepon dengan PC, ataupun jarak antara Telepon dengan gardu, semakin jauh, maka kecepatan akan semakin melambat, begitu pula sebaliknya
  • Penggunaan modem ADSL hanya didukung oleh sedikit sistem operasi, Sistem operasi seperti Mac OS tidak mendukung fungsi dari modem ADSL
  • Adanya load coil, yang sering mengganggu kinerja modem, karena dapat menyebabkan ketidakcocokan jalur dari modem ADSL
  • Kecepatan yang tidak stabil, tergantung dari kondisi tinggi tiang yang dimiliki oleh ISP sebagai penyedia layanan modem ADSL.
  • Kualitas dari koneksi Internet tergantung dari kondisi cuaca

Kekurangan tersebut saat ini membuat penggunaan dari modem ADSL menjadi kurang populer. Maka dari itu, saat ini lebih banyak digunakan konektivitas menggunakan wirelles ataupun fiber optic yang memberikan kecepatan internet lebih cepat dibandingkan menggunakan modem ADSL (baca juga : Fungsi Lan Card).

Semoga artikel mengenai fungsi modem ADSL ini dapat manambah wawasan anda semua dan juga bermanfaat bagi anda semua.

, ,
Oleh :
Kategori : Hardware Jaringan