Sponsors Link

13 Cara Mengatasi Laptop Blank Saat Dinyalakan Paling Mudah

Pernahkan anda mengalami keadaan dimana layar laptop anda tidak memunculkan respon apapun ketika dinyalakan, alias blank. Tidak menampilkan gambar sama sekali, hanya warna hitam legam memenuhi layar. Panik? Tentu saja.. Saya juga merasakan hal yang sama ketika mengalaminya. Namun jangan terlalu lama terbawa kepanikan yang malah membuat anda tidak mencari solusi.

ads

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah segera tenang, dan pikirkan solusinya. Salah satu solusi yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mencari tahu tentang cara mengatasi layar laptop yang blank ketika dinyalakan di internet. Jika anda sedang mencari referensi untuk memengenai cara mengatasi laptop blank, berikut ini dosenIT akan memaparkannya untuk anda.

Langkah 1 – 10 dilakukan jika laptop anda sebenarnya hidup, ditandai dengan kipas pada laptop yang berjalan dengan normal; namun layar tidak menampilkan apapun atau blank. Sedangkan jika laptop anda memang sama sekali tidak hidup, anda bisa langsung menuju langkah ke-11.

1. Bersihkan Virus

Jika saat booting layar masih bisa menampilkan tulisan, namun saat mulai masuk windows layar langsung blank kemungkinan OS anda yang bermasalah, biasanya disebabkan oleh virus. Virus yang menyerang sistem laptop anda bisa menyebabkan rusaknya file program komputer termasuk menyebabkan corruptnya system registery windows, sehingga laptop tidak bisa menyala dengan baik. Salah satunya menyebabkan laptop blank. Anda bisa membaca ciri ciri komputer terkena virus untuk memastikannya.

Untuk mengatasinya anda harus membersihkan virus yang menyerang laptop anda dengan melakukan scanning pada keseluruhan drive laptop anda. Anda bisa melakukannya lewat save mode. Setelah itu lakukan restore atau repair windows untuk memperbaiki kerusakan yang dialami registery windows.

2. Restore/ Repair Windows

Windows yang mengalami kerusakan/ corrupt akan menyebabkan laptop tidak dapat masuk kedalam sistem operasi  Windows, akibatnya laptop akan hang dan blank. Untuk mengatasinya anda bisa mencoba memberbaiki (repair) atau mengembalikan system seperti keadaan semula (restore).

Untuk melakukannya anda memerlukan DVD Sistem Operasi yang anda pakai atau Bootable Flashdisknya. Install ulang OS dilakukan jika memang repair windows tidak bisa dilakukan. Namun sebaiknya kangan terlalu sering menginstall ulang windows. Anda bisa membaca alasannya pada artikel bahaya laptop sering diinstal ulang.

3. Lepaskan Tambahan Hardware

Tambahan hardware terbaru yang tidak didukung oleh sistem pada laptop anda bisa menyebabkan laptop mengalami blank. Untuk mengatasinya, lepaskan hardware yang baru saja anda tambahkan tersebut dan uninstall drivernya. Setelah laptop bisa berjalan dengan normal kembali, pastikan hardware yang anda pakai sesuai dengan spesifikasi laptop, pastikan juga driver hadware yang diinstall sesuai dan tidak corrupt. Setelah itu baru pasang kempali hardware tembahan tersebut.

4. Update Driver VGA

Jika hal ini terjadi setelah penambahan hardware/ program terbaru, bisa jadi penyebabnya adalah driver VGA laptop anda sudah terlalu tua, harus di update. Driver VGA yang tidak update tidak akan mendukung hardware serta software keluaran baru, sehingga bisa menyebabkan software dan hardware mengalami crash karena tidak sesuai dan layar laptop menjadi blank.

Untuk mengatasinya anda harus mengupdate driver VGA anda. Download driver VGA dari website vendor VGA tersebut, lalu install pada laptop anda. sebelumnya anda harus melepaskan hardware/ program yang baru anda pasang tersebut terlebih dahulu agar laptop bisa berjalan dengan normal. (Baca juga:  cara melihat spesifikasi komputer).


5. Kosongkan Arus

Lepas adaptor dan baterai laptop lalu tekan tombol power laptop anda selama beberapa detik untuk mengosongkan arus. Lebih lama lebih baik. Hal ini dimaksudkan agar semua program berjalan dari awal. Beberapa kejadian seperti ketika laptop mati secara tiba-tiba bisa menyebabkan adanya program pada laptop yang tidak dimatikan dengan baik, sehingga ketika laptop dihidupkan kembali, program tersebut tidak berjalan dari nol, dan bisa menyebabkan layar blank.  (Baca juga: dampak bahaya mematikan komputer tidak sesuai prosedur).

6. Cek RAM

RAM yang mengalami kerusakan juga akan membuat layar laptop blank saat dinyalakan. Anda bisa membaca ciri-ciri RAM komputer rusak untuk memastikannya. Jika memang RAM anda mengalami kerusakan, dan tidak bisa diperbaiki meski anda telah mencoba membersihkan pinnya. Maka untuk mengatasi ini, anda harus mengganti modul RAM anda.

Mengganti RAM yang rusak cukup mudah dilakukan, karena rata-rata laptop memiliki RAM add-on yang bisa dilepas pasang dengan mudah. Anda hanya perlu melepas modul RAM lama dan memasangkan modul RAM yang baru anda beli kedalam slot RAM. Modul RAM yang rusak harus dilepas, meskipun terdapat dua slot RAM.

7. Cek Kabel Fleksibel Layar Laptop

Kabel fleksibel laptop rentan mengalami kerusakan, apalagi jika anda sangat sering membuka tutup layar laptop dengan tidak benar. Untuk mengetahui apakah kabel flesibel anda mengalami kerusakan atau tidak, anda bisa mencoba memasangkan laptop anda ke monitor eksternal. (Baca juga: cara menjaga laptop agar tidak cepat rusak).

Jika monitor bisa menampilkan gambar/ tulisan ketika dipasangkan dengan laptop anda, berarti kerusakan memang pada kabel flesibel atau panel display laptop anda. Untuk mengatasinya anda harus mengganti kabel fleksibel laptop anda. Tapi sebelumnya pastikan dahulu dengan meminjam kabel fleksibel lain, karna bisa jadi panel display anda yang rusak.

8. Cek Panel Display

Panel display yang rusak tentu saja akan menyebabkan laptop menjadi blank. Untuk memastikannya, anda bisa mencoba menghubungkan laptop anda dengan monitor eksternal. Jika layar eksternal bisa menampilkan gambar, dan kabel fleksibel laptop anda dalam keadaan baik, maka panel display anda mengalami masalah.

Untuk mengatasinya sebaiknya ganti panel display layar laptop anda. Namun jika layar eksternal juga blank, maka permasalahan bukan pada display laptop anda. untuk memastikannya anda bisa membaca ciri ciri lcd laptop rusak.

9. Cek VGA

VGA yang rusak juga akan menyebabkan layar laptop tidak dapat menampilkan apapun, blank. Untuk memastikan bahwa VGA anda mengalami kerusakan anda bisa membaca ciri ciri VGA rusak. Sedangkan untuk mengatasinya anda harus mengganti VGA card anda. Sejauh yang saya tahu, laptop yang pernah saya lihat tidak menyediakan slot VGA add-on. VGA ditanamkan langsung pada motherboard. Sehingga untuk menggantinya harus dilakukan orang yang benar-benar ahli.

10. Atasi Overheating

Jika sebelumnya anda telah menggunakan laptop tersebut, lalu tiba tiba mati dan ketika anda mencoba menghidupkannya kembali terjadi hal seperti ini. kemungkinan Laptop anda mengalami overheating. Untuk mengatasinya anda harus mendiamkan laptop tersebut beberapa jam hingga semua komponen laptop menjadi dingin dan dapat beroprasi dengan normal kembali.

Sebaiknya bersihkan debu yang menempel pada komponen di dalalm laptop, terutama kipas. Cek pula apakah kipas berjalan dengan normal. Cek juga pasta processor tersebut. Sebagai tambahan referensi anda bisa membaca penyebab laptop mati tiba-tiba.

11. Cek Baterai

Langkah pada nomor ini dilakukan jika pada saat menekan tombol power untuk menghidupkan laptop, laptop tidak menyala. Ditandai dengan lampu indikator power yang tidak menyala, tidak terdengar bunyi kipas yang berjalan. Anda dapat melakukan 3 langkah teakhir dalam artikel ini untuk mengatasinya. sebagai tambahan anda juga bisa membaca penyebab laptop mati total.

Jika anda menggunakan baterai, bisa jadi baterai laptop anda habis. Anda bisa mengatasinya dengan memasang adaptor dan menunggu beberapa saat hingga baterai terisi agar bisa mgnhidupkan laptop dengan normal. atau melepaskan baterai laptop dan langsung menggunakan adaptor sebagai sumberdaya.

12. Cek Adaptor

Cek kabel power, apakah mengeluarkan arus. Jika memang tidak ada arus dari kabel adaptor, cek arus masuk dari stop kontak. Jika stop kontak anda ber-arus, namun tidak ada arus dari output adaptor,  berarti rangkaian adaptor atau kabel adaptor anda rusak. Anda bisa mengatasinya dengan mengganti adaptor anda, sebelumnya anda juga bisa membaca ciri ciri adaptor rusak sebagai referensi.

13. Cek Komponen Power

Kadangkala socket DC pada laptop menjadi longgar, atau malah rusak karena pemasangan jack adaptor yang kurang baik. Jika socket longgar, coba lepas lalu pasang kembali jack adaptor. Sebagai referensi tambahan anda bisa membaca penyebab laptop susah dihidupkan.

Periksa juga komponen power lainnya, seperti tombol power serta IC Power. Kerusakan pada kedua komponen ini juga akan menyebabkan arus tidak dapat mengalir ke komponen inti power, sehingga laptop tidak akan bisa menyala. Baca juga penyebab tombol power laptop tidak berfungsi untuk membabtu anda mengatasi permasalahan pada komponen power.

Sekian artikel mengenai cara mengatasi laptop blank saat dinyalakan ini. Sebagai tambahan anda juga bisa membaca penyebab laptop blank. Semoga bermanfaat!

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 07th, April 2017 / 06:11 Oleh :
Kategori : Troubleshooting