Sponsors Link

Dampak Bahaya Mematikan Komputer tidak Sesuai Prosedur

Mematikan komputer yang tidak sesuai prosedur memanglah hal yang mudah untuk dilakukan, namun taukah bahwa hal itu akan merusak komputer dikemudian hari. Seperti menjadi penyebab kerusakan harddisk, kerusakan RAM, kerusakan processor hingga pada kerusakan motherboard.

ads

Mengapa akan merusak hardware utama dari komputer maupun laptop? karena pada saat komputer masih menyala semua komponen dalam komputer tersebut masih bekerja. Jika dimatikan secara paksa bukan tidak mungkin proses yang terjadi saat komputer menyala akan berhenti secara tiba-tiba. Berikut ini adalah mematikan komputer yang tidak sesuai dengan prosedur:

  1. Langsung mencabut kabel AC komputer dari steker

Hal ini jarang terjadi. Kemungkinan hal yang terjadi adalah ketika komputer sedang beroperasi, listrik di rumah padam, dan menyebabkan komputer langsung mati mendadak, seperti dicabut kabel AC nya dari steker listrik. Hal ini perlu diwaspadai, terutama ketika anda tinggal pada lokasi yang sering megnalami pemadaman listrik.

Cara mewaspadainya paling mudah adalah dengan cara menambahkan sistem generator listrik cadangan, sehingga dapat mencegah komputer mati secara mendadaka.

  1. Langsung mematikan komputer force shutdown dengan cara menahan tombol power

Ini merupaka hal yang pasti sering kita lakukan , terutama ketika komputer kita megnalami hang. Apabila komputer mengalami hang, hal ini bisa saja dilakukan, namun tidak boleh dilakukan apabila komputer berada dalam keadaan normal.

Mematikan komputer dengan cara seperti ini berpotensi menimbulkan banyak kerusakan, baik dari hardware, baterai, hingga kerusakan pada software dan juga kerusakan pada sistem operasi. Jadi hindari mematikan komputer secara mendadak dengan menekan tombol power secara dipaksa.

  1. Melakukan force shutdown ketika akan mematikan komputer

Ini terjadi ketika kita tidak sabar untuk melakukan shutdown komputer kita. biasanya, ada beberapa program background yang masih berjalan di komputer ketika kita akan melakukan shut down. Apabila hal ini terjadi, maka ada baiknya kita melakukan cancel shutdown terlebih dahulu, lalu menutup program atau aplikasi background yang sedang berjalan tersebut.

Melakukan force shutdown seperti itu akan meningkatkan potensi kerusakan pada program atau aplikasi yang sedang berjalan. Apabila aplikasi tersebut adalah aplikasi yang penting, maka tentu saja akan empengaruhi kinerja komputer anda. (baca juga: penyebab tombol power laptop tidak berfungsi)

  1. Mencabut baterai laptop

Merupakan hal yang benar-benar haram dan dilarang untuk dilakukan. Bahkan tidak hanya pada laptop, sebenarnya pada handphone pun hal ini juga dilarang, karena dapat merusak sistem operasi, software dan juga hardware. Beberapa kondisi, hal ini dapat menyebabkan kondisi baterai menjadi lemah dan juga tidak dapat mengisi kembali, karena pada saat sedang menyuplai arus, baterai tiba-tiba dicabut.


Lalu Apa Dampaknya?

Nah, apabila anda melakukan proses shut down alias mematikan komputer yang tidak sesua dengan prosedur yang ada, maka hal ini akan menyebabkan banyak timbul kerusakan, baik dari hardware maupun software anda. Cara menghidupakan komputer dan mematikan komputer dengan benar menjadi penting agar komponen hardware memiliki umur yang lebih panjang. Apa saa sih bahaya dari mematikan komputer tidak sesuai dengan prosedur? Berikut ini dampak bahayanya:

  1. Kerusakan pada hardware internal komputer

Dampak pertama yang bisa terjadi apabila anda mematikan komoputer tidak sesuai prosedur adalah kerusakan pada hardware. Ternyata mematikan komputer secara asal dan tidak sesuai prosedur sangat berpotensi untuk merusak komponen hardware internal komputer anda.

Karena otak utama dari sebuah komputer adalah RAM, maka dapat dikatakan pengaruh RAM terhadap kerja komputer sangat penting untuk dilindungi agar tidak mudah rusak. Berikut ini adalah beberapa komponen hardware internal yang bisa mengalami kerusakan akibat sering mematikan komputer tidak sesuai prosedur:

  1. Adanya software yang rusak karena file yang corrupt

Hal lainnya yang merupakan dampak dari mematikan komputer tidak sesuai prosedur adalah software yang mengalami kerusakan, akibat file yang mengalami corrupt. File corrupt berarti file tersebut mengalami kerusakan, dan harus diganti dengan file yang baru.

Hal ini merupakan salah satu hal yang paling sering terjadi, terutama ketika kita mematikan komputer secara paksa ketika sedang menjalankan program atau software tertentu. Untuk itu, cara menggunakan komputer yang sesuai dengan prosedur sangatlah menjadi dasar dalam penggunaan komputer yang benar.

  1. Hasil pekerjaan hilang

Yap, hasil pekerjaan pastinya akan hilang, ataupun mengalami corrupt apabila anda tidak meamtikan komputer anda dengan benar. Hal ini terjadi terutama ketika anda mematikan komputer tanpa menutup hasil pekerjaan anda terlebih dahulu. Bahkan mungkin, bukan hanya hasil pekerjaan anda yang mengalami kerusakan atau hilang, tetapi software yang digunakan untuk melakukan pekerjaan pun akan menjadi ikutan corrupt.

  1. Kerusakan pada sistem operasi

Dampak bahaya mematikan komputer tidak sesuai prosedur lainnya adalah sistem operasi yang mengalami kerusakan. Hal ini dikarenakan sistem operasi anda yang belum benar-benar mati ketika anda akan mematikan komputer. Tentu saja hal ini akan menyebabkan salah satu file sistem operasi anda mengalami kerusakan, yang berbuntut pada kerusakan pada sistem operasi anda.


Bagaiaman memtikan komputer dengan benar?

Cara yang disarankan dan juga yang paling baik untuk mematikan komputer adalah dengan cara mengklik tombol shutdown atau power off pada sistem operasi anda. ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum mematikan komputer anda, seperti :

  • Pastikan pekerjaan anda sudah di save dan tidak ada pekerjaan yang masih empty atau, belum di save sebelumnya.
  • Tutup semua aplikasi sebelum melakukan shutdown
  • Cabut flash drive, harddisk eksternal, dan keluarkan DVD yang masih berada di dalam disc tray.
  • Setelah itu matikan komputer anda (pada windows klik start, lalu pilih shutdown).
  • Tunggu hingga komputer melakukan proses shutting down.
  • Apabila masih ada background program yang bekerja, cancel dulu proses shutdownya, lalu tutup aplikasi yang masih terdeteksi working in background.
  • Setelah itu lakukan shutting down kembali, tunggu hingga komputer benar – benar mati.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Thursday 29th, October 2015 / 09:38 Oleh :
Kategori : Komputer Dasar