Home » Hardware » Ram » 5 Perbedaan RAM dan VRAM Paling Mendasar

5 Perbedaan RAM dan VRAM Paling Mendasar

by Elang Hendy Subrata

Penggunaan komputer saat ini sudah tidak asing lagi. Hal ini disebabkan semakin majunya perkembangan jaringan komputer. Hal tersebut membuat keberadaan komputer menjadi lebih berarti dibandingkan beberapa tahun silam.

Meskipun perkembangan komputer terus mengalami peningkatan, masih ada beberapa orang yang belum begitu kenal dengan berbagai komponen-komponen komputer. Salah satu hal yang belum diketahui oleh orang-orang awam dalam dunia komputer adalah RAM dan VRAM. Hal ini sama dengan belum pahamnya perbedaan RAM dan ROM pada komputer.

Meskipun dari segi penulisan tidak terlalu berbeda, akan tetapi kedua komponen tersebut memiliki sejumlah perbedaan yang cukup signifikan. Seperti apakah perbedaan kedua perangkat keras tersebut, berikut perbedaan RAM dan Vram yang tidak banyak diketahui orang.

1. Sisi pengertian

Hal pertama  yang dibahas adalah dari sisi pengertian keduanya terlebih dahulu. Untuk RAM sendiri merupakan singkatan dari Random Access Memory. Secara luasnya, RAM merupakan sebuah memori digital yang dapat membaca data-data secara acak dan tidak berurutan.

Sedangan VRAM adalah singkatan dari Video Random Access Memory. Secara luasnya, VRAM merupakan sebuah memori digital yang dapat membaca data-data berupa video atau gambar yang akan ditampilkan pada layar monitor..

2. Sisi Fungsi

Jika kita melihat dari sisi fungsi yang digunakan, RAM memiliki fungsi sebagai penyimpan data sementara berbagai data yang digunakan pada komputer. Data yang bisa disimpan pada RAM komputer ini meliputi data-data aplikasi, software, game, dan berbagai data lainnya di dalam komputer. Oleh karena itu, pengaruh RAM terhadap kerja komputer sangat besar.

Sedangkan pada VRAM, fungsinya sama dengan RAM, yakni sebagai penyimpan data sementara berbagai data yang digunakan pada komputer. Hanya saja, pada VRAM lebih fokus menyimpan data-data tentang gambar dan berbagai visual lainnya yang ditampilkan pada layar komputer.

3. Sisi lokasi penyimpanan

RAM dan VRAM memiliki perbedaan dalam sisi lokasi penyimpanan di dalam komputer. RAM terpasang pada slot yang disediakan pada CPU komputer. Pada kasus tertentu, RAM juga terpasang pada motherboard. Seperti yang telah kita ketahui bahwa fungsi Motherboard merupakan sebuah pusat berbagai komponen yang ada di dalam komputer.

Sedangkan VRAM terpasang pada VGA Card atau kartu VGA. VGA sendiri merupakan sebuah singkatan dari Video Graphic Array. Fungsi VGA Card sendiri adalah sebuah memori yang bertugas dalam mengatur jalannya sebuah grafik maupun visual yang ada di dalam komputer. VGA Card sendiri terpasang pada sebuah GPU atau Graphic Processing Unit, sebuah perangkat keras yang mengatur grafis di sebuah komputer.

4. Sisi Ukuran

Jika kita melihat dari sisi ukuran yang digunakan, baik RAM dan VRAM memilki berbagai perbedaan. Ukuran RAM biasanya persegi panjang dan terdapat sebuah kepingan berwarna hitam yang jumlahnya tergantung berapa banyak memori yang digunakan. Jika menggunakan memori 4GB maka jumlah kepingan hitam yang digunakan ada dua buah.

Sedangkan pada VRAM, bentuknya kecil dan hanya berupa kepingan hitam saja. kepingan hitam ini lah yang menjadi pusat pengolahan data-data berupa gambar dan visual yang digunakan pada memori tersebut.

5. Sisi Satuan memori yang digunakan

Jika dilihat dari satuan memori yang digunakan, baik RAM dan VRAM memiliki perbedaan. Pada RAM, satuan memori yang digunakan adalah byte. Semakin besar byte yang digunakan maka semakin lancar aplikasi, software, browser, dan berbagai perangkat lunak yang digunakan pada komputer.

Sedangkan pada VRAM, satuan yang digunakan adalah bit pada pixel. Artinya, semakin besar but yang digunakan maka semakin bagus hasil visual yang ditampilkan pada layar komputer. Contohnya saja, 1 bit dapat menghasilkan warna hitam dan putih saja. 4 bit dapat menampilkan sebanyak 256 warna. Oleh karena itu, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa semakin besar bit yang digunakan maka tampilan grafis yang dihasilkan akan semakin bagus bahkan mendekati visual nyata.

Itulah 5 perbedaan RAM dan VRAM yang tidak diketahui orang. bisa kita simpulkan bahwa pada dasarnya baik RAM dan VRAM menjalankan tugas yang sama, yakni sebagai penimpan memori sementara saat sebuah perangkat lunak dijalankan sebuah komputer. Akan tetapi, baik RAM dan VRAM memiliki perbedaan tugas yang dibebabnkan. Pada RAM lebih fokus pada jalannya sebuah perangkat lunak, sedangkan pada VRAM, lebih difokuskan pada kualitas grafis yang ditunjukan pada layar monitor.

Contoh yang paling mudah adalah saat membuka software grafis, saat software grafis digunakan maka RAM yang bekerja agar software tersebut dapat bekerja dengan baik. Akan tetapi, ketika sebuah gambar dibuka pada software grafis tersebut maka yang bekerja adalah VRAM agar tampilan gambar yang diinginkan sesuai dengan yang dipilih.

Sama halnya pada saat kamu sedang memainkan game di komputer. Untuk dapat menjalankan program game, maka yang bekerja adalah memori RAM. Sdangkan saat tampilan game sudah muncul di layar monitor, maka VRAM yang bertugas. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk kamu semua.

You may also like