Home » Tekno » Youtube » 6 Alasan Orang Menjadi Youtuber Sebagai Profesi Zaman Now

6 Alasan Orang Menjadi Youtuber Sebagai Profesi Zaman Now

by Elang Hendy Subrata

Youtuber, istilah ini sering kita dengar dalam setahun terakhir ini. Youtuber sendiri adaalh istilah untuk seseorang yang membuat konten video pada website Youtube. Istilah ini semakin populer di Indonesia sejak beberapa orang dengan cepat menjadi selebritas baru hanya dengan bermodalkan membuat sebuah video.

Hal tersebut membuat manfaat Youtube sendiri dapat menggantikan peran TV untuk salah satu konten hiburan masa kini. Meskipun belum sepenuhnya bisa menggantikan peran TV, namun hal tersebut bisa saja terjadi di masa yang akan datang.

Bahkan, beberapa anak sekolah pada masa sekarang sudah tidak aneh jika ada anak-anak yang bercita-cita menjadi Youtuber. Tentu hal tersebut menjadi bukti bahwa menjadi Youtuber berhasil memikat anak-anak layaknya cita-cita yang sering umum diucapkan seperti dokter, polisi, presiden, dan lain sebaigainya.

Tentunya hal semacam ini membuat kita bertanya-tanya mengapa menjadi seorang Youtuber begitu sangat diminati oleh hampir sebagian orang? unuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut 6 alasannya.

1. Menjanjikan ketenaran

Salah satu hal yang orang-orang berminat menjadi Youtuber adalah menjanjikan ketenaran. Hal tersebut bis kita lihat sepak terjang seorang Youtuber asal Indonesia yang berhasil memukau para penonton dengan jumlah subscriber-nya yang mencapat lebih dari 11 juta. Hal tersebut membuktikan bahwa menjadi Youtuber cukup menjanjikan ketenaran layaknya seorang selebritas di TV.

Jika seorang Youtuber tersebut mendapatkan ketenaran dari Youtube, maka dia bisa saja dapat diundang ke pihak televisi sehingga dia semakin luas namanya di berbagai kalangan.

2. Tempat berekspresi

Alasan berikutnya adalah Youtube bisa menjadi tempat berekspresi seseorang dalam menuangkan kreativitasnya. Contohnya saja, jika kamu suka jalan-jalan, maka kamu bisa membuat konten Youtube mengenai video tentang tempat-tempat yang kamu kunjungi. Contoh lainnya, kalau kamu suka menyanyi, kamu bisa membuat konten video tentang aksi kamu bernyanyi. Hal-hal tersebut menjadikan Youtube benar-benar mendukung video-video apapun selama tidak melanggar peraturan.

3. Media untuk mendapatkan penghasilan

Nah, salah satu alasan kuat orang-orang menjadi Youtuber adalah dapat memberikan penghasilan yang lumayan besar. Hal tersebut disebabkan Youtube menggunakan Adsenses media pencairan dana dari jumlah video yang telah ditonton oleh banyak orang. Sama halnya dengan cara menghasilkan uang dari blog google adsense, penghasilan dari Youtuber yang sukses dapat menghasilkan uang yang cukup menggiurkan. Untuk bisa menghasilkan uang yang terus bertambah, kamu hanya perlu menambah jumlah subscribe dan jumlah penonton video milikmu.

4. Tempat memberikan ilmu

Konten yang ada di Youtube tidak selamanya bersifat hiburan, ada juga beberapa konten Youtube yang menyajikan video yang dapat memberikan ilmu baru maupun inspirasi kepada para penonton. Hal tersebut biasanya video-video tentang tutorial baik itu cara edit video menggunakan Movie Maker, contoh penerapan jaringan peer to peer, dan masih banyak tutorial lainnya. Nah, hal ini juga menjadi keuntungan tersendiri baik pada penonton dan sang kreator.

Bahkan ilmu yang telah diberikan dalam bentuk video tersebut tidak hanya dapat mengajari para penonton di Indonesia saja. bahkan, video yang telah dibuat dapat ditonton berbagai orang di seluruh dunia. Hal ini juga merupakan perkembangan jaringan komputer saat ini.

5. Media Promosi yang cukup efektif

Dengan semakin banyaknya konten-konten kreatif yang dihasilkan para Youtuber ini, maka hal ini juga memunculkan media promosi baru. Membuat sebuah iklan promosi jika dilakukan zaman sebelum internet menyerang terbilang cukup mahal karena haru melalui pihak ketiga seperti Televisi, radio, koran, dan media luar lainnya yang tentunya harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Namun, jika promosi melalui Youtube, kamu hanya perlu kamera, jaringan internet ,skill dalam mengedit video dan tentunya kreativitas. Hanya itu saja dan kamu dapat membuat iklan.Hal tersebut tentunya jauh lebih murah karena modalnya pun tidak terlalu banyak jika dibandingkan harus membuat iklan oleh pihak ketiga.

6. Membangun jaringan baru

Salah satu kelebihan dengan menjadi Youtuber adalah dapat membangun jaringan baru terhadap orang-orang baru. Hal ini merupakan efek lanjutan dari poin pertama hingga poin kelima. Dengan membuat jaringan baru, kamu dapat mengembangkan komunitas baru sehingga hal tersebut sangat berpengaruh terhadap dirimu. Dengan membangun komunitas baru, kamu dapat berkenalan dengan berbagai macam orang yang memiliki latar belakang yang berbeda-beda.

Jika kamu juga ingin menjadi seorang Youtuber, maka hal paling dasar yang perlu dilakukan adalah apa hobimu. Sebab, kamu akan mudah membuat konten apapun jika itu berhubungan dengan hobi yang kamu jalani. Jika kamu sudah tahu apa hobimu, tinggal kamu pelajari cara mengedit video dengan menggunakan aplikasi Android edit video untuk Youtube. Jika kamu sudah memiliki subsriber yang cukup banyak, maka kamu dapat mempelajari cara mendaftar Adsense di Youtube. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan semoga kamu sukses menjadi Youtuber.

You may also like