Home » Tekno » Youtube » Inilah 7 Cara Menjadi Trending Youtube bagi Pemula

Inilah 7 Cara Menjadi Trending Youtube bagi Pemula

by Elang Hendy Subrata

Bagi Youtuber, membuat konten Youtube sampai masuk trending merupakan slah satu impiannya. Tentunya jika video yang telah dibuat sampai bisa masuk trending, kemungkinan dia bisa terkenal semakin besar. Namun, untuk bisa membuat video Youtube menjadi trending tidaklah mudah. Harus ada beberapa hal yang dipersiapkan agar video yang Anda buat dapat masuk 10 besar trending Youtube. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya.

1. Sering lakukan riset kata kunci

Kata kunci atau keyword merupakan hal penting ketika kita ingin berbisnis di internet. Hal itu juga berlaku untuk Youtube. Anda harus sering-sering melakukan pencarian kata kunci yang sering banyak digunakan oleh pengunjung. Khususnya kata kunci yang sering digunakan Google keyword atau Google Adword. Kata kunci ini bisa menentukan jenis video yang akan diunggah berdasarkan kategori yang Anda sukai.

2. Buat video berdasarkan kategori

Jika sudah menemukan kata kunci aatau keyword yang sedang banyak dipakai pengunjung, selanjutnya Anda tinggal membuat videonya. Perlu diperhatikan kalau membuat video harus berdasarkan kategorinya. Jika Anda membuat video tapi sala dalam menempatkan kategorinya, maka pengunjung pun akan sulit menemukan video Anda. Misalnya saja, Anda membuat video tentang memasak, tetapi Anda justru memasukan kata kunci seperti olahraga maupun kata kunci yang tidak ada hubungannya sama sekali. Oleh sebab itu, jangan sampai konten video dan video tidak nyambung.

3. Buat video original

Tantangan selanjutnya yang sering dihadapi oleh para Youtuber adalah originalitas video. Saat ini, membuat originalitas video gampang-gampang susah. Jika Anda tidak berhati-hati dalam menampillkan konten video di Youtube, maka Anda bisa saja terkena banned karena konten yang dibuat melanggar hak cipta. Anda harus pelajari ciri ciri akun Youtube kena Banned yang mudah terllihat.

Untuk cara lolos copyright Youtube , sebaiknya Anda tidak mengambil referensi video lain seperti potongan musik. gambar, ataupun potongan video dari orang lain. Akan jauh lebih baik jika Anda merekam sendiri video yang dibuat tanpa melakukan pengeditan apapun. Dengan begitu, video yang Anda buat akan aman dan berpeluang masuk ke Youtube Trending.

4. Buat video yang sedang hangat dibicarakan saat ini

Langkah selanjutnya yang bisa membuat video Anda masuk trending Youtube adalah membuat konten video yang sedang ramai diperbicangkan orang di dunia maya. Contohnya saja, jika Youtube Trending banyak menampilkan konten cover lagu seseorang, maka Anda cobalah bikin konten serupa tanpa melanggar hak cipta. Misalnya saja, Anda juga membuat konten video cover lagu tetapi dengan irama yang berbeda dan seunik mungkin. Jika Anda membuat konten video yang berbeda dengan tema yang sama, maka kemungkinan video milik Anda masuk trending semakin besar.

5. Sering melakukan promosi video yang telah dibuat

Setelah Anda mengunggah video ke Youtube, selanjutnya Anda promosikan video milik Anda. Di dalam Youtube sendiri terdapat kotak link yang berisi sebauh tautan yang bisa Anda manfaatkan untuk dibagikan pada sosial media lainnya seperti Facebook, Twitter, Instagram, atau pesan instan seperti Whatsapp, Line, Telegram, dan sejenisnya.

Namun, Anda juga harus memperhatikan frekuensi pengiriman video tersebut di sosial media. Jika Anda mengirimkan link video Youtube terlalu sering malah akan dianggap spam oleh sistem dan bisa jadi akun Anda dibanned. Kirimlah sewajarnya dan berikan jeda yang cukup lama.

6. Pastikan target penonton yang Anda inginkan

Konten Youtube bisa diakses oleh siapa saja dengan variasi umur dari anak-anak hingga dewasa. Nah, di bagian ini, Anda juga harus memastikan video yang dibuat ditujukan untuk siapa dan bersifat apa. Misalnya jika video yang dibuat ditujukan untuk remaja, maka Anda harus menyesuaikan bahasa yang sering digunakan oleh remaja. Begitu juga dengan konten video untuk dewasa, maka Anda harus menggunakan pengaturan umur di dalam konten Youtube yang telah dibuat.

Namun, pada dasarnya konten Youtube yang dewasa sangat jarang atau bahkan tidak pernah masuk Trending Youtube karena video Trending Youtube lebih menekankan pada video yang tidak menggunakan pengaturan umur. Maka dari itu, jika Anda berharap membuat konten dewasa dapat menjadi trending harus segera ditinggalkan.

7. Memanfaatkan backlink

Backlink atau mengarahkan link luar ke link video yang Anda buat bisa menjadi solusi selanjutnya agar video Youtube mudah dicari penonton. Cobalah lakukan pembangunan backlink yang dapat mengarah pada link video Youtube milik Anda secara terencana. Hal pertama yang harus diperhatikan ketika menggunakan backlink ini adalah link video Anda dari hasil pencarian di Google. Jika video Anda berada di halaman pertama Google, maka akan lebih mudah dalam penerapan backlink ini.

Itulah cara menjadi trending Youtube bagi pemula. Jika Anda tertarik menjadi Youtuber, sebaiknya Anda pelajari cara membuat Youtube channel, cara mendapatkan subscriber gratis, dan masih banyak lagi lainnya. semoga bisa memberikan banyak manfaat.

You may also like