Home » Tekno » Youtube » 17 Cara Edit Video Anime Agar Lolos Copyright menggunakan Camtasia Studio

17 Cara Edit Video Anime Agar Lolos Copyright menggunakan Camtasia Studio

by Elang Hendy Subrata

Saat ini, platform Youtube menjadi magnet yang kuat untuk sebagian kalangan. Hal ini bisa terlihat dengan banyaknya Youtuber-Youtuber baru yang menghiasi beranda di Youtube. Salah satu alasan orang ingin menjadi Youtuber adalah mendapatkan penghasilan tambahan serta menyalurkan hobinya.

Salah sau hobi yang sering muncul di berbagai video Youtube adalah anime. Anime merupakan film kartun yang berasal dari Jepang. Sejak perkembangan jaringan komputer dapat dijangkau oleh masyarakat, kini banyak para penggemar anime mudah dalam mengakses anime yang disukainya.

Banyak hal yang dialkukan oleh para fans dalam menyalurkan hobinya dalam bidang anime seperti menjadi komikus, cosplay, membuat fan art, cover lagu hingga membuat video kreatif yang diunggah ke Youtube. Akan tetapi, sejak Youtube mengenalkan peraturan hak cipta, semua konten-konten di Youtube yang bukan karya asli, akan sangat rentan melanggar hak cipta. Hal ini juga berlaku buat orang-orang yang mengunggah anime ke Youtube.

Maka dari itu, jika kamu sangat ingin membuat kreatifitas dari anime yang kamu suka dan ingin mengunggahnya ke Youtube, kamu wajib mengetahui bagian apa yang perlu diedit.

  • Edit potongan-potongan videonya

Hal yang sering melanggar copyright di Youtube adalah upload video aslinya tanpa pengeditan sama sekali. Hal tersebut tentu saja merupakan salah satu pelanggaran hak cipta. Oleh karena itu, untuk dapat lolos dari copyright,kamu harus mengedit video anime sekreatif mungkin. Kamu bisa hanya mengambil beberapa potongan gambar saja lalu diolah kembali sehingga menghasilkan video baru. Untuk hal ini , kamu perlu skill dalm mengedit video. Cobalah gunakan aplikasi android edit video untuk Youtube atau menggunakan macam-macam software edit video di PC.

  • Edit suara-suara di video anime

Selain bagian visual, suara pun juga harus diedit. Suara musik yang ada di dalam anime pun juga masuk ke dalam copyright terutama pada bagian opening dan endingnya. Oleh karena itu jika kamu ingin mengupload suatu anime lebih baik tidak mengunggah bagian opening dan endingnya. Namun, jika masih tetap ingin mengunggah bersama opening dan endingnya, maka kmau harus mengeditnya. Sama halnya dengan poin pertama, kamu harus mengeditnya dengan mengubah suara atu juga menggunakan versi remixnya. Cobalah gunakan aplikasi pemotong lagu di Android atau menggunakan aplikasi menggabungkan lagu di Android. Untuk di komputer, kamu juga dapat mempelajari aplikasi edit suara rekaman video.

Pada dasarnya hanya dua hal itulah yang menjadikan video anime rawan dari copyright. Jika kamu tidak begitu jago-jago amat dalam mengedit video, kamu bisa mencoba gunakan software yang bernama Camtasia Studio. software ini bisa menjadi alternatif untuk kamu yang ingin mengedit video dan audio anime. Jangan khawatir dengan beberapa tools yang terlihat rumit pada sebuah software edit video. Software Camtasia Studio ini menggunakan fitur-fitur yang sangat mudah dalam mengedit audio dan video sehingga kamu tidak perlu lagi menggunakan software yang terpisah. Untuk cara melakukannya, berikut langkah-langkahnya.

  1. Pertama-tama, kamu harus mengunduhnya terlebih dahulu. Carilah di Google dengan menggunakan kata kunci “Camtasia Studio” .
  2. Setelah kamu berhasil mengunduhnya, langkah selanjutlah intal software tersebut seperti biasa.
  3. Jika sudah, bukalah softwarenya.
  4. Setelah berhasil membukannya, kamu akan melihat tampilan awal software Camtasia Studio. Sekarang klik bagian “import media”.
  5. Setelah itu, kamu harus mencari video yang kamu inginkan untuk diedit.
  6. Jika sudah menemukannya, klik sebanyak dua kali atau bisa juga dengan mengeklik “Open”.
  7. Jika sudah, maka secara otomatis video akan masuk ke dalam Clip bin. Klik kanan pada bagian video kemudian pilih “Add to timeline at playhead”.
  8. Selanjutnya, untuk bagian audio, kamu dapat mengeditnya pada icon “Audio”.
  9. Nanti akan muncul halaman yang berisi fitur-fitur yang bisa kamu gunakan agar dapat mengedit audio. Pada bagian audio ini, bisa dikreasikan dengan seleramu sendiri.
  10.  Untuk bagian edit video, kamu bisa mengunakan edit video dengan menambah kecepatan speednya. Contohnnya, kamu ingin menambah kecepatannnya menjadi 110% atau bahkan lebih. Caranya adalah klik kanan pada bagian timeline yang sudah ada videonya lalu pilih “Clip Speed. Di sinilah kamu dapat mengatur kecepatan videonya.
  11.  Untuk mengedit pada bagian viusalnya, klik icon yang bertuliskan “more” dan klik pada bagian “Visual Properties.”.
  12. Nantinya akan muncul berbagai efek- visual yang bisa kamu kreasikan sendiri.
  13.  Jika kamu ingin membuang opening dan ending suatu anime, hal terebut bisa dilakukan. Caranya adalah tarik garis bagian timeline hingga sampai bagian intro paling akhir.
  14. Setelah itu, klik bagian ikon “Split”, maka bagian intro secara otomatis terpisah.
  15. Setelah itu, kamu dapat membuangnya bagian intro tersebut atau juga dapat dikreasikan kembali.
  16. Apabila pengeditan video telah selesai, maka klik bagian “Procedur and share”. Nanti kamu harus ikuti petunjuknya sampai benar-benar selesai.
  17. Video editan sudah selesai.

Itulah 17 cara edit video anime agar lolos copyright dengan menggunakan Camtasia Studio. Pada dasarnya, Youtube hanya akan menindak akun-akun yang mengunggah video yang terlalu mirip dengan video pemilik hak cipta atau istilah kerennya adalah reupload. Maka dari itu, jika kamu ingin lebih mempelajari lebih dalam, kamu bisa membaca cara lolos copyright Youtube dan penyebab video Youtube dicekal di berbagai negara. Semoga bisa memberikan manfaat.

You may also like