Home » Tekno » Youtube » Gampang Banget, Begini Cara Membuat Youtube Channel di PC dan HP

Gampang Banget, Begini Cara Membuat Youtube Channel di PC dan HP

by Elang Hendy Subrata

Bagi sebagian orang, Youtuber di zaman sekarang sangat diminati oleh berbagai kalangan, terutama oleh kalangan anak muda. Banyak manfaat Youtube yang membuat orang-orang menjadi tertarik dengan aplikasi sharing video yang satu ini. Salah satu alasan orang ingin menjadi Youtuber adalah mendapatkan penghasilan tambahan.

Sejak orang-orang mengetahui cara mendaftar Adsense Youtube, cukup banyak orang-orang yang berminat menjadi seorang Youtuber. Meskipun terlihat begitu menjanjikan  dan menggiurkan, menjadi seorang Youtuber tidaklah semudah itu. Perlu dipahami keuntungan dan kerugian jadi Youtuber sehingga para calon Youtuber ini dapat mengerti seperti apa lika-liku seorang Youtuber.

Jika sudah mulai memahami hal tersebut, maka ada persiapan yang perlu diakukan. Selain persiapan alat-alat yang dibutahkan untuk menjadi Youtuber, ada satu hal sangat sepele namun sangat penting keberadaannya, yakni channel Youtube. Untuk dapat membuat Channel di Youtube, hal itu bisa dibilang susah-susah gampang. Perlu ketelitian dan juga sedikit keativitas untuk membuat channel Youtube yang kamu buat dapat dilihat oeh banyak orang.

Untuk dapat membuat channel Youtube ada dua cara untuk dilakukan yakni melalui komputer dan melalui Android. Untuk dapat mengetahui caranya berikut penjelasannya.

Melalui komputer

  1. Pertama-tama bukalah terlebih dahulu aplikasi browser yang digunakan. Bisa itu Google Chrome, Mozilla Firefox, atau browser terbaik lainnya.
  2. Bukalah Situs Youtube di dalam browser yang telah dibuka tadi.
  3. Setelah aplikasi Youtube terbuka, pilihlah “Sign In” untuk dapat masuk ke akun Youtube. Jika kamu belum pernah daftar akun Youtube sebelumnya, maka buatlah akun Google. Caranya pun sama dengan cara membuat akun Google Play Store.
  4. Setelah login menggunakan akun Google, langkah selanjutnya adalah klik akun yang ada foto Anda atau icon yang menampilkan avatar di Youtube. Lalu pilih bagian “Settings”.
  5. Setelah masuk “Setting” di Youtube, langkah selanjutnya adalah klik bagian “Account”.
  6. Jika sudah, cari “Create a New Channel” di bagian “Your Account”.
  7. Jika sudah, nanti akan muncul pop up yang harus kamu isi. Isilah nama channel yang kamu inginkan. Jika sudah, langkah berikutnya klik “create Channel”.
  8. Dari sini, kamu sudah berhasil membuat channel Youtube. Langkah berikutnya adalah membuat kustomisasi pada channel yang telah kamu buat.
  9. Langkah penting berkutnya adalah menambahkan foto profil pada channel Youtube. Jika channel Youtube yang kamu buat untuk pribadi, maka gunakan foto profil pribadi atau hasil kreativitas sendiri. Namun jika channel yang dibuat untuk kepentingan bisnis, maka gunakanlah foto profil perusahaan.
  10. Tambahan berikutnya adalah memasang foto sampul. Fungsi foto sampul ini juga sebagai identitas channel yang kamu buat. Biasanya foto sampul memuat identitas dari channel tersebut. Jika channel merupakan channel makanan, maka bisa gunakan foto sampul yang menggunakan tema makanan. Nah, untuk bagian sampul ini usahakan menggunakan gambar yang bebas copyright. Sebab, jika menggunakan foto sampul yang menggunakan copyright, channel yang dibuat akan dihapus secara otomatis oleh pihak Youtube.
  11. Jika sudah, berikutnya adalah menambahkan deskripsi pada channel. Isi deskripsi channel berdasarkan isi konten yang akan dibuat di dalam channel. Jika perlu kamu juga bisa menambahkan tautan lainnya seperti tautan media sosial sebagai pelengkap.
  12. Selesai

Melalui Android.

  1. Pertama-tama buka terlebih dahulu aplikasi Youtube pada Android.
  2. Setelah itu masuklah terlebih dahulu dengan mengeklik “Sign In”.
  3. Jika sudah, kamu akan diarahkan ke halaman akun lalu klik “Login”.
  4. Nantinya akan muncul pop up akun. Jika kamu belum pernah login ke Youtube, maka hanya muncul tulisan “tambahkan akun”. Jika sebelumnya sudah pernah login, maka akan muncul nama akunmu sendiri dan tinggal klik nama akunmu itu.
  5. Setelah diklik, maka akan diarahkan ke halaman login Google. Karena sistem Andrid sudah pasti sebelumnya sudah login menggunaka Google, maka kamu hanya masukan kata sandinya saja. Ketika sudah memasukan kata sandi, klik “Berikutnya”.
  6. Apabila sudah login, maka akan masuk ke halaman awal aplikasi Youtube. Langkah selanjutnya adalah kembali klik ikon profil Youtube.
  7. Jika sudah, klik “Channel Saya” maka kamu akan diarahkan ke sebuah Pop Up mengenai pembuatan channel. Klik “Buat Channel” untuk membuat channel baru.
  8. Setelah itu, kamu akan diarahkan pada sebuah channel baru Youtube. Sama halnya dengan versi komputer, tampilannya akan sangat kosong dan perlu kamu buat kostumisasi.
  9. Untuk mengubah kostumisasi, klik icon gear, maka kamu akan masuk ke sebuah setelan channel.
  10. Di sana kamu dapat mengganti nama channel dengan nama yang kamu inginkan, kemudian deskripsi, dan juga foto sampul.
  11. Jika sudah, kamu telah selesai membuat channel Youtube sendiri melalui Android.

Berhati-hatilah dalam membuat konten Youtube, Jauh lebih baik kamu membuat konten original sehingga terhindar dari copyright.  

You may also like