Home » Tekno » Youtube » Inilah 5 Ciri Ciri Akun Youtube di Hack Secara Diam-Diam

Inilah 5 Ciri Ciri Akun Youtube di Hack Secara Diam-Diam

by Elang Hendy Subrata

Saat ini, akses hiburan banyak ditemukan dalam sebuah genggaman smartphone. Hal tersebut tidak terlepas dari perkembangan jaringan komputer saat ini. bisa kita lihat contohnya seperti akses untuk menonton video dapat dilakukan melalui kanal Youtube.

Ya, salah satu platform yang populer  saat ini tengah digandrungi oleh beberapa orang, khususnya para anak-anak muda. Tidak heran profesi Youtuber pun menjadi profesi yang cukup dikenal masyarakat. Alasan orang menjadi Youtuber pun bermacm-macam. mulai dari sekadar iseng sampai menjadi salah satu mata pencaharian.

Namun, dunia internet tidaklah selalu menyangkan. Terkadang ada bebrapa hal yang dapat merugikan kita. Contohnya saja adalh ulah hacker. Akun Youtube pun tidak menutup kemungkinan dapat terkena hacker. Untuk mengetahui seperti apa ciri-cirinya, berikut ulasannya.

1.Sering keluar dari akun Youtube

Pernahkah kamu merasa sering login Youtube hamoir setiap hari? Pada dasarnya saat kamu login ke akun Youtube ataupun Google, maka kamu akan terus login selama kamu tidak pernah menekan fungsi logout atau menghapus cache. Nah, ceritanya akan berbeda jika kamu sering keluar login tanpa menekan tombol logout atau menghapus cache. Bisa jadi akunmu sudah dihack seseorang.

2.Ada video asing yang ada di dalam akun Youtube milikmu

Pernahkan kamu melihat di dalam channel Youtube milikmu ada beberapa video yang tidak pernah kamu unggah sebelumnya? Jika kamu lupa jadwal unggahnya, kamu dapat melihat histori video yang pernah kamu unggah di dalam fitur Youtube. Apabila di dalam histori tersebut ada jadwalnya dan kamu tidak merasa mengunggahnya, hati-hatilah.

3.Jumlah subscribe semakin menurun

Cobalah kamu perhatikan apakah jumlah subscriber yang kamu punya semakin menurun? Jika menurunnya hanya satu atau dua mungkin kamu tidak akan terlalu menghawatirkannya karena dianggap biasa saja. namun, bagaimana jika jumlah subscriber yang menurun mencapai puluhan, ratusan, atau bahkan  ribuan dalam beberapa hari saja? tentunya hal itu sangat mencurigakan dan pastinya ada seseorang yang meretasnya.

4.Jumlah adsense tiba-tiba hilang

Ini juga salah satu hal yang sangat menjengkelkan ketika akun Youtube telah dihack. Jumlah penghasilan yang telah kamu kumpulkan selama ini tiba-tiba raib tidak jelas. Masuk ke dalam rekening tabunganmu saja tidak. bahkan kejadian ini pun berbeda dengan ciri-ciri akun Youtube kena banned. Bisa dikatakan bagian ini salah satu hal yang paling parah ketika terkena hack.

5.Kamu mulai tidak bisa masuk ke dalam akun Youtube

Salah satu hal parah saat terkena hack adalah kamu semakin susah dalam masuk ke dalam akun Youtube milikmu sendiri. Bahkan ketika kamu sudah melakukan recovery akun pun, akun Youtubemu masih kesulitan untuk masuk. Bahkan bukan tidak mungkin kamu akan kehilangan akun Youtube untuk selamanya.

Sebenarnya, baik akun Youtube maupun akun-akun lainnya semua sangat rawan terkena hacker. Maka dari itu, untuk dapat menghindari tangan-tangan jahil para hacker, berikut tips agar akun Youtube kamu tidak dihack dengan mudah.

  • Jangan gunakan Wifi umum saat membuka Akun Youtube

Mungkin sebagian dari kamu sudah mengetahui bahwa Wifi umum sangat rentan terhadap tangan jahil para hacker. Hal tersebut bisa terjadi karena pada Wifi umum tidak dimasukan sistem pengamanan yang ketat. Artinya, saat kita melakukan transaksi menggunakan Wifi umum, semua data-data kita akan  mudah terlihat oleh para hacker. Oleh sebab itu, jika Anda ingin melakukan akses internet untuk melakukan transaksi keuangan atau berhubungan dengan hal-hal yang sifatnya rahasia, gunakanlah jaringan seluler.

  • Selalu ganti password secara berkala

Salah satu hal yang jarang kita lakukan saat memiliki akun adalah jarang menggantinya secara berkala. Perlu kamu perhatikan bahwa dengan penggantian password secara berkala sangat dianjurkan saat kamu memiliki akun. Dengan mengganti password minimal seminggu sekali, maka para hacker akan semakin sulit membaca enkripsi datanya. Ditambah lagi usahakan menggunakan password kombinasi huruf, angka dan simbol. Hal tersebut dapat memperkuat pengaman akun kita.

  • Usahakan punya akun cadangan

Dengan semakin mudahnya akses untuk membuat email, akan lebih baik jika kamu memilki akun email lebih dari satu. Contohnya saja, jika akun utama milikmu adalah Google, maka akun email kedua dari Yahoo. Sebab, akun Google dapat menjangkau beberapa platform lainnya seperti Gmail, Google Drive, dan lain-lain. Email kedua ini juga bisa dijadikan email cadangan apabila email utama mengalami masalah.

Di zaman sekarang akun Youtube maupun akun-akun lainnya sangatlah penting. Sebab tidak hanya sebagai alat komunikasi maupun hiburan saja. Akun-akun tersebut juga menyimpan banyak data-data penting di dalamnya. Maka dari itu sangatlah penting untuk kita agar selalu menjaga salah satu privasi diri ini dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi terbaik untuk kamu.

You may also like