Home » Kuliah IT » Desain » Inilah 9 Cara Memilih Laptop untuk Desain Grafis yang Wajib Dimiliki

Inilah 9 Cara Memilih Laptop untuk Desain Grafis yang Wajib Dimiliki

by Elang Hendy Subrata

Apakah Anda tertarik dengan bidang desain grafis? Desain grafis merupakan salah satu ilmu yang berhubungan dengan grafik melalui media komputer. Selain menggunakan media komputer, desain grafis pun juga dapat digunakan  melalui laptop. Akan tetapi, tidak semua laptop dapat menjalankan program-program desain grafis. Oleh sebab itu, jika kamu ingin tahu seperti apa laptop yang cocok digunakan untuk desain grafis, berikut ulasannya.

1. Ukuran layar

Pastinya di dalam membuat deain grafis, kita berbicara mengenai visual. Nah, cara untuk mengetahui seberapa bagus visual yang dihasilkan maka kita harus menggunakan layar yang cukup besar. Layar yang membuat kita nyaman saat membuat desain grafis adalah minimal 1600px x 900px. Dengan ukuran layar sebesar itu, kita dapat melihat visual dengan lebih jelas dan tentunya nyaman di mata.

2. GPU

Berbicara mengenai grafis maupun visual di dalam komputer, maka hal ini tentu berhubungan dengan GPU. GPU atau Graphic Processing Unit adalah salah satu komponen komputer yang sangat penting untuk memaksimalkan kemampuan visual di dalam komputer. Visual di sini tidak hanya dalam bentuk gambar saja. tapi bisa juga menyangkut visual di dalam video atau visual-visual yang berhubungan dengan objek 3D.

Jika kamu menginginkan laptop yang dapat memaksimalkan visual komputer, maka carilah laptop bagian VGA tidak termasuk on-board. Hal itu dikarenakan VGA on-board akan berbagi kinerjanya dengan bagian RAM komputer. Hal tersebut membuat kinerja laptop akan terhambat. Ditambah lagi, VGA onboard tidak dapat menambah VGA card. Padahal fungsi VGA card sangat membantu kamu dalam memaksimalkan visual pada laptop.

3. RAM

Setelah bagian VGA, maka komponen lainnya yang tidak kalah penting adalah RAM. Fungsi RAM adalah dapat menjalankan sebuah program di dalam komputer maupun laptop. Untuk bagian RAM, carilah RAM dengan kapasitas yang tinggi. Minimal gunakan RAM dengan kapasitas 6GB untuk kelancaran kamu saat menggunakan software desain grafis.

4. Processor

Processor yang tangguh juga merupakan pertimbangan lainnya. Tanpa processor tangguh, kamu akan kesulitan dalam menjalankan aplikas-aplikasi software desain grafis yang rata-rata cukup berat digunakan. Untuk dapat menjalankan program-program desain grafis, maka perlu menggunakan processor yang sudah memiliki nama. Contohnya Intel dan AMD. Kamu bisa membaca referensi mengenai perbedaan antara Intel dan AMD processor sebagai bahan pertimbangan.

5. Gunakan sistem pendingin

Menggunakan software maupun aplikasi desain grafis  dapat membebani komponen laptop itu sendiri. Sebab, semua komponen akan bekerja ektra saat menjalankan program desain grafis. Maka dari itu, agar komponennya tidak cepat rusak karena kepanasan, gunakanlah sistem pendingin yang baik. Sistem pendingin yang buruk dapat merusak komponen-komponennya yang menjadi penyebab laptop terkena overheat.

6. Harddisk yang besar

Tentunya akan pecuma saja jika kamu memiliki kapasitas RAM yang besar, processor yang baik, VGA card yang mumpuni tapi kapasitas Harddisk yang kecil. Apalagi, menggunakan aplikasi maupun software desain grafis menggunakan ukuran memori yang rata-rata lebih dari 1GB. Oleh sebab itu, minimal kapasitas Harddisk yang dibutuhkan adalah 1TB. 1TB sudah lebih dari cukup untuk menyimpan proyek-proyek desain grafis serta instal beberapa aplikasi maupun softwarenya.

7. Baterai yang kuat

Perlu kamu ketahui bahwa untuk mendesain satu projek cukup membutuhkan waktu yang lama. Artinya, kamu butuh laptop yang tahan lama saat mengerjakan proyek desain grafis. Pada umumnya, rata-rata laptop hanya bertahan 2 jam hingga 4 jam untuk pemakaian normal. Untuk itu, sebaiknya pilih laptop yang memiliki kapasitas baterai yang bisa bertahan lebih dari 4 jam.

8. Ada garansi yang berlaku

Seteiah membeli barang elektronik baik bekas maupun yang masih baru, usahakan memiliki garansi di dalamnya. Garansi tersebut sangat buat jaga-jaga ketika barang elektronik yang kita gunakan mengalami masalah. Hal tersebut juga berlaku untuk laptop. Usahakan saat membeli laptop, terdapat fasilitas garansi yang umumnya 1 tahun. Jika memiliki garansi yang lebih dari 1 tahun juga merupakan hal yang bagus.

9. Harga

Dari semua pertimbangan-pertimbangan sebelumnya, faktor harga merupakan faktor yang sangat penting. Bahkan bisa jauh lebih penting dari pertimbangan sebelum-sebelumnya. Cobalah untuk melakukan survey terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian laptop. Jangan sampai kamu memaksakan membeli laptop yang mahal tapi banyak fitur yang tidak sesuai dengan harapan.

Memang dalam memilih laptop terbilang gampang-gampang susah. Apalagi jika memiliki budget yang terbatas. Perlu diketahui juga bahwa laptop bagus tidak harus selalu beli baru. Laptop bekas pun juga bisa menjadi pilihan untuk meminimalisir anggaran yang kamu punya.

You may also like