Home » Kuliah IT » Desain » Inilah 7 Spesifikasi Laptop Untuk Desain Grafis 3D Agar Mudah Dijalankan

Inilah 7 Spesifikasi Laptop Untuk Desain Grafis 3D Agar Mudah Dijalankan

by Elang Hendy Subrata

Saat ini, laptop merupakan salah salah satu perangkat komputer yang cukup digandrungi oleh beberapa orang. pengguaannya yang praktis dan mudah dibawa ke mana-mana merupakan beberapa alasan yang sering diungkapkan mengenai alasan menggunakan laptop.

Meskipun laptop banyak beredar di pasaran dengan berbagai tipe dan merk, tidak semua laptop memiliki kemampuan yang sama. Contohnya saja untuk penggunaan aplikasi dan software untuk desain grafis 3D. Perlu spesifikasi tertentu agar laptop dapat maksimal dalam menjalankan berbagai macam proyek yang berhubungan dengan desain grafis 3D. Untuk mengetahui apa saja spesifikasi laptop yang cocok dengan hal tersebut, berikut ulasannya.

1. Sistem Operasi

Hal pertama yang diperhatikan adalah bagian sistem operasi komputer. Sistem operasi sangat penting di dalam komputer untuk dapat menjalankan berbagai program, BIOS, dan juga aplikasi di dalam komputer dan laptop. nah, semakin update sistem operasi yang dipakai, maka semakin mudah dalam menjalankan program-program terbaru.

Untuk aplikasi maupun software desain grafis 3D, sistem operasi yang dapat digunakan minimal menggunakan Microsoft Windows 7 SP1. Meskipun minimal Windows 7, akan tetapi akan jauh lebih baik menggunakan sistem operasi versi terbaru, yakni Microsoft 10.

2. Processor

Processor juga merupakan bagian penting di dalam komputer. Sebab, pocessor merupakan otaknya komputer dalam menjalankan perintah. Untuk bagian processor sendiri saat ini telah banyak yang beredar di pasaran. Mulai dari jenis Intel hingga AMD saling menunjukan kelebihannya masing-masing.

Untuk processor Intel, minimal gunakanlah Intel Core i3. Pada dasarnya Intel Core i3 dapat menjalankan berbagai aplikasi, software,dan game dengan lancar. Sedangkan untuk versi AMD, cukup banyak processor AMD yang setara dengan Intel Core i3 seperti AMD FX-6300, serta AMD FX-8370.

3. RAM

RAM komputer adalah salah satu komponen komputer agar dapat menjalankan berbagai aplikasi maupun sofware dengan lancar. Jika kapasitas RAM yang digunakan kecil, maka laptop akan lelet bahkan berujung hang. Penggunaan RAM juga dipengaruhi oleh sistem basisnya, yakni 32-bit dan 64-bit. Untuk laptop yang menggunakan sistem 32-bit, sebaiknya menggunakan RAM minimal sebesar 3GB. Sedangkan untuk laptop yang menggunakan sistem 64-bit, sebaiknya menggunakan RAM minmal 8 GB.

4. Resolusi Layar

Bagian layar kerap diremehkan oleh beberapa pengguna. Padahal resolusi layar laptop sangat berpengaruh terhadap visual yang dihasilkan. Selain itu, resolusi layar pun dapat berpengaruh terhadap penglihatan kita, jika kita nyaman dengan resolusi layar yang tepat, maka hasilnya pun akan jauh lebih maksimal.

Untuk bagian layar, minimal harus menggunakan resolusi 1920px x 1080px. Kamu juga bisa menggunakan resolusi 3840px x 2160px untu menghasilkan visual dengan kualitas High Resolution.

5. VGA

Jika berhubungan dengan desain grafis, maka pastinya menyangkut VGA. VGA merupakan salah satu komponen penting di dalam laptop. fungsi VGA adalah dapat memaksimalkan grafis yang dihasilkan dengan kualitas terbaik. Pastikan juga laptop sangat mendukung adanya VGA card. Untuk bagian VGA, saat ini hanya dua jenis yang mampu digunakan untuk urusan grafis, yakni NVIDIA dan AMD.

Baik NVIDIA maupun AMD memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hanya saja, ada satu ha yang sama yakni memori yang digunakan agar dapat lancar menjalankan aplikasi serta software desain grafis. Minimal gunakanlah VGA card yang menggunakan memori 1GB atau bahkan lebih. Semakin tinggi memori VGA card yang digunakan, maka semakin lancar kinerjanya.

6. Harddisk

Kapasitas harddisk juga sangat berpengaruh terhadap kinerja laptop. jika kapasitas Harddisk yang digunakan sangat kecil, maka kamu akan kesulitan dalam menyimpan hasil kerja yang telah dilakukan. Selain itu, kapasitas Harddisk yang kecil pun akan sulit dalam menyimpan aplikasi maupun software yang rata-rata memiliki ukuran yang besar.

Untuk kapasitas ideal agar dapat menjalankan bebagai aplikasi dan software desain grafis 3D, minimal harus memiliki ruang memori kosong sebesar 6GB atau lebih. Meskipun minimal yang disebutkan sebesar itu, akan jauh lebih baik kalau kapasitas memori yang disediakan lebih besar dari standar minimal yang disematkan.

7. Web Browser

Khusus untuk desain grafis 3D, maka perlu menggunakan web browser terbaik. Fungsi menggunakan web browser ini adalah dapat menampilkan hasil grafis 3D yang telah dibuat dengan Autocad. Saat ini, web browser yang bisa menjadi rekomendasi terbaik adalah Microsoft Edge, Google Chrome, Microsoft Internet Explorer, dan Mozilla Firefox. Jangan lupa gunakan versi terakhir web browser yang digunakan.

Perlu kamu ketahui bahwa spesifikasi laptop yang telah diulas sebelumnya tidak harus dalam bentuk barang baru. Barang second pun bisa memenuhi standar spesifikasi yang telah dijelaskan. Hanya saja, tentu kualitasnya masih dalam keadaan baik atau tidak pernah mengalami kecatatan sebelumnya. Silakan baca tips membeli laptop second dan standar pengecekannya sehingga kamu tidak terjebak dengan laptop palsu.

You may also like