19 Tips Membeli Laptop Second Dan Standar Pengecekkannya Termudah Dilakukan

Laptop merupakan kebutuhan sekarang ini. Bukan hanya untuk mahasiswa dan orang yang bekerja dengan menggunakan laptop saja yang sering menggunakan benda ini. Hanya penggunaannya bergantung dengan kebutuhan dan kesenangan setiap orang. Ada beberapa orang yang memilih membeli laptop bekas daripada membeli yang baru. Alasannya biasanya adalah harga yang ditawarkan lebih murah. Bisa juga karena kebetulan ditawarkan orang lain dengan harga yang bersahabat.

ads

Pada saat membeli leptop bekas, pastikan anda memeriksa kelengkapannya. Jangan sampai anda merasa tertipu ketika laptop sudah di tangan dan uang sudah tidak ada. Inilah beberapa tips membeli laptop second dan standar pengecekannya :

  • Jangan Membeli Online

Membeli barang yang kita belum tahu kualitasnya dengan cara online adalah hal yang tidak disarankan. Sangat beresiko membeli laptop bekas. Kemungkinan penipuan lebih besar daripada membeli barangnya secara langsung. Memang barang online sekarang sangat menggoda karena banyak menawarkan harga yang lebih murah daripada membeli langsung. Tapi untuk laptop, disarankan tidak melalui online karena kita perlu mengecek laptop bekas tersebut. Anda tidak ingin dikirim laptop yang matot bukan.

  • Cek Harga Pasaran

Tips membeli laptop second selanjutnya adalah sebelum memutuskan membeli sebuah laptop bekas, periksalah pasaran harga bekasnya. Ini sangatlah penting untuk melakukan penawaran. Tidak mungkin anda membeli laptop bekas tanpa tahu harga pasarannya. Bisa jadi anda kena tipu si penjual yang ingin meraup keuntungan yang tinggi.

  • Ketahuilah Lama Penggunaan

Laptop dengan pemakaian yang lama pasti memiliki performa yang berbeda dengan laptop yang baru saja digunakan. Selain itu spesifikasi untuk laptop yang sangat lama biasanya tertinggal dengan laptop keluaran baru. Namun biasanya untuk kualitas komponen, laptop lama memang lebih baik daripada laptop terbaru. Masalah pada laptop yang lama digunakan adalah pada RAM dan Hardisknya yang sudah tidak maksimal. Lemot misalnya.

  • Memeriksa Kelengkapan

Tanyakan kelengkapan laptop bekas yang akan anda beli. Tanyakan apa yang di dapat ketika penjual membeli baru dahulu, dan sesuaikan dengan kondisi ketika anda akan membelinya. Tentu saja anda tidak akan membeli dengan harga tinggi jika kelengkapannya tidak maksimal. Biasanya pembelian laptop berupa laptop, baterai, charge, bisa juga ada tas laptop.

  • Periksa Spesifikasi

Setiap laptop memiliki spesifikasi yang berbeda. Dari prosessor, mengetahui RAM apakah DDR2 atau DDR3, Hardisk, dan sebagainya. Untuk ini, anda perlu mengetahui harga pasaran tiap komponen pada laptop. Anda juga harus tahu spesifikasi untuk laptop yang sangat lama hingga laptop bekas terbaru.

  • Periksa Kondisi Segel

Segel laptop yang utuh menandakan bahwa laptop tidak pernah rusak hingga membuka bagian dalam. Laptop dengan segel utuk menawarkan harga yang lebih tinggi daripada laptop dengan segel yang telah terbuka. Jika segel telah terbuka, pastikan anda mengetahui jenis kerusakan yang terjadi pada laptop tersebut.

  • Periksa Kondisi Case

Kondisi case atau tampilan laptop bisa menandakan lama pemakaian sebuah laptop. Selain itu, ini juga bisa menggambarkan bagaimana laptop dipakai sebelumnya. Jika memungkinkan, pilihlah laptop yang masih mulus karena pemakaiannya pasti lebih hati-hati sebelumnya.


  • Periksa Kondisi Charger dan Baterai Laptop

Cek kondisi baterai dan chargernya. Laptop lawas biasanya memiliki baterai portable. Anda bisa mengeceknya dengan mengisi penuh baterai dan memakainya hingga baterai habis. Pelajarilah kenormalan baterai pada laptop bekas tersebut.

  • Periksa Layar Laptop

Layar laptop asli dan layar laptop tidak asli sangat berbeda. Pastikan laptop memiliki layar laptop yang masih asli. Artinya laptop tersebut belum pernah mengalami kerusakan pada layar hingga menggantinya. LCD laptop bukan aslinya mengurangi kenyamanan pemakaian karena biasanya tidak memancarkan visual dengan maksimal.

  • Periksa Keyboard

Memeriksa keyboard laptop adalah salah satu tips membeli laptop second. Mungkin saja terjadi jenis kerusakan pada keyboard laptop. Terutama laptop yang dimiliki seorang gamer. Pastikan semua keyboard dalam laptop masih dalam kondisi yang normal.

  • Periksa Touchpad Laptop

Ketika anda memeriksa keyboard, periksalah juga touchpadnya. Jangan membeli laptop jikataouchpadnya sudah tidak nyaman digunakan. Karena touchpad bisa diumpamakan sepasang tangan manusia yang memiliki fungsi yang sangat vital.

  • Periksa Kondisi Hardisk

Anda akan menyimpan semua data pada komponen bernama hardisk. Jika hardisk sebuah laptop bermasalah, anda terancam kehilangan semua data anda. Untuk tidak terjadi hal ini, pastika hardisk laptop masih normal. Ini bisa anda rasakan apakah laptop lemot atau tidak, kemungkinan berasal dari performa hardisk laptop tersebut.

  • Periksa Kondisi CD/DVD Drive

Bagi sebagian orang mungkin ini tidak terlalu penting. Jarang sekali orang menaruh data di kepingan CD atau DVD sekarang ini. Namun jika anda memutuskan membeli laptop dengan CD/DVD drive, periksalah kenormalan komponen ini. Walaupun jarang digunakan, Drive ini membantu instalasi hardware pada laptop anda, misalnya printer yang drivernya masih berupa kepingan CD.

  • Periksa Speaker Laptop

Ini mungkin memang bukan komponen terpenting sebuah laptop. Tapi memiliki laptop berspeaker kurang maksimal akan mengganggu kegiatan anda berlaptop. Jika speaker tidak normal, pastikan anda mendapat potongan harga dari si penjual.

  • Periksa RAM Laptop

RAM adalah komponen terpenting sebuah laptop. Sayangnya, laptop lawas biasanya memiliki RAM yang kecil daripada laptop yang terbaru. Anda harus mengerti bagaimana cara cek RAM pada laptop. Tapi beda ceritanya jika yang anda beli adalah laptop gaming. Semakin besar RAM, semakin maksimal kerja sebuah laptop. Bahkan ini yang pertama kali harus dilihat ketika anda memutuskan membeli laptop.

  • Periksa Dengan Aplikasi Berat

Untuk memaksimalkan pemeriksaan kenormalan sebuah laptop, instal aplikasi yang lumayan berat, dan jalankan. Misalnya aplikasi game yang berat atau editing video yang berat. Jika laptop masih berfungsi dengan baik, segeralah pinang laptop bekas tersebut. 


  • Periksa Kondisi Perangkat WiFi/WLAN

Laptop tanpa koneksi internet bisa sangat membuat anda frustasi. Karena itu periksalah dengan baik keadaan WiFi atau WLAN laptop second tersebut. Pastikan laptop bisa WiFi dengan normal. Karena sekarang semunya bisa tidak berarti tanpa koneksi internet yang lancar.

  • Periksa Keadaan Port

Port-port pada laptop umumnya berupa port untuk HDMI, port VGA, beberapa port USB, port untuk koneksi kabel internet, dan kadang disertai port MMC. Periksalah kenormalan semua port yang ada. Semakin banyak atau jika semua port masih normal, anda akan lebih lega memilikinya.

  • Bawalah Teman yang Mengerti Laptop

Tips tmembeli laptop second yang terakhir dan yang paling penting adalah dengan membawa teman yang mengerti tentang laptop. Semengerti apapun kita tentang laptop, tetap bawalah teman anda yang lebih mengerti. Kecuali jika anda memang sudah sangat berpengalaman dengan pembelian laptop bekas. Oranga yang mengerti dan hobi di bidang teknologi biasanya tidak pernah ketinggalan info apapun. Jadi pastikan teman anda memberikan saran terbaiknya untuk anda.

, ,