Komputer Restart Terus dan Tidak Bisa Masuk Windows , Bagaimana Mengatasinya?

Komputer restart terus dan tidak bisa masuk windows mungkin membuat anda frustasi. Apalagi jika tengah akan mengerjakan hal penting. Sangat menjengkelkan jika anda memang pengguna setia komputer dan bisa jadi semua informasi atau kegiatan anda terbantu dengan komputer. Penggunaan komputer memang sudah sangat biasa sekarang ini. Namun anda juga harus membekali diri dengan perawatan komputer agar tidak terjadi kerusakan.

ads

Beberapa kemungkinan penyebab dan cara mengatasi komputer restart terus dan tidak bisa masuk windows :

  • Ada masalah pada BIOS

Fungsi BIOS menghubungkan segala perangkat dalam sebuah CPU. BIOS terletak pada motherboard, dan ini adalah penyebab yang paling sering terjadi jika komputer tidak bisa masuk windows. Anda bisa masuk ke BIOS untuk memeriksa apakah BIOS dalam keadaan normal atau tidak. Caranya dengan merestart komputer anda kemudian ketik F2 diikuti Delete. Jika anda tidak berhasil masuk BIOS, anda harus mempelajari kenapa komputer tidak bisa masuk BIOS .

  • Ada masalah pada windows

Jika windows anda bermasalah cukup parah, biasanya yang terjadi komputer memang tidak bisa masuk windows. Kerusakan pada windows bisa terjadi karena ada file di windows yang tidak dapat terbaca atau file corrupt. Tentu saja hal ini menyebabkan windows tidak bisa berjalan normal.

Kerusakan pada windows biasanya akan ada petunjuk ‘repair windows’ dan sejenisnya. Untuk mengatasi masalah ini anda bisa melakukan repair windows. Jika kerusakan parah, instal ulang windows adalah jalan keluarnya. Jangan lupa membackup file penting sebelum instal ulang kembali. Langkah-langkahnya adalah :

  1. Masuk ke BIOS
  2. Ubahlah boot option utama menjadi DVD atau Flashdisk.
  3. Restart komputer anda.
  4. Akan muncul pesan ‘press any key to boot from…’. Kemudian tekan sembarang tombol.
  5. Klik menu ‘repair windows’ dan tunggu hingga prosesnya selesai.
  • Ada masalah pada hardisk

Hardisk berfungsi untuk menyimpan data yang ada di dalam komputer. Semua aplikasi akan terpasang atau tersimpan dalam hardisk. Jika hardisk bermasalah, mungkin saja terjadi komputer tidak bisa masuk windows.

Masalah yang umum terjadi adalah hardisk tidak terbaca atau bad sector. Bad sector adalah kerusakan pada software yang bersifat ringan bisa juga parah. Jika bad sector ini terjadi, anda bisa memeriksanya dengan software tertentu. Software untuk memeriksa ini biasaya tools repair bad sector. Selain itu, ada software lain yang dapat mengatasi bad sector ini.

Selain itu, bisa saja hardisk rusak secara fisik. Jika kerusakan hardisk dalam hal fisik, berarti anda harus mengganti hardisk anda dengan yang baru. Kerusakan hardware lainnya juga bisa menyebabkan komputer restart terus dan tidak bisa masuk windows. Untuk itu, periksalah dan bersihkanlah hardware komputer anda dengan teratur.


  • Blue Screen

Blue Screen bisa terjadi ketika komputer tidak bisa masuk windows. Peristiwa ini menandakan bahwa ada masalah pada sistem windows. Penyebab blue screen adalah ada kerusakan pada hardware.

Untuk mengatasinya, lakukan langkah berikut :

  1. Bukalah cashing CPU komputer
  2. Keluarkan memori RAM
  3. Bersihkan memori RAM. Kemungkinan ada kotoran yang menghalangi kinerja komputer.
  4. Setelah dibersihkan, pasang kembali memori RAM tersebut.

Cara di atas biasanya cukup mengatasi adanya blue screen pada komputer yang restart terus. Jika belum bisa, berarti ada sebab yang lain.

  • Overheat Processor

Tanda yang dimunculkan masalah ini biasanya adalah komputer yang mati tiba-tiba ditengah penggunaan. Jika komputer dinyalakan kembali, hanya akan terus restart dan tidak mau masuk windows.

Kemungkinan panasnya prosesor ini adalah matinya kipas pada CPU. Segera periksa fan pada CPU anda, jika berhenti, maka over heat memang terjadi pada komputer anda. Fan yang tidak berputar bisa jadi karena kotor. Maka dari itu, lepas fan anda dan bersihkan, kemudian pasang kembali. Jika fan memang sudah tidak bisa bekerja, anda bisa membeli fan yang baru. Fan adalah perangkat CPU yang cukup murah. Anda bisa mendapatkannya dengan harga 60 ribu hingga 150 ribu.

  • Sistem mengalami konflik

Konflik apa yang ada pada komputer hingga membuatnya tidak dapat masuk windows? Salah satu konfliknya adalah, terlalu banyak menginstal aplikasi atau program pada komputer tanpa hati-hati. Misalnya anda menginstal AVG, tapi juga menginstal antivirus yang lain seperti Avira, Kaspersky, dan sebagainya. Akibatnya proses start up komputer menjadi hang dan tidak bisa masuk windows.

Cara mengatasinya adalah dengan masuk ke komputer pada safe mode. Safe mode ini bisa diakses dengan menekan F5 tepat saat komputer baru anda nyalakan. Setelah berhasil masuk safe mode, segera periksa aplikasi yang membuat komputer anda hang. Jangan ragu untuk menguninstal aplikasi yang memberatkan komputer anda. Setelah membersihkan software yang tidak berguna, restart komputer anda. 


  • Virus

Efek yang disebabkan oleh virus memang banyak sekali jika terjadi pada komputer. Salah satunya menyebabkan komputer restart dan tidak bisa masuk windows. Virus bahkan bisa melumpuhkan windows dan menimbulkan kerusakan fatal. Karena itu pemasangan anti virus sangat penting pada komputer. Terus mengupdate anti virus juga adalah salah satu pencegahan untuk menghindari virus.

Namun bagaimana jika virus sudah menyerang komputer dan membuatnya tidak masuk windows? Caranya adalah, anda bisa masuk ke dalam safe mode, kemudian scan menggunakan antivirus yang ada pada komputer anda. Jika komputer anda tidak ada antivirus atau antivirusnya sudah tidak update lagi, maka solusi terbaik adalah menginstal ulang komputer. Sekali lagi, jangan lupa back up data anda sebelum instal ulang komputer. Ada beberapa cara untuk menghilangkan virus tanpa anti virus.

Demikian beberapa penyebab komputer restart terus dan tidak bisa masuk windows. Jika cara di atas bisa menyembuhkan masalah tersebut, berarti anda tidak perlu mengeluarkan kocek yang lebih untuk menggunakan jasa servise komputer. Komputer yang rusak karena usia, memang menjadi hal yang wajar. Tapi jika komputer yang rusak karena salah penggunaan, akan sayang sekali. Kita kadang hanya menggunakan komputer terus menerus tanpa maintenance atau perawatan. Hal inilah yang menyebabkan komputer selalu bermasalahan. Kita harus menyeimbangkan antara penggunaan dan perawatan komputer agar komputer senantiasa awet dan siap pakai.

,